Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

Hadapi PSBB, Check Point di Batola Klaim Siap 100 Persen

- Apahabar.com Jumat, 15 Mei 2020 - 20:32 WIB

Hadapi PSBB, Check Point di Batola Klaim Siap 100 Persen

Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS bersama Kapolres AKBP Bagus Suseno dan Dandim 1005 Marabahan Letkol Kav Sugianto, berdialog dengan salah seorang warga di pos check point Terminal Handil Bakti, Jumat (15/5). Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Sehari menjelang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Barito Kuala melakukan simulasi di perbatasan dengan Banjarmasin di Terminal Handil Bakti, Jumat (15/5).

Simulasi tersebut dilakukan semua petugas yang dipersiapkan menjaga enam check point, baik oleh Kodim 1005 Marabahan, Polres Batola, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Dinas Kesehatan.

Selain di Terminal Handil Bakti yang berbatasan langsung dengan Banjarmasin, check point juga ditempatkan di Kecamatan Anjir Pasar, Jejangkit, Wanaraya, Tabukan dan Bakumpai.

Dalam simulasi yang berlangsung pasca apel kesiapan, pemeriksaan KTP maupun suhu tubuh pengendara roda dua dan empat dilakukan terpisah.

Pengendara roda dua diperiksa di depan Terminal Handil Bakti, sedangkan pengemudi roda empat dan enam dicek di depan Jembatan Berangas.

“PSBB ini bersifat pembatasan, bukan pelarangan keluar masuk warga maupun beraktivitas,” tegas Kapolres Batola AKBP Bagus Suseno.

“Oleh karena itu, pemeriksaan tetap mengedepankan upaya preemtif, preventif, dan humanis,” sambungnya.

Pemeriksaan dilakukan tiga kali sehari di semua check point. Dimulai pukul 08.00 hingga 10.00 Wita, kemudian 16.00 sampai 18.00 Wita, serta pukul 21.00 hingga 23.00 Wita.

Selanjutnya mulai pukul 23.00 Wita, dilakukan penutupan total jalan dari arah Banjarmasin menuju Batola.

“Untuk pemeriksaan pagi, orang dari luar Batola harus menunjukkan surat tugas dari perusahaan maupun instansi tempat bekerja, kecuali angkutaan logistik, bahan pokok dan BBM,” jelas Bagus.

“Khusus pemeriksaan sore dan malam, warga yang tak memiliki KTP maupun surat domisili, diarahkan kembali ke daerah asal atau tak diperkenankan memasuki Batola,” imbuhnya.

Sedangkan warga pemilik KTP Banjarmasin yang kebetulan menetap di Batola, masih dapat keluar masuk menggunakan surat keterangan dari RT sesuai domisili.

Selain KTP dan surat domisili, jumlah penumpang kendaraan roda empat juga dibatasi dengan ketentuan 50 persen, kecuali satu keluarga dalam satu rumah dan alamat.

Sebaliknya pengendara roda dua dilarang berboncengan, apabila memiliki KTP yang berbeda alamat.

“Sebenarnya kesiapan check point sudah 100 persen, sebelum PSBB dimulai 16 Mei 2020 pukul 00.00 Wita,” beber Bagus.

“Namun demikian, pelaksanaan dilakukan bertahap, sembari sosialisasi dan evaluasi. Penerapan sepenuhnya baru dilakukan mulai 18 Mei 2020 pukul 08.00 Wita,” tegasnya.

Tidak hanya di darat, pemeriksaan juga dilakukan di perairan, terutama di Sungai Barito yang dilintasi tongkang batu bara. Pemeriksaan ini ditangani Satpolair Polres Batola dan Dinas Perhubungan.

“Sama seperti di darat, penumpang angkutan air dibatasi 50 persen. Kemudian Anak Buah Kapal (ABK) tidak diperkenankan turun ke darat. Kalau bersikeras turun, sudah terdapat sanksi hukum,” tegas Bagus.

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Viral, Tiga Bocah Asal Kapuas Bersepeda Menuju Haul ke 14 Abah Guru Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Positif Covid-19 di Kalsel Hampir Sentuh 4 Ribu Kasus
apahabar.com

Kalsel

Pria Asal Surabaya Batuk-batuk di Masjid Sabilal Muhtadin, Keamanan Panik Dibuatnya
apahabar.com

Kalsel

Siang Hari, BMKG: Waspadai 6 Daerah Diguyur Hujan Disertai Petir
apahabar.com

Kalsel

Tak Ada Insinerator, ke Mana Limbah Medis Corona di Banjarmasin?
apahabar.com

Kalsel

Pakai Scan QR, Histori Tanaman Pulau Curiak Teridentifikasi
apahabar.com

Kalsel

Pemberlakuan PP 49/2018 Menunggu Perpres
apahabar.com

Kalsel

Koleksi Buku Minim, Kepala PSBR Harapkan Hibah Dispersip Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com