Tak Sempat Telan Sabu, Warga Amuntai Keburu Diringkus Satresnarkoba HSU Pemerintah Tetapkan 1,3 Juta Formasi CPNS 2021 Pandemi Covid-19, Wakil Rakyat Banjarmasin Malah Minta Mobil Baru Gegara Bakar Sarang Tawon, Rumah di Balikpapan Baru Nyaris Ludes Patroli Gabungan di Tabalong, Petugas Sita Puluhan Elpiji 3 Kg!

Info Kalsel 10 Mei: 2 PDP dan 1 Pasien Positif Bebas dari Covid-19

- Apahabar.com Minggu, 10 Mei 2020 - 18:50 WIB

Info Kalsel 10 Mei: 2 PDP dan 1 Pasien Positif Bebas dari Covid-19

Update Covid-19 di Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan kembali menyatakan 1 pasien yang terkonfirmasi positif sembuh dari penularan virus Corona. Total hingga hari ini, sudah ada 40 orang bebas dari penyakit mematikan tersebut.

“Yang sembuh hari ini adalah yang dirawat di RSUD Hasan Basry yaitu KS-Covid 115, laki-laki 48 tahun dari Hulu Sungai Selatan,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam rilis yang diterima apahabar.com, Minggu (10/5) sore.

Selain kasus positif, Muslim juga melaporkan hasil laboratorium polymerase chain reaction (PCR) 2 pasien dalam pengawasan (PDP) yang sebelumnya dirawat intensif di rumah sakit rujukan, hasilnya menunjukkan non-reaktif atau negatif Covid-19.

“Ada PDP yang saat ini hasil PCR negatif yaitu 2 pasien dari RSUD Ratu Zalecha. RZ-08, wanita 31 tahun asal kabupaten Banjar dan RZ-10, laki-laki 31 tahun asal kabupaten Banjar,” sebut dia.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel ini juga menyampaikan 3 PDP yang wafat dalam perawatannya. 2 pasien perawatan RSUD Ulin Banjarmasin yaitu Ulin-113 (laki-laki 55 tahun asal Banjarmasin) meninggal pada 8 Mei lalu dan Ulin-95 (laki-laki 43 tahun asal Banjarmasin) yang meninggal hari ini tadi.

Selanjutnya, 1 pasien perawatan RSUD Ansari Saleh Banjarmasin yaitu Mas-37, wanita 41 tahun asal Banjarmasin. Namun, Muslim tidak menyebutkan hasil PCR dari 3 PDP meninggal dunia tersebut.

“Secara keseluruhan ada 20 (kasus positif) meninggal dunia),” lanjutnya.

Penularan Covid-19 di Kalsel masih terus terjadi, ini ditandai dengan kembali bertambahnya kasus terkonfirmasi positif. Total sudah terdata sebanyak 262 kasus dengan penambahan sebanyak 7 positif baru. 202 di antaranya menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan isolasi mandiri atau karantina khusus.

“7 penambahan kasus diantaranya 4 berasal dari status PDP yaitu 1 dari RS Ciputra asal Banjarmasin, 1 dari RS Sultan Suriansyah asal Banjarmasin, 1 dari RS Boejasin asal Tanah Laut dan 1 dari RS Datu Sanggul yang saat ini dirujuk ke RS Idaman asal Tapin,” beber dia.

Sedangkan 3 lainnya adalah hasil tracking yang dilakukan petugas surveilans. Saat ini dilakukan karantina secara khusus di karantina provinsi, kemudian 1 lainnya dirawat di RS Bhayangkara Banjarmasin.

“Yang dirawat di rumah sakit sebanyak 51 kasus, karantina khusus di provinsi maupun kabupaten/kota sebanyak 151 kasus. 61 di antaranya dirawat di karantina khusus Ambulung,” tuturnya

Dalam 24 terakhir, terjadi penurunan pada orang dalam pemantauan (ODP). Dilaporkan berkurang 3 ODP sehingga tersisa sebanyak 1.011 ODP. Namun diiringi dengan bertambahnya 3 PDP baru menjadi 54 PDP secara keseluruhan.

PDP tersebut dirawat terpisah di beberapa rumah sakit dan karatina khusus atau isolasi mandiri.

21 pasien dalam perawatan RSUD Ulin Banjarmasin, 8 pasien dalam perawatan RSUD Ansari Saleh Banjarmasin, 6 pasien dalam perawatan RSUD Hasan Basry Kandangan, 4 pasien dalam perawatan RS Sultan Suriansyah, 2 pasien dalam perawatan RS Suaka Insan, 2 pasien dalam perawatan RS Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru, 1 pasien dalam perawatan RS Ciputra. Kemudian 4 PDP karantina khusus di Banjarmasin, 1 PDP di Kabupaten Banjar dan 1 di Hulu Sungai Utara.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

CATATAN REDAKSI: Artikel ini semata untuk mewaspadai penyebaran informasi yang belum tentu benar di tengah wabah Covid-19. Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang mendalam soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tuntas, Bagi-Bagi Baju Hazmat dari PDIP di Tapin
apahabar.com

Kalsel

Pemprov Kalsel Raih WTP Lima Kali Berturut-turut
apahabar.com

Kalsel

Bagi-bagi Sepeda di SMPN 8 Tamban Batola, Ismayanti dan Ida Senang Bukan Kepalang
apahabar.com

Kalsel

Berbagai Unsur di Pulau Laut Tengah Kotabaru Sepakat Ciptakan Pilkada Serentak 2020 Sejuk dan Sehat
dinkes

Kalsel

Kasus Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes Tahun Lalu, Pemkot Sebut Masih Koordinasi
apahabar.com

Kalsel

Performa DJ Yasmin ‘Hipnotis’ Ratusan Muda-mudi Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Senjata Makan Tuan, Warga HST Tewas oleh Parang Sendiri
apahabar.com

Kalsel

Batola Tambah Pasien Positif Covid-19, 1 dari Alalak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com