ga('send', 'pageview');
Sidak ke HBI, Petugas Sindir Pengelola Nashville Pub Salip Pekapuran, Teluk Dalam Tertinggi Kasus Covid-19 di Banjarmasin SE Terbit, Sejumlah Sekolah di Banjarmasin Belum PLS Daring Ongkos Politik Mahal, Paman Birin-Muhidin Terancam Melawan Kotak Kosong Terindikasi HTI, Dua Pemuda Kotabaru Diciduk Polisi




Home Film

Kamis, 28 Mei 2020 - 07:15 WIB

Ini 7 Film Horor Indonesia yang Menemani Cerita Seram Anak 90-an

Redaksi - Apahabar.com

Suster Ngesot. Foto-id.wikipedia.org

Suster Ngesot. Foto-id.wikipedia.org

apahabar.com, JAKARTA – Jika Anda masa kecil di tahun 90’an, maka kalian dipenuhi dengan cerita hantu yang sangat banyak beraneka ragam. Dari kisah sundel bolong yang suka menculik anak, hingga permainan jelangkung yang dulu hits banget di kalangan anak era itu.

Semua cerita seram tersebut datang dari sebuah film atau acara televisi yang pastinya banyak ditonton oleh anak tahun 90’an. Berbeda seperti saat ini, kita dapat mencari bahkan menonton cerita dari negara lain lewat gadget, bila dulu hiburan yang paling populer adalah acara-acar televisi. Dan salah satu yang menjadi favorit tontonan anak tahun 90’an adalah cerita film hantu Indonesia, yang tentunya banyak sekali.

Film hantu Indonesia tak jauh-jauh dari takhayul serta mitos yang terjadi di Indonesia. Film hantu Indonesia kebanyakan menyuguhkan hantu yang bergentayangan akibat meninggal dunia karena penasaran atau urusan di dunia yang belum selesai. Itulah mengapa hantu di Indonesia banyak menceritakan tentang mengapa hantu tersebut gentayangan dan apa alasan hantu-hantu tersebut mengganggu manusia.

Dan hal ini tentu saja berbeda dengan cerita hantu eropa yang banyak mengambil kisah tentang seseorang yang kesurupan oleh iblis jahat.

Untuk itu demi mengenang masa-masa menyeramkan ala anak 90’an, dilansir dari berbagai sumber inilah film hantu Indonesia yang menyeramkan ala anak tahun 90’an.

1. DI SINI ADA SETAN
Film hantu Indonesia yang pertama yaitu ada cerita dari serial televisi berjudul DI SINI ADA SETAN. Serial ini menceritakan tentang sekelompok anak muda yang berburu hantu-hantu yang ada di Indonesia. Dalam serial ini banyak sekali jenis hantu yang diceritakan, seperti hantu muka rata, hantu kepala gepeng, dan masih banyak lagi.
Tak hanya menyuguhkan kisah mistisnya saja, film ini juga memberikan pesan moral atau kisah nyata dari sebuah tempat untuk memberikan kesan yang lebih mengerikan lagi bagi penonton. Serial televisi ini memiliki 76 episode dari tahun 2003. Meskipun sudah berjalan 17 tahun lamanya tetapi untuk kalian anak kelahiran tahun 90’an pasti sangat mengetahui serial televisi ini. Dan tentunya selalu mengenang hingga sekarang.

