Istri Polisi Korban Penyerangan Mapolsek Daha: NKRI Harga Mati! PDP-Tracking GTPP Tambah Daftar Warga Kalsel Terjangkit Covid-19 Operasi Anti-Teror di Kalsel, Jumlah Pelaku Kemungkinan Bertambah 5 Terduga Teroris Ditangkap, MUI: Kalsel Bukan Zona Aman PSBB Berakhir, THM-Bioskop di Banjarmasin Terancam Mati Suri




Home Politik

Rabu, 6 Mei 2020 - 16:43 WIB

Jabatan Wakil Bupati Kukar Akhirnya Terisi

rifad - Apahabar.com

Unsur Pimpinan DPRD Kukar bersama Dua Calon Wakil Bupati saat pemilihan pada rapat paripurna DPRD Kukar. Foto-Antara

Unsur Pimpinan DPRD Kukar bersama Dua Calon Wakil Bupati saat pemilihan pada rapat paripurna DPRD Kukar. Foto-Antara

apahabar.com, SAMARINDA – Jabatan wakil bupati (Wabup) Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang sempat lowong akhirnya terisi.

Chairil Anwar terpilih sebagai Wakil Bupati Kutai Kartanegara pada sisa masa jabatan 2016 -2021 melalui rapat pleno DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara, Senin malam (4/5).

Charil Anwar berhak mendampingi Bupati Kukar, Edi Damansyah yang telah menjalankan pemerintahan sendiri tanpa wakil sejak dilantik secara resmi pada 14 Februari 2019.

Pada pleno tersebut Chairil Anwar sebagai calon wakil bupati dengan nomor urut 2 menyingkirkan pesaingnya Djuremie nomor urut 1, dalam proses pemungutan suara.

Dari 43 orang anggota DPRD Kukar, 40 orang memilih Chairil Anwar dan sisanya Djuremie.

Baca juga :  Dianggap Masuk Kewenangan Pusat, Pansus Dewan Kalsel Ganti Judul Raperda

Wakil Bupati Kukar, Chairil Anwar mengatakan akan fokus membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kukar. Terutama soal penanganan dampak sosial ekonomi masyarakat akibat pandemi.

“Poin terpenting masyarakat yang di bawah ini berkaitan dengan bantuan bagi masyarakat yang terdampak, itu yang saat ini krusial,” katanya, Selasa (5/5).

Sementara itu Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid mengatakan pihaknya akan segera memproses hasil ini. Sehingga berkas penetapan wabup bisa segera dikirim ke Kemendagri melalui gubernur Kaltim.

Jika nantinya surat sudah dilayangkan ke Kemendagri, Abdul Rasid meminta Pemkab Kukar mengawal terus proses di Kemendagri hingga keluar keputusan pelantikan Chairil.

Baca juga :  Bawaslu Selidiki Dugaan Pelanggaran Sandi di Balikpapan

“Karena proses ini (Pemilihan Wakil Bupati) sudah lama. Jadi, kita harus mengejar proses ini agar ada yang mengisi ke kosongan Wakil Bupati, untuk dilakukan pelantikan,” katanya.

Dengan penetapan tersebut, politikus partai Golkar itu berharap Chairil bisa menjalankan tugasnya dengan amanah pada sisa waktu yang ada.

“Kita harapkan bisa menjalankan tugas dengan baik untuk menjaga netralitas, agar pemerintahan berjalan dengan baik,” katanya. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Lamar PDIP, Saidi Mansyur Ingin Teruskan Koalisi Nasional di Pilkada Banjar 2020
apahabar.com

Politik

Djarot Bandingkan Pembangunan di Sumut Era SBY dan Jokowi
apahabar.com

Politik

TKN: Kemenangan Jokowi–Ma’ruf Sudah Tidak Terbendung
apahabar.com

Politik

Mengupas Kegagalan Partai Baru di Kalsel
apahabar.com

Politik

Deklarasi Partai Gelora Tunggu Proses Kemenkumham
apahabar.com

Politik

Banten Jadi Lokasi Pertama Kampanye Terbuka TKN Jokowi-Ma’ruf
apahabar.com

Politik

Fokus di Pilkada Banjar, Guru Fadlan Lepas Dua Jabatan Penting
apahabar.com

Politik

Kunjungi Guru Zuhdi, Denny Indrayana Tepis Muatan Politis