Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu Link Live Streaming Mata Najwa Malam Ini, Kupas Tuntas Banjir Kalsel Menteri Siti Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel, Bukan Tambang dan Sawit

Hampir 200 Positif Covid-19 di Kalsel, Setengahnya dari Klaster Gowa

- Apahabar.com Senin, 4 Mei 2020 - 19:51 WIB

Hampir 200 Positif Covid-19 di Kalsel, Setengahnya dari Klaster Gowa

Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. Di Kalsel saat ini sudah 199 orang positif, lebih dari setengahnya disumbang dari klaseter Gowo. Foto-dok.

apahabar.com, BANJARMASIN – Kasus positif Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel) hampir menyentuh 200 orang. Di mana lebih dari setengahnya disumbangkan dari klaster Gowa.

Lonjakan yang terjadi setiap harinya didapat dari masifnya pelacakan yang dilakukan tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19.

Baik pelacakan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Seperti data dirilis tim GTPP Covid-19 Kalsel, Senin (4/5), yang positif sudah mencapai 199 orang.

“Dari kasus yang kami laporkan dari awal hingga saat ini, beberapa kluster sudah dapat diidentifikasi. Kalau dilihat data, 137 di antaranya berasal dari kluster perjalanan Gowa atau sebesar 68,84 persen,” ungkap Juru Bicara Covid-19 Kalsel, HM Muslim, Senin (4/5) sore.

Upaya-upaya penelusuran (tracing) terhadap kontak yang dicurigai terus dilakukan.

Begitu pula terhadap klaster perjalanan dari kawasan terjangkit.

Namun, jika dilihat dari pemetaan, Gugus Tugas menyimpulkan kluster Gowa disumbang sepenuhnya oleh beberapa daerah yaitu Tanah Laut, Kotabaru, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Balangan.

“Jika dilihat daerah tersebut, maka merupakan kasus hampir seluruhnya atau 100 persen dari perjalanan Gowa,” jelas Muslim.

Sedangkan sisanya 2,51 persen dari klaster perjalanan Jawa Barat. Kemudian, 4,02 persen dari klaster perjalanan Kalimantan Tengah. Dan terakhir, 2,51 persen dari kontak erat 1 (KS-Covid 01).

Gugus Tugas juga melakukan upaya tracing terkait kasus positif baru dari Pasar Antasari Banjarmasin, terlapor 1,51 persen yang saat ini masih dalam perawatan.

Kemudian selebihnya 20,60 persen adalah perjalanan-perjalanan ke luar daerah dari berbagai tempat yang juga sebagian merupakan kontak yang masih dilakukan identifikasinya.

Dalam laporannya, Gugus Tugas saat ini sudah mendistibusikan alat uji cepat (Rapid Test) sebanyak 6.980 unit.

Di antaranya, 4.180 unit telah terlaporkan dan didapat hasil 634 di antaranya menunjukkan reaktif atau sebesar 15,17 persen.

Untuk diketahui perkembangan sebaran kasus positif hari ini mencapai 199 orang.

Sementara 156 menjalani perawatan di rumah sakit maupun isolasi mandiri atau karantina khusus, 12 dilaporkan meninggal dunia dan 31 lainnya berhasil sembuh dari penularan virus tersebut.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Laporan Denny Rontok untuk Keempat Kalinya, Tim Birinmu: Upaya Hukum yang Terkesan Dipaksakan
apahabar.com

Kalsel

Positif Covid-19 di Tanbu Bertambah 8 Orang
apahabar.com

Kalsel

Korban Disambar Buaya di Tanbu Ditemukan Tewas
apahabar.com

Kalsel

Resah Pengumuman SBMPTN, Jalur Mandiri ULM Masih Terbuka Lebar
apahabar.com

Kalsel

Jalankan Program CSR, Best Western Kindai Hotel Adakan Parade Bakti Sosial
apahabar.com

Kalsel

Sederet Alasan Dua Konfederasi Buruh Dukung Sahbirin-Muhidin di Pilkada Kalsel 2020
apahabar.com

Kalsel

Teror Buaya di Sebamban, Sudah Muncul Sejak 2018
apahabar.com

Kalsel

Lampaui Perkiraan, Swab Massal di Banjarmasin Hampir 1.000 Spesimen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com