Kronologi Lengkap Penggeledahan KPK di Rumah Bupati HSU Abdul Wahid Digeledah KPK, Rumah Bupati HSU Abdul Wahid Jadi Tontonan Warga BREAKING! KPK Geledah Rumah Bupati HSU, Spanduk Panjang Membentang Rumahnya Digeledah KPK, Bupati HSU Abdul Wahid Menghilang Jumlah Kesembuhan Covid-19 di Tanbu Capai 5.593 Pasien

Gelar Salat Ied, Masjid di Banjarmasin Padamkan Lampu

- Apahabar.com     Minggu, 24 Mei 2020 - 10:59 WITA

Gelar Salat Ied, Masjid di Banjarmasin Padamkan Lampu

Sejumlah masyarakat saat Salat Ied. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebagian masyarakat di Banjarmasin masih menjalankan aktivitas salat berjamaah di tengah pandemi Covid-19. Termasuk pada perayaan hari besar keagaaman umat Islam yaitu Idul Fitri 1441 H yang jatuh pada Minggu (24/5) ini.

Sebelumnya, pemerintah maupun tokoh agama telah mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat ied dari rumah. Dibalik kekhawatiran terjadinya penularan, antusias mereka masih terbilang tinggi dalam menunaikan ibadah di bulan berkah ini.

Pantauan apahabar.com di lapangan, beberapa masjid masih melaksanakan salat Ied pada pagi tadi. Ada yang terang-terangan, tidak sedikit pula yang menggelarnya secara diam-diam. Seperti salah satu Masjid di jalan Sutoyo S yang sengaja memadamkan lampu sebelum salat dimulai.

“Sama saja seperti salat Ied pada umumnya, tapi memang petugas mesjid sengaja memadamkan lampu agar tidak terlalu mencolok,” terang salah satu jemaah, Syahriani kepada apahabar.com.

Berlokasi strategis di pinggir jalan, Masjid tersebut memang setiap tahunnya kerap dibanjiri jemaah hingga menggelar shaf salat di jalanan utama. Namun untuk tahun ini, pelaksanaan terkesan tertutup untuk menghindari kerumunan masyarakat.

“Saya sekalian ikut berjamaah dari salat subuh tadi. Jadi sekalian salat Ied, begitu juga dengan jemaah yang lain,” tuturnya
Salat Ied digelar sekitar 06.30 pagi, para jemaah memang telah memadati lingkungan masjid sejak subuh tadi.

Menurut dia, jemaah yang hadir adalah warga sekitar yang memang biasanya masih rutin beribadah di Mesjid tersebut. Informasi adanya salat Ied pun dia dapatkan dari mulut ke mulut.

“Taunya dari orang masjid juga, tapi memang di sini diterapkan penjagaan ketat seperti menjaga jarak dan wajib menggunakan masker,” lanjutnya
Salat tidak berlangsung lama. Usai menyampaikan khotbah, satu persatu jemaah langsung pulang ke rumah masing-masing tanpa melakukan kebiasaan seperti berjabat tangan atau bersilaturahmi ke rumah tetangga. Terpantau, aparat kepolisian juga terlihat melakukan pengawasan untuk memastikan kondisi tetap kondusif.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Masjid Al-Karomah

Kalsel

Penjelasan Pihak Masjid Al-Karomah Martapura Meningkatnya Jenazah yang Disalatkan
Gelombang Tinggi, Nelayan Kotabaru Khawatir Melaut

Kalsel

Gelombang Tinggi, Nelayan Kotabaru Khawatir Melaut
apahabar.com

Kalsel

Wakili PKK HST, Desa Bangkal Dapat Dukungan DLHP
apahabar.com

Kalsel

Arus Balik, Polisi Paringin Pantau Distribusi BBM
apahabar.com

Kalsel

Jual Sabu, Pria di Banjarmasin Selatan Terancam 20 Tahun Bui
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran Marak di Alalak, Warga Mengadu ke DPRD Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Jika Batuk Lebih Baik Salat di Rumah, DMI Kalsel: Hanya Imbauan
Respon Penghapusan

Banjarmasin

Respons Penghapusan, Pegiat Seni Banjarmasin Bakal Gelar Festival Mural di RE Martadinata
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com