Catat! 3 Lokasi Pos Jaga PPKM Level IV di Banjarmasin PPKM Level IV, Banjarmasin Dirundung Sederet Masalah Resmi Direvisi! PPKM Level 4 Banjarmasin Hanya Berlaku Hingga 2 Agustus Dear Warga Banjarmasin! Siapkan Kartu Vaksinasi Sebelum Ditanya Petugas PPKM Level 4 Perjuangan Penyintas di Banjarmasin, Jadi Pendonor untuk Selamatkan Pasien Covid-19

Halalbihalal Terancam Imbas Covid, Wali Kota Pontianak: Jangan Lama-Lama di Masjid

- Apahabar.com     Kamis, 21 Mei 2020 - 12:28 WITA

Halalbihalal Terancam Imbas Covid, Wali Kota Pontianak: Jangan Lama-Lama di Masjid

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Foto-Antara

apahabar.com, PONTIANAK – Pejabat tinggi di lingkungan Pemkot Pontianak diminta untuk tak menggelar halalbihalal saat lebaran tahun ini.

“Sebagai gantinya, silaturahmi kita lakukan lewat ‘video call, video conference, dan chatting-an’ di jejaring media sosial,” kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Kamis (21/5).

Peniadaan halalbihalal sebagai upaya menerapkan kebijakan jaga jarak karena pandemi Covid-19.

Namun demikian, kata dia, peniadaan halalbihalal bukan berarti tidak bisa saling silaturahim satu sama lain karena bisa dilakukan secara virtual.

“Silaturahmi tetap bisa dilakukan dengan cara berbeda, yakni digantikan secara virtual. Apalagi era digital sekarang ini hal itu sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Hanya kuenya saja yang tidak bisa dikirim secara digital, itu harus dimaklumi,” ujarnya.

Saat hari pertama Lebaran, dirinya tetap menjalankan kebiasaan rutin, mulai Saalat Idulfitri di rumah bersama keluarga, dilanjutkan saling bermaaf-maafan.

“Setelah itu menikmati hidangan makanan di rumah bersama keluarga dan menghubungi keluarga yang berada di luar Pontianak,” katanya.

Setelah silaturahim, dirinya akan kembali kepada kegiatan penanganan pandemi Covid-19 serta memastikan seluruh warga Kota Pontianak sudah mendapatkan bantuan.

“Jangan sampai ada masyarakat yang tidak terbantu, jangan sampai kelaparan, jadi harus kita tolong,” katanya.

Sebelumnya, ia mengimbau umat Muslim di daerah itu yang Salat Ied di masjid agar menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Silakan Shalat Idulfitri di masjid-masjid asalkan tetap menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker,” katanya.

Selain itu, katanya, mereka diminta tidak berlama-lama di masjid guna menghindari hal yang tidak diinginkan terkait dengan paparan virus yang berbahaya itu. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Harimau Lepas

Kalbar

Menteri Siti Bicara Sanksi Terkait 2 Harimau Lepas di Kebun Binatang Kalbar
apahabar.com

Kalbar

Kedubes Jepang Sumbangkan Ambulans ke Kalbar
apahabar.com

Kalbar

Komentari Sultan Hamid II, Hendropriyono Dipolisikan
apahabar.com

Kalbar

12 Penumpang Kapal Karam di Sungai Kapuas Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalbar

Polda Kalbar Musnahkan 1,3 Kg Sabu dari Penangkapan 7 Tersangka
apahabar.com

Kalbar

BMKG Deteksi Ada 6.382 Hotspot di Kalbar
apahabar.com

Kalbar

Dua Penyelenggara Pemilu Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalbar

Lima Orang Utan Dilepasliarkan di TN Bukit Baka-Bukit Raya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com