Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan Daftar Lengkap 64 Link Pengumuman CPNS 2019, sscn.bkn.go.id & Berkas Online yang Harus Disiapkan! Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru

DPRD Sebut LKPJ Bupati Copy Paste, Abdi Jawab: Itu Bukan Substansial

- Apahabar.com Selasa, 5 Mei 2020 - 11:43 WIB

DPRD Sebut LKPJ Bupati Copy Paste, Abdi Jawab: Itu Bukan Substansial

Wakil Bupati Tala Abdi Rahman saat menggelar jumpa pers. Foto-apahabar.com/chandra

apahabar.com, PELAIHARI – Mendapat kritik dari DPRD Tanah Laut yang menyebut Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Tala copy paste, ditanggapi Wakil Bupati Tala Abdi Rahman dengan menggelar jumpa pers di ruang tamu VIP kantor Bupati Tala, Senin (4/5).

Dalam pertemuan berdurasi satu jam itu Abdi Rahman mewakili Bupati Tala menyikapi apa yang disampaikan DPRD tersebut. Dia menyebut apa yang dikatakan itu benar dan tak menampik adanya kesalahan penulisan.

“Kalau dikatakan ada beberapa data yang kurang update, ya mungkin memang ada sebagian yang seperti itu dan hal demikian menjadi pencermatan agar diperbaiki,” jelasnya.

Namun sebenarnya, kata Abdi, hal itu bukan sesuatu yang substansial. Menurut dia, itu merupakan bagian dari pembahasan agenda rapat dengan satuan kerja.

“DPRD menyampaikan kesatuan kerja terkait, (mestinya, red) itu bukan di saat rapat paripurna, sebab bukan substansi,” kata Abdi.

Semestinya, menurut dia, dalam LKPJ Bupati Tala itu Pemerintah menerima masukan saran dan rekomendasi yang substansial. Seperti saran, kritik dan rekomendasi capaian kinerja pemerintah selama satu tahun.

“Kalau soal yang dikritisi soal teknis penulisan, tanda baca, dan sejenisnya, ini kan bukan hal substansial. Semestinya itu dibahas dalam rapat dengan Satuan Kerja. Sesuai Dengan Peraturan Perundang-Undangan,” tandasnya.

“Saya dengar komisi II DPRD tak melakukan rapat dengar pendapat,” sebutnya.

Mantan anggota DPRD tiga periode ini memaparkan Sesuai PP, Sejak adanya pergantian Undang-Undang 22 tahun 1999 tentang otonomi dulu disebut LPJ, kemudian Undang-Undang 32 tahun 2004 LKP kepala daerah. Dijabarkan Dalam PP 03 tahun 2007 dan Undang-Undang 23 penjabaran PP 13 tahun 2019 pasal 20 ayat 1.

“Itu semua jelas penjelasan bagaimana mekanisme dan runutan LKPJ, sebab format dan isinya tidak berbeda hampir sama. Maksimal 30 hari dilakukan pembahasan. Itu titik awal pembahasan, sebelum dibahas, dikoreksi dulu wajib tidak dibahas, baru dibahas ke materinya. Jelas di dalam pasal 20 ayat 1 penilaian kinerja kepala daerah,” jelasnya.

Ditegaskannya, Pemkab Tala sama sekali tidak anti kritik. Sebaliknya Bupati/Wabup Tala sangat senang dan memerlukan saran dan kritikan. Namun dikehendaki yang sifatnya kritikan atau saran terhadap arah kebijakan pembangunan.

Meski begitu Abdi mengatakan secara umum Pemkab Tala tetap mengapresiasi hal-hal yang disampaikan DPRD dalam saran dan rekomendasi yang telah disampaikan pada sidang paripurna, pekan lalu.

Lebih lanjut Abdi mengatakan dirinya cukup lama menjadi wakil rakyat yakni 14 tahun. Karena itu dirinya paham betul bagaimana mekanisme dan hal-hal apa yang semestinya diungkapkan oleh wakil rakyat dalam saran dan rekomendasi terhadap LKPj Bupati.

Ia menyebutkan semua saran dan rekomendasi DPRD tersebut menjadi bahan masukan berharga dan akan ditindaklanjuti. Tentu terhadap hal yang bersifat substansial yang menyangkut kebijakan pembangunan.

Reporter: Ahc14
Editor:Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

ABK Tugboat Meninggal di Perairan Sungai Barito, Dievakuasi Ala Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Tapin Proses Adaptasi Kehidupan Baru, Group Kuda Gepang Masih Was-Was
apahabar.com

Kalsel

Tutup Tahun, Bandara Salurkan Bantuan Kemitraan dan Bina Lingkungan
apahabar.com

Kalsel

Positif Covid-19 Bertambah Lagi, Simak Laporan Gugus Tugas Tanbu

Kalsel

Kabar Baik, Kalsel Tambah 116 Pasien Sembuh Covid-19, Terbanyak Asal Balangan
apahabar.com

Kalsel

Kadisdik Kalsel Anjurkan Pelajar Tonton Film Koboy Kampus
Prakiraan Cuaca

Kalsel

BMKG Ramal Hujan Berpetir Mengincar 5 Wilayah Siang Ini
apahabar.com

Kalsel

Prioritaskan Program Daerah, Anggota DPR RI Asal Kalsel Upayakan Rayu Pemerintah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com