BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Inalum Terbitkan Obligasi Global 2,5 Miliar Dolar AS

- Apahabar.com Selasa, 12 Mei 2020 - 15:43 WIB

Inalum Terbitkan Obligasi Global 2,5 Miliar Dolar AS

Ilustrasi Inalum. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Holding BUMN pertambangan PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) menerbitkan obligasi dalam bentuk dolar atau global bond senilai 2,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 37,5 triliun (kurs Rp 15.000).

Manajemen Inalum dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (12/05) mengemukakan penerbitan surat utang ini nantinya akan digunakan untuk refinancing bond yang jatuh tempo sebesar 1 miliar dolar AS dan sisanya untuk pembiayaan berbagai proyek strategis perusahaan.

Dipaparkan, proyek yang akan digarap Inalum di antaranya pembangunan smelter grade aluminasi refinery di Mempawah berkapasitas 1 juta ton per tahun, PLTU Mulut Tambang Sumatera Selatan 8, proyek pabrik gasifikasi batu bara menjadi DME di Tanjung Enim, dan lain sebagainya.

Dijelaskan, obligasi global yang akan diterbitkan itu terdiri dari tiga tenor, yakni tenor 5 tahun dengan kupon yang ditawarkan sebesar 4,75 persen, tenor 10 tahun (5,45 persen), dan 30 tahun (5,8 persen).

“Inalum mendapatkan peringkat Baa2 dari Moody’s dan BBB- dari Fitch,” paparnya.

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi inovasi pendanaan yang dilakukan BUMN seperti global bond.

“Dengan ini terbukti bahwa dunia usaha internasional masih mempercayai perusahaan BUMN yang sekarang terus berbenah demi meningkatkan daya saingnya, serta semakin transparan. Secara umum, Indonesia di bawah kepemimpinan Pak Jokowi juga masih dipercaya oleh dunia Internasional,” ujar Erick.

Sedianya, penerbitan global bond oleh Inalum ini maka melengkapi penerbitan surat utang serupa yang sudah dilakukan PT Hutama Karya (Persero) dengan nilai 600 juta dolar AS, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk senilai 500 juta dolar AS.

Dengan demikian dalam dua pekan terakhir global bond yang sudah diterbitkan BUMN mencapai 3,6 miliar atau dolar AS atau setara dengan Rp 54 triliun.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Jokowi Minta Menkeu Berikan Insentif Bagi Tenaga Medis Covid-19
apahabar.com

Ekbis

Bertahan di Tengah Pandemi, Begini Strategi Toko Niah
apahabar.com

Ekbis

Ekonom Kalsel: Penurunan Harga Pertamax Cs Kurang Tepat
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Antam Turun Rp 8.000 per Gram Jadi Rp 903.000
apahabar.com

Ekbis

BI Sebut Uang Peringatan Kemerdekaan Alat Pembayaran Sah, Berikut Cara Mendapatkannya
apahabar.com

Ekbis

Inkindo dan Perkindo Gelar Dialog Hukum Lagi, Apa Hasilnya?
Tiket Pesawat Diskon, Cek Ketentuannya

Ekbis

Tiket Pesawat Diskon, Cek Ketentuannya
apahabar.com

Ekbis

Polemik Tapping Box, Rocket Chicken Diminta Legawa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com