Enam Tewas, Pencarian Korban di Tambang Emas Kotabaru Disetop Pasca-Penyerangan, Polsek Daha Selatan Siaga Satu  Kecanduan Parah, Oknum Petugas SAR Banjarmasin Lama Ditarget Dear Pekerja Informal Banjarmasin, Silakan Klaim Santunan Update Penyerangan Polsek Daha Selatan, Korban Selamat Diganjar Penghargaan




Home Habar

Kamis, 21 Mei 2020 - 10:58 WIB

Guru Wildan Imbau Salat Idul Fitri di Rumah

Triaji Nazulmi - Apahabar.com

KH Wildan Salman Al Banjari atau Guru Wildan. Foto-Screenshot video imbauan Guru Wildan Salat Idul Fitri di rumah saja

KH Wildan Salman Al Banjari atau Guru Wildan. Foto-Screenshot video imbauan Guru Wildan Salat Idul Fitri di rumah saja

apahabar.com, MARTAPURA – KH Wildan Salman Al Banjari atau Guru Wildan mengimbau umat Islam agar melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri 1441 H, di rumah saja. Imbauan ini tidak lepas dari masih mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Imbauan Salat Idul Fitri di rumah saja disampaikan langsung Guru Wildan melalui video yang disebar-luaskan ke masyarakat.

“Saudara-saudaraku setanah air, satu daerah, beberapa hari lagi akan sampai hari yang kita biasanya melaksanakan salat ied, salat hari raya. Pada tahun ini, khususnya di Kabupaten Banjar sekitarnya sedang melaksanakan PSBB, pemerintah menyuruh melaksanakan salat ied di rumah,” ucap Guru Wildan.

“Nah imbauan atau suruhan pemerintah ini adalah penjabaran dari ayat Wattaqu, yaitu hindari,” sambung Guru Wildan, Pimpinan Ponpes Tahfizh Al- Quran Darussalam Martapura.

Baca juga :  Guru Wildan Serukan Warga Banua Tidak Terprovokasi Ajakan People Power

Lebih lanjut Guru Wildan menjelaskan, hukum pelaksanaan Salat Idul Fitri merupakan ibadah salat sunah.

“Kemudian cara pelaksanaannya ada beberapa macam. Yang pertama yang afdal, yaitu seperti dilaksanakan tiap tahun dengan berjemaah dan juga ada khutbah, ada takbir tiap rakaat, rakaat pertama tujuh kali rakaat kedua lima kali. Ini yang afdal,” jelas Guru Wildan.

“Kemudian yang nomor dua, bisa dilaksanakan tanpa berjemaah. Di mana, seperti di rumah. Tanpa khutbah, cukup dua rakaat. Terserah mau dengan takbir atau tidak. Dengan berjemaah boleh tidak berjamaah pun boleh,” tambah Guru Wildan.

Baca juga :  Ziarah Sekumpul, Kiai Ma’ruf Didampingi Guru Wildan

Pelaksanaan Salat Idul Fitri seperti dijelaskan di atas, terang Guru Wildan, hanya soal keafdalan saja melaksanakan di masjid. Tapi, lanjut Guru Wildan, apabila dalam mendapatkan keafdalan itu ada kemudaratannya, maka yang lebih afdal dan utama melaksanakan di rumah.

“Oleh karena itu saya mengimbau supaya melaksanakan Salat Ied di rumah saja, karena sudah ada imbauan pemerintah. Dengan kita menaati imbauan pemerintah dapat pahala menaati pemerintah, karena Alqur`an menyuruh menaati pemerintah. Kemudian dapat lagi pahala menaati Allah dan Rasulnya. Sehingga kita mendapatkan keselamatan di dunia dengan terhindar dari Covid-19 dan diakhirat terhindar dari azabnya,” pungkas Guru Wildan.

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Muhammad Bulkini

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Cegah Covid-19, Arab Saudi Perintahkan Tarawih dan Salat Idulfitri di Rumah
apahabar.com

Habar

4 Jenis Air untuk Bersuci dalam Islam
apahabar.com

Habar

Kemenag Imbau Umat Muslim Lakukan Salat Gerhana Matahari
apahabar.com

Habar

Khotbah Jumat Masjid Nabawi Sampaikan Kebersihan Cegah Corona
apahabar.com

Habar

Istri dan Anak Habib Munzir Al Musawa Berikan Tausiah di Kertak Hanyar
apahabar.com

Habar

THR Gratis untuk Hafalan Alquran
apahabar.com

Habar

Ziarah Makam Datu Gadung, Aulia yang Diberi Nama Sahabat Nabi
apahabar.com

Habar

Fatwa MUI tentang Pedoman Pengurusan Jenazah Muslim Terinfeksi Covid-19