Catat! 3 Lokasi Pos Jaga PPKM Level IV di Banjarmasin PPKM Level IV, Banjarmasin Dirundung Sederet Masalah Resmi Direvisi! PPKM Level 4 Banjarmasin Hanya Berlaku Hingga 2 Agustus Dear Warga Banjarmasin! Siapkan Kartu Vaksinasi Sebelum Ditanya Petugas PPKM Level 4 Perjuangan Penyintas di Banjarmasin, Jadi Pendonor untuk Selamatkan Pasien Covid-19

Guru Wildan Imbau Salat Idul Fitri di Rumah

- Apahabar.com     Kamis, 21 Mei 2020 - 10:58 WITA

Guru Wildan Imbau Salat Idul Fitri di Rumah

KH Wildan Salman Al Banjari atau Guru Wildan. Foto-Screenshot video imbauan Guru Wildan Salat Idul Fitri di rumah saja

apahabar.com, MARTAPURA – KH Wildan Salman Al Banjari atau Guru Wildan mengimbau umat Islam agar melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri 1441 H, di rumah saja. Imbauan ini tidak lepas dari masih mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Imbauan Salat Idul Fitri di rumah saja disampaikan langsung Guru Wildan melalui video yang disebar-luaskan ke masyarakat.

“Saudara-saudaraku setanah air, satu daerah, beberapa hari lagi akan sampai hari yang kita biasanya melaksanakan salat ied, salat hari raya. Pada tahun ini, khususnya di Kabupaten Banjar sekitarnya sedang melaksanakan PSBB, pemerintah menyuruh melaksanakan salat ied di rumah,” ucap Guru Wildan.

“Nah imbauan atau suruhan pemerintah ini adalah penjabaran dari ayat Wattaqu, yaitu hindari,” sambung Guru Wildan, Pimpinan Ponpes Tahfizh Al- Quran Darussalam Martapura.

Lebih lanjut Guru Wildan menjelaskan, hukum pelaksanaan Salat Idul Fitri merupakan ibadah salat sunah.

“Kemudian cara pelaksanaannya ada beberapa macam. Yang pertama yang afdal, yaitu seperti dilaksanakan tiap tahun dengan berjemaah dan juga ada khutbah, ada takbir tiap rakaat, rakaat pertama tujuh kali rakaat kedua lima kali. Ini yang afdal,” jelas Guru Wildan.

“Kemudian yang nomor dua, bisa dilaksanakan tanpa berjemaah. Di mana, seperti di rumah. Tanpa khutbah, cukup dua rakaat. Terserah mau dengan takbir atau tidak. Dengan berjemaah boleh tidak berjamaah pun boleh,” tambah Guru Wildan.

Pelaksanaan Salat Idul Fitri seperti dijelaskan di atas, terang Guru Wildan, hanya soal keafdalan saja melaksanakan di masjid. Tapi, lanjut Guru Wildan, apabila dalam mendapatkan keafdalan itu ada kemudaratannya, maka yang lebih afdal dan utama melaksanakan di rumah.

“Oleh karena itu saya mengimbau supaya melaksanakan Salat Ied di rumah saja, karena sudah ada imbauan pemerintah. Dengan kita menaati imbauan pemerintah dapat pahala menaati pemerintah, karena Alqur`an menyuruh menaati pemerintah. Kemudian dapat lagi pahala menaati Allah dan Rasulnya. Sehingga kita mendapatkan keselamatan di dunia dengan terhindar dari Covid-19 dan diakhirat terhindar dari azabnya,” pungkas Guru Wildan.

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Belajar Alquran Metode Qiraati Berkembang Pesat di Papua
apahabar.com

Habar

Pengajian Ramadan Bersama Guru Zuhdi, Cara Masuk Surga Lebih Cepat dari Bidadari
apahabar.com

Habar

Segelas Teh, Cukupkah untuk Bersahur?

Habar

Masuk Mal di Makkah, Wajib Tunjukkan Barcode Kesehatan
Pakistan

Habar

Pakistan Kembali Atur Shalat Berjamaah di Masjid
Masjid di Belanda

Habar

Masjid di Belanda Dilaporkan Dibakar Orang Tak Dikenal
apahabar.com

Habar

Imam Masjid Nigeria Diculik Bandit Bersenjata
apahabar.com

Habar

Ketua Fatwa MUI Sarankan Tidak Bertamu Usai Salat Id
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com