Keren! Al-Mazaya Islamic School Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi Covid-19 POPULER SEPEKAN: Polisi Tewas Tenggelam di Sungai Martapura, hingga 2 Kasus Kriminalitas di Hulu Sungai Wakil Ketua DPRD HST Kecelakaan di Angkinang, Mobil Ringsek Parah! LSM Laporkan Denny Indrayana ke Bawaslu, Terindikasi Kampanye Jelang PSU Si Jago Merah Ngamuk di Cempaka 7 Banjarmasin, Jemaah Salat Tarawih Berhamburan

Edukasi Calon Pengantin, BKKBN Luncurkan Website Siap Nikah

- Apahabar.com Selasa, 5 Mei 2020 - 05:30 WIB

Edukasi Calon Pengantin, BKKBN Luncurkan Website Siap Nikah

ILUSTRASI: Pengantin baru. Foto-Istimewa

Terbit Selasa (5/5) Pagi

 

apahabar.com, JAKARTA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meluncurkan website Siap Nikah.

Website itu ditujukan untuk mengawal kesiapan nikah pasangan generasi muda, terutama milenial.

“Bahwa (dengan gerakan ini) kita harus siap mengawal calon-calon pasangan usia subur, baik dari sisi reproduksi, sisi biologi, pun dari sisi ekonomi,” kata Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo dalam acara peluncuran web siapnikah.org yang diselenggarakan secara daring di Jakarta, Senin (4/5).

Ia mengatakan seiring dengan transformasi industrialisasi 4.0, perilaku manusia, terutama generasi milenial yang saat ini berada di usia produktif, juga menjadi sangat berbeda.

Sehingga membutuhkan pendekatan berbeda pula dalam memberikan edukasi.

Oleh karena itu, BKKBN meluncurkan siapnikah.org sebagai sebuah gerakan baru yang diharapkan dapat mudah dipahami oleh generasi milenial.

Melalui web tersebut, BKKBN, kata Hasto, ingin memberikan pemahaman kepada generasi milenial tentang pentingnya mempersiapkan pernikahan agar menghasilkan generasi yang unggul.

“Karena kita ingin lebih memperhatikan generasi-generasi baru yang mau menjadi pasangan di usia subur,” katanya.

Web yang diluncurkan bersama Rumah Perubahan tersebut, kata dia, berisi tentang berbagai macam informasi dan edukasi yang perlu diketahui generasi muda saat mempersiapkan pernikahan.

Sehingga keluarga yang mereka bentuk menjadi keluarga yang berkualitas.

Melalui web tersebut, BKKBN ingin mengedukasi generasi muda tentang pentingnya mengetahui risiko kesehatan yang dihadapi calon ibu jika menikah di bawah usia 20 tahun.

“Bahwa kalau hubungan seks pada usia 16 tahun itu ternyata mulut rahimnya (perempuan) masih terbuka, daerah yang mau menjadi kanker masih di luar, tapi ternyata setelah usia 20 tahun mulut rahimnya sudah sangat berbeda,” katanya.

Melalui web tersebut, BKKBN ingin juga mengedukasi masyarakat, terutama generasi muda yang akan menikah.

Yang ditekankan adalah dalam mempersiapkan pernikahan bukanlah pada persiapan acara nikahnya, tetapi bagaimana mempersiapkan calon pasangan baik dari sisi kesehatan, biologis maupun kesiapan ekonominya, sehingga menghasilkan generasi baru yang unggul.

“Bahwa yang perlu dipersiapkan sebelum menikah itu bukan prewedding yang menghabiskan puluhan bahkan ratusan juta rupiah, tetapi bagaimana menyiapkan sperma (calon) suami yang butuh 75 hari untuk membuat sperma yang sehat. Sehingga yang diperlukan adalah dengan minum zinc, asam folat atau vitamin C (yang bermanfaat untuk kesehatan janin),” katanya.

BKKBN berharap dengan peluncuran web edukasi tersebut, masyarakat, terutama milenial, dapat teredukasi sehingga mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum menikah.

Gerakan tersebut juga diharapkan dapat mengubah pola pikir sehingga masyarakat memiliki kesadaran tentang pentingnya untuk tidak menikah di bawah usia 20 tahun.(Ant)

EditorAhmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kasus Ibu Kandung Bunuh Anak Saat Belajar Online, Ada Tekanan Psikologis PJJ
Vaksin Merah Putih

Nasional

Menristek: Vaksin Merah Putih untuk Warga Indonesia Semua Umur
apahabar.com

Nasional

Warga Bilis-bilis Apresiasi Pembangunan Jalan Penghubung Dua Desa
Artidjo Alkostar

Nasional

Innalillahi, Anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar Wafat
apahabar.com

Nasional

Peringatan Satu Dasawarsa Erupsi Merapi, Momentum Penyadaran Kolektif
apahabar.com

Nasional

Polda Metro Belum Berencana Panggil Anji
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi: ASEAN Harus Tumbuh Jadi Kekuatan Besar Ekonomi Digital
apahabar.com

Nasional

Maju Independen, Zulfikar Siregar Siap Lakukan Terobosan Bagi Kota Medan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com