2. JELANGKUNG
Film hantu Indonesia yang kedua yaitu ada JELANGKUNG. Film ini sangat populer pada tahun 2001 dan menjadi populer di kalangan anak-anak yang dulu senang sekali memainkan permainan jelangkung saat di sekolah hingga pekarangan rumah. Karena kepopulerannya, banyak sekali anak-anak yang membuat jelangkung dari kayu dan batok kelapa, lalu ada juga yang hanya membuatnya dengan pensil atau pulpen.
Banyak yang melakukan percobaan apakah memainkan sebuah jelangkung dapat memanggil setan atau arwah penasaran. Jelangkung sendiri mirip sekali dengan permainan papan Oija. Seseorang akan menanyakan pertanyaan dengan memegang boneka jelangkung, dan bila boneka tersebut telah merasuki jelangkung maka jelangkung akan menjawab pertanyaan dengan menggerakkan boneka ke sebuah tanah atau kertas.
Dan menurut cerita yang beredar, bermain jelangkung sangatlah berbahaya karena kita dapat memanggil hantu yang sedang gentayangan dan tak bisa memulangkan mereka kembali. Sialnya hantu tersebut akan mengikuti kita dan akan selalu mengganggu. Adapun cara bermain jelangkung harus dengan sekelompok orang dan juga mengucapkan sebuah mantra yang berbunyi,
“Jelangkung, jelangsat, di sini ada pesta, pesta kecil-kecilan, jelangkung jelangsat, datang tidak diundang, pergi tidak diantar.”
Jelangkung sendiri juga merupakan sebuah permainan yang cukup ekstrem di Indonesia, dan menjadi sebuah cerita mitos yang sudah ada sejak jaman dahulu dan menjadi kisah turun temurun hingga saat ini.

3. SUSTER NGESOT
Film hantu Indonesia selanjutnya yaitu ada SUSTER NGESOT. Bila kalian merupakan anak kelahiran tahun 90’an maka kalian akan tahu tentang kisah suster ngesot dan bagaimana cerita itu sangat hits di Indonesia. Suster ngesot sendiri merupakan sebuah cerita mitos yang beredar di Indonesia, yang terjadi pada salah satu rumah sakit terkenal di Jakarta dan juga Jawa Barat. Walaupun memiliki versi yang sedikit berbeda, tetapi akhir dari kisah suster ngesot ini sama.
Dikisahkan bagaimana seorang suster yang di lukai pergelangan kakinya dan dibunuh, sehingga ia mati penasaran tanpa bisa berjalan. Itulah mengapa suster tersebut berjalan dengan menarik kedua kakinya. Film SUSTER NGESOT ini juga sudah banyak dibuat film layar lebarnya. Bahkan serial televisi DI SINI ADA SETAN juga membuat salah satu episodenya tentang hantu suster ngesot. Gimana KLovers? Ada yang percaya sama cerita suster ngesot?

4. SI MANIS JEMBATAN ANCOL
Lalu nostalgia film hantu Indonesia yang selanjutnya yaitu ada SI MANIS JEMBATAN ANCOL. Bagi kalian yang merupakan anak lahiran tahun 90’an, maka kalian akan mengetahui kisah dan film SI MANIS JEMBATAN ANCOL. Cerita tentang si manis jembatan ancol merupakan sebuah kisah legenda betawi, dan telah lama diceritakan hingga saat ini.
Menurut cerita, si manis jembatan ancol merupakan seorang wanita muda cantik jelita yang diperkosa dan juga dibunuh di area jembatan Ancol. Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari tahu tentang bukti bahwa cerita si manis jembatan ancol adalah benar. Walaupun begitu, sudah banyak masyarakat Indonesia yang tak sengaja melihat dan bertemu oleh si manis.
Menurut banyak cerita, si manis jembatan ancol ini menggunakan pakaian merah dari atas sampai bawah. Tapi ada juga yang tak pernah melihat si manis walaupun sudah menunggu begitu lama. Film SI MANIS JEMBATAN ANCOL pertama kali diangkat ke layar kaca pada tahun 1993 dan sudah beberapa kali dibuatkan kisah lainnya di layar kaca.

5. JADI POCONG
Ada pula serial televisi yang sangat terkenal di kalangan anak tahun 90’an yaitu JADI POCONG. Bila melihat gambarnya sekilas saja kalian akan mengetahui judul film tersebut. Serial televisi ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Mumun yang gentayangan akibat seorang penggali kubur lupa membuka ikantan tali pocongnya dan pada akhirnya ia bergentayangan saat malam dan siang hari. Sangking suksesnya serial televisi ini, JADI POCONG dibuatkan season keduanya, yaitu datang pocong laki-laki bernama Jefry.
Serial televisi ini mengambil cerita lama yang sangat terkenal hingga saat ini. Dan cerita itu adalah, bila seseorang lupa untuk melepaskan ikatan kelapa pada kain kafan orang meninggal maka orang yang meninggal tersebut akan menjadi pocong. Dengan cara bangkit dari kubur dan bergentayangan saat malam hari. Itulah mengapa serial televisi ini sukses dan diterima oleh masyarakat Indonesia saat itu. Rilis pada tahun 2002, membuat serial televisi itu sangat berkesan hingga sekarang bagi anak 90’an.

