BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Donor Darah Secara Rutin Bisa Bikin Awet Muda

- Apahabar.com Senin, 18 Mei 2020 - 13:41 WIB

Donor Darah Secara Rutin Bisa Bikin Awet Muda

Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, Dokter Aulia Ramadan Supit. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Donor darah secara rutin ternyata memiliki beragam manfaat, salah satunya bisa bikin awet muda.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, Dokter Aulia Ramadan Supit.

Dokter Rama, begitu ia akrab disapa, mengatakan dengan rutinnya seseorang mendonor, maka sel-sel darah lama di dalam tubuh akan keluar dan berganti dengan yang baru.

“Darah yang di dalam tubuh kita ini kan secara normal akan mati dan tumbuh sel darah baru, nah apabila kita mendonor, praktis darah yang yang lama akan keluar dan bertumbuh sel darah baru dan sehat. Makanya secara tidak langsung akan membuat kita terlihat lebih fresh dan awet muda,” jelasnya.

Tak hanya bisa bikin awet muda, donor darah tentunya bisa menyehatkan jantung. Alasannya, karena sel darah yang lama akan membuat kerja jantung akan menjadi lebih berat.

“Karena donor darah itu mengurangi kekentalan darah,” katanya.

Maka, otomatis jika sel darah lama dikeluarkan dan berganti dengan sel darah baru yang lebih sehat maka beban jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh akan lebih ringan.

Jika dianalogikan, donor darah sama seperti ganti oli mesin pada motor. Jika motor terlalu lama tidak ganti oli, maka kerja mesin akan menjadi lebih lambat.

Kemudian, kata Dokter Rama, manfaat lain dari donor darah ialah mengurangi resiko terkena kanker darah dan dapat mendeteksi penyakit serius di dalam tubuh.

Selain membuat awet muda dan menyehatkan tubuh, manfaat donor darah yakni beramal dengan membantu orang lain yang membutuhkan.

Oleh karena itu, Dokter Rama mengajak kepada masyarakat khususnya warga Kota Banjarmasin agar datang ke PMI terdekat untuk mau mendonorkan darahnya.

Reporter: Riyad Dhafi R
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Api Berkobar di Eks Pasar Binuang, Kerugian Ditaksir Rp 700 Juta
apahabar.com

Kalsel

Dewan Banjarmasin Minta Ada Metode Belajar Siswa Kurang Mampu
apahabar.com

Kalsel

Sayembara Pembuang Sampah, Wali Kota: Pemotretnya Saya Kasih Hadiah
apahabar.com

Kalsel

Pemprov Kalsel Siap Gelontorkan Dana Tambahan untuk Pilkada 2020
apahabar.com

Kalsel

Pelindo III Bangun Halte lewat CSR
apahabar.com

Kalsel

Jalan Gubernur Soebarjo Belum Ada Tanda Perbaikan
apahabar.com

Kalsel

Termasuk Warga Alalak, 13 Pasien Covid-19 di Batola Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Sehari Menghilang, Nelayan Rampa Kotabaru Akhirnya Ditemukan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com