OTT KPK di Amuntai HSU: Kadis PU hingga Eks Ajudan Bupati Diamankan, Modusnya Fee Proyek BREAKING! Polisi HSU Bekuk Pembunuh Brutal di Amuntai Tengah Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang

Donor Darah Secara Rutin Bisa Bikin Awet Muda

- Apahabar.com     Senin, 18 Mei 2020 - 13:41 WITA

Donor Darah Secara Rutin Bisa Bikin Awet Muda

Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, Dokter Aulia Ramadan Supit. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Donor darah secara rutin ternyata memiliki beragam manfaat, salah satunya bisa bikin awet muda.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, Dokter Aulia Ramadan Supit.

Dokter Rama, begitu ia akrab disapa, mengatakan dengan rutinnya seseorang mendonor, maka sel-sel darah lama di dalam tubuh akan keluar dan berganti dengan yang baru.

“Darah yang di dalam tubuh kita ini kan secara normal akan mati dan tumbuh sel darah baru, nah apabila kita mendonor, praktis darah yang yang lama akan keluar dan bertumbuh sel darah baru dan sehat. Makanya secara tidak langsung akan membuat kita terlihat lebih fresh dan awet muda,” jelasnya.

Tak hanya bisa bikin awet muda, donor darah tentunya bisa menyehatkan jantung. Alasannya, karena sel darah yang lama akan membuat kerja jantung akan menjadi lebih berat.

“Karena donor darah itu mengurangi kekentalan darah,” katanya.

Maka, otomatis jika sel darah lama dikeluarkan dan berganti dengan sel darah baru yang lebih sehat maka beban jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh akan lebih ringan.

Jika dianalogikan, donor darah sama seperti ganti oli mesin pada motor. Jika motor terlalu lama tidak ganti oli, maka kerja mesin akan menjadi lebih lambat.

Kemudian, kata Dokter Rama, manfaat lain dari donor darah ialah mengurangi resiko terkena kanker darah dan dapat mendeteksi penyakit serius di dalam tubuh.

Selain membuat awet muda dan menyehatkan tubuh, manfaat donor darah yakni beramal dengan membantu orang lain yang membutuhkan.

Oleh karena itu, Dokter Rama mengajak kepada masyarakat khususnya warga Kota Banjarmasin agar datang ke PMI terdekat untuk mau mendonorkan darahnya.

Reporter: Riyad Dhafi R
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Alasan Bawaslu Setop Kasus Politik Uang Tamliha

Kalsel

Antisipasi Muncul Luapan, Debit Air Sungai Kusambi Tanbu Terus Dipantau
apahabar.com

Kalsel

Kesaksian Korban Kebakaran di Jalan Veteran, Api Diduga dari Dapur
apahabar.com

Kalsel

Aliran Listrik Kalselteng Kembali Normal
apahabar.com

Kalsel

Polsek Anjir Muara Pastikan Panen Raya Bersama Paman Birin di Anjir Muara Aman
apahabar.com

Kalsel

Pembangunan Pasar di Satui, Tanbu Dapat Suntikan Rp 4 Miliar
apahabar.com

Kalsel

Polresta Banjarmasin Gelar Pasukan Operasi Patuh Intan 2020
apahabar.com

Kalsel

Terapkan Social Distancing di Bandara Syamsuddin Noor
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com