6. HANTU JERUK PURUT
Nostalgia film hantu Indonesia selanjutnya yaitu ada film HANTU JERUK PURUT. Cerita tentang HANTU JERUK PURUT ini sangat terkenal pada tahun 2000-an dan diangkat ke layar kaca pada tahun 2006, yang tentu saja sangat populer bagi anak tahun 90’an saat itu. Film HANTU JERUK PURUT menceritakan tentang sosok hantu pastur yang berkeliling di TPU Jeruk Purut, Jakarta.
Menurut ceritanya, hantu jeruk purut ini merupakan kisah nyata yang terjadi pada tahun 1986 di mana seorang penjaga kuburan di TPU jeruk purut melihat seorang pastur dengan kepala buntung yang berjalan dengan seekor anjing hitam. Tak hanya itu saja pastur tersebut juga membawa kepalanya sendiri yang telah buntung. Menurut banyak cerita, sang pastur pada saat itu kesasar, karena seharusnya ia tak berada di TPU Jeruk Purut yang merupakan pemakaman muslim.
Dan itulah mengapa cerita hantu jeruk purut menjadi salah satu kisah legenda yang ada di Jakarta. Walaupun belum ditelusuri secara detail apakah cerita ini benar atau tidak, yang pasti pada saat itu, banyak sekali yang penasaran dengan kisah ini dan mencari tahu kebenarannya.

7. TEROWONGAN CASABLANCA
Dan film hantu Indonesia yang terakhir yaitu ada TEROWONGAN CASABLANCA. Bagi kalian warga Jakarta, maka cerita ini sudah tak asing lagi bahkan dari luar Jakarta pun tahu tentang cerita yang begitu melegenda ini. Hal ini juga terjadi akibat banyaknya kecelakaan yang terjadi pada terowongan tersebut, ada yang hanya mengalami luka ringan hingga kematian.
Banyak sekali cerita yang terjadi pada terowongan tersebut, seperti ada wanita bertudung merah, hingga penampakan laki-laki yang gantung diri di mulut terowongan. Karena cerita tersebut sangat banyak dibicarakan oleh para masyarakat, maka dibuatlah kisah terowongan casablanca ke layar lebar dengan judul yang sama. Dan tentu saja pada saat itu film ini sangat sukses di pasaran.
Itulah 7 film hantu Indonesia yang bisa membuat anak 90’an bernostalgia akan cerita tersebut. Selain menjadi sebuah hiburan, nyatanya film-film hantu tersebut merupakan sebuah cerita yang sudah ada sejak jaman dahulu dan tetap diteruskan hingga saat ini. Yang tentu saja membuat hal ini menjadi sebuah cerita unik di Indonesia. (kpl)

Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Film

Film Animasi Pendek Google Masuk 10 Besar Oscar, ini Curhatan Animatornya
apahabar.com

Film

Capaian ‘Ajaib’ Keluarga Cemara, dari Serial TV 90an hingga Piala Maya 2019
apahabar.com

Film

Robin Hood 2018, Hadir dengan Sentuhan Berbeda
apahabar.com

Film

Diterima ‘GGS’, Roger Danuarta Merasa Ganteng
apahabar.com

Film

Siap-Siap, ‘Dilan 1991’ Tayang 28 Februari 2019!
apahabar.com

Film

Film Si Doel The Movie 2, Jembatan untuk Keputusan Akhir Doel
apahabar.com

Film

Adipati Dolken Belajar jadi Sutradara
apahabar.com

Film

Mengusung Cerita Rakyat, Upin Ipin The Movie Semakin Diminati
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com