Istri Polisi Korban Penyerangan Mapolsek Daha: NKRI Harga Mati! PDP-Tracking GTPP Tambah Daftar Warga Kalsel Terjangkit Covid-19 Operasi Anti-Teror di Kalsel, Jumlah Pelaku Kemungkinan Bertambah 5 Terduga Teroris Ditangkap, MUI: Kalsel Bukan Zona Aman PSBB Berakhir, THM-Bioskop di Banjarmasin Terancam Mati Suri




Home Hukum

Selasa, 19 Mei 2020 - 12:46 WIB

Habib Bahar Huni Sel Pengasingan di LP Gunung Sindur

Uploader - Apahabar.com

Terpidana kasus penganiayaan remaja, Habib Bahar bin Smith, dites kesehatan, sesaat setelah tiba di LP Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/05). Foto-Dirjen PAS Kementerian Hukum dan HAM via Antara

Terpidana kasus penganiayaan remaja, Habib Bahar bin Smith, dites kesehatan, sesaat setelah tiba di LP Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/05). Foto-Dirjen PAS Kementerian Hukum dan HAM via Antara

apahabar.com, JAKARTA – Terpidana kasus penganiayaan remaja, Habib Bahar bin Smith, ditempatkan di sel pengasingan (one man one cell/straf cell) Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

“(Bahar Smith) ditempatkan di one man on cell atau straf cell di Blok A (Antasena) kamar 9 (LP Gunung Sindur),” ujar Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Reynhard Silitonga, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (19/05).

Habib Bahar kembali dimasukkan ke dalam LP, setelah surat keputusan (SK) asimilasi yang sebelumnya diberikan kepada pimpinan Pondok Pesantren Tajul Alawin Bogor itu.

Pencabutan itu terjadi karena dia dinilai tidak mengindahkan dan mengikuti bimbingan oleh Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan Bogor, serta melakukan pelanggaran khusus selama menjalani masa asimiliasi di rumah.

Silitonga menjelaskan, selama menjalani masa asimilasi, Smith dinilai telah melakukan sejumlah tindakan yang dianggap meresahkan masyarakat, yakni menghadiri kegiatan dan memberikan ceramah yang provokatif dan menyebarkan rasa permusuhan dan kebencian kepada pemerintah.

Baca juga :  Dua Penjambret Jadi Bulan-bulanan Warga di Banjarmasin

Video ceramah Smith yang telah menjadi viral itu dianggap dapat meresahkan di masyarakat.

Selain itu, Smith juga dinilai melanggar aturan pembatasan sosial berskala besar di tengah kondisi darurat Covid-19, dengan mengumpulkan massa dalam pelaksanaan ceramahnya.

“Atas perbuatan tersebut maka kepada yang bersangkutan dinyatakan telah melanggar syarat khusus asimilasi, sebagaimana diatur dalam pasal 136 ayat 2 huruf e Permenkumham Nomor 3/2018 dan kepadanya dicabut asimilasinya dan selanjutnya diperintahkan untuk dimasukkan kembali ke dalam lembaga pemasayarakatan untuk menjalani sisa pidananya dan sanksi lainnya sesuai ketentuan,” ujar Silitonga.

Terpidana dijemput di rumahnya, p pukul 02.00 WIB Selasa, oleh tim gabungan penegak hukum. Saat tiba di rumah Smith, kepala LP Cibinong membacakan SK pencabutan asimilasi bernomor W11.PAS.PAS11.PK.01.04-1473/2020.

Baca juga :  Dugaan Korupsi KNPI Tala, Sekdaprov Kalsel: Gunakan Dana Hibah Sesuai Program

Terpidana itu lalu dieksekusi ke LP Gunung Sindur, Bogor, dan tiba di sana pada pukul 03.15 WIB, kemudian diperiksa kesehatannya, sebelum akhirnya ditempatkan di sel pengasingan.

Sementara itu, Kepala Lapas Gunung Sindur Mulyadi membenarkan jika Habib Bahar bin Smith sudah berada di sel isolasi atau sel pengasingan.

“Sudah di sel isolasi. Ya benar, sendiri,” ucap Kepala Lapas Gunung Sindur, Mulyadi dikutip dari Republika.

Mulyadi mengatakan belum dapat memastikan sampai kapan Habib Bahar menghuni sel isolasi. Dia menjelaskan, hanya mengikuti perintah dari Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jawa Barat (Jabar).(Ant/Rep)

Editor: Aprianoor

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Residivis Pembobol ATM Lintas Provinsi Dibekuk di Makassar
apahabar.com

Hukum

Menyamar, Polisi Tangkap Pemuda Bertato Jual Sabu
apahabar.com

Hukum

Polisi Kantongi Identitas Penyuplai Sabu Andi Arief
apahabar.com

Hukum

Fakta-Fakta Putri Sri Bintang Ditangkap karena Narkoba
apahabar.com

Hukum

ICW Protes Niat Yasonna Bebaskan Napi Korupsi
apahabar.com

Hukum

R2 Vs Dump Truk di Banjar, Satu Tewas
apahabar.com

Hukum

Jaksa Cium Aroma Penyimpangan Dana Penyertaan Modal PT BIM
apahabar.com

Hukum

Pengakuan Tetangga, Sifat Remaja Pembunuh Bocah Berubah Sejak Masuk SMP