Penyerang Polsek Daha Simpatisan ISIS, Legislator Kalsel: Agamanya Kurang Breaking News: PDP Kabur di Banjarbaru Akhirnya Ditemukan! Pertama, Kalsel Uji Terapi Pengobatan Pasien Covid-19 Pengganti Vaksin Toko Buah di Teweh Diserbu Pria Bersajam, Dua Perempuan Terluka Polisi Bongkar Makam Korban Pembunuhan Ibu Kandung di Teweh




Home Ceramah Religi

Senin, 18 Mei 2020 - 12:32 WIB

Ibunda Rasulullah SAW Pernah Bermimpi akan Bahayanya Penyakit Hasad

rifad - Apahabar.com

Ilustrasi. Foto-Antara

Ilustrasi. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA— Sayidatina Aminah saat mengandung Rasulullah SAW bermimpi didatangi seseorang dan kemudian orang itu berkata, “Bahwa sesungguhnya engkau sedang mengandung penghulu umat ini. Jika dia telah lahir ke bumi, maka ucapkanlah : ‘Aku berlindung kepada Allah Tuhan Yang Mahaesa dari keburukan semua pendengki, dan namakan dia Muhammad.”

Kisah berupa mimpi yang dialami ibunda Nabi Muhammad SAW, kata Pimpinan Majelis Taklim dan Dzikir Baitul Muhibbin, Habib Abdurrahman Asad Al-Habsyi, bisa ditangkap sebagai petunjuk bahwa sedemikian besar bahaya penyangkit dengki atau hasud.

Penyakit itu, sambung Habib, bisa merusak semua usaha kebaikan yang dilakukan oleh siapapun, termasuk utusan Allah, dan apalagi hanya sebatas manusia biasa.

Baca juga :  Kisah Masuk Islamnya Ibunda Abu Hurairah Setelah Didoakan Rasulullah

Memang, kata Habib, kita sulit mengetahui penyakit hasad yang menjangkiti diri kita sendiri, lebih-lebih mengetahui penyakit hasad yang menjangkiti orang lain. Hal ini karena penyakit hasad adalah penyakit hati yang tak seorang pun mengetahui bentuk dan wujudnya.

Imam Al Ghazali, kata Habib, dalam kitab Minhaj Al Abidin mengatakan hasad merupakan penyakit yang tidak hanya merusak kebaikan, melainkan juga menarik untuk berbuat maksiat dan kejahatan.

“Tidak sedikit perbuatan maksiat dan kejahatan terjadi disebabkan penyakit hasad yang menghinggapi hati seseorang,” katanya.

Hasud inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal rakus melanda hati manusia. Hasud ini pula yang menciptakan benih keangkuhan pada orang yang berilmu, bahkan ulama sekalipun

Baca juga :  Ini Lafal Zikir Pagi dan Petang Seperti Dicontohkan Rasulullah SAW

Rasulullah saw bersabda: “Ada empat pemata dalam tubuh manusia yang dapat hilang sebab empat hal. Empat permata itu ialah: 1) akal, 2) agama, 3) sifat malu, 4) amal saleh. Marah (ghadlab) dapat menghilangkan akal, iri dan dengki (hasud) akan menghilangkan agama. Serakah (thama’) akan menghilangkan sifat malu, dan menggunjing (ghibah) akan menghilangkan amal saleh.”

“Mari kita jadikan Ramadhan kita sebagai madrasah yang dapat membentengi kita dari penyakit hasud,” ajak Habib.

Sumber: Republika
Editor: Muhammad Bulkini

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Persiapan Polres Banjar untuk Haul Sekumpul ke 15; Turunkan Speed Boat dan Sulap Water Canon Jadi Tempat Wudhu
apahabar.com

Religi

Ulama Wanita yang Bersembunyi dari Nama Besar Sang Paman
apahabar.com

Religi

Tergolong Mampu tapi Tak Bayar Zakat Fitrah, MUI Kalsel: Dosa Besar
apahabar.com

Religi

Kesultanan Banjar, Makmur dan Sejahtera dengan Syariat Islam
apahabar.com

Habar

Update Haul Guru Sekumpul Ke-15, Puluhan Ribu Relawan akan Diterjunkan
Desa Tungkaran Sediakan 50 Kilo Bubur untuk Tamu Haul Guru Sekumpul ke 15

Habar

Desa Tungkaran Sediakan 50 Kilo Bubur untuk Tamu Haul Guru Sekumpul ke 15
apahabar.com

Religi

Apa Itu Encephalitis, Penyakit yang Diderita Mendiang Bek Timnas U-16 Alfin Lestaluhu
apahabar.com

Religi

Sebelum Dikuasai Wahabi, Makkah Merayakan Maulid Nabi