Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

Jam Malam PSBB Masih Bisa Donor Darah

- Apahabar.com Senin, 4 Mei 2020 - 22:49 WIB

Jam Malam PSBB Masih Bisa Donor Darah

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Bagi para pendonor darah yang berkeinginan mendonorkan darahnya tidak perlu kuatir dengan adanya pemberlakuan Jam Malam saat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Banjarmasin.

Pasalnya, tim gugus tugas covid-19 Banjarmasin memberikan kelonggaran bagi warga yang memang hendak membantu kemanusiaan dengan mendonorkan darahnya.

Disampaikan Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit, saat ini pihaknya memang memerlukan kebijakan tersebut di musim PSBB dan juga memasuki bulan puasa seperti sekarang.

Karena menurutnya, orang-orang akan mendonorkan darah di malam hari, sementara Banjarmasin sedang menerapkan kebijakan jam malam saat PSBB.

“Makanya kita buka gerai dan tempat-tempat lain malam hari. Pendonor tinggal menunjukkan kartu donor saja apabila memang mau mendonorkan ke sini,” jelasnya.

Bagi warga kalau yang memang belum pernah donor, agar tidak disalah gunakan, dr Rama mempersilahkan petugas tindak tegas untuk diperiksa terlebih dahulu.

“Kita juga buka pelayanan 24 jam, agar bisa diklarifikasi. Karena kalau pendonor yang sudah pernah mendonor pasti kami akan kasih kartu pendonor,” ujarnya.

Dr Rama mengaku, sejak diterapkannya PSBB dan memasuki bulan puasa, pada dua hari bulan puasa stok darah menipis dan pendonor sendiri hanya tujuh orang.

“Bayangkan stok rumah sakit saja puluhan kantong darah agar mencukupi kebutuhan. Sementara saat ini pendonor sedikit. Semoga dengan kelonggaran dari satgas covid-19 bagi pendonor, semakin banyak pendonor membantu memenuhi kebutuhan stok darah,” kata dr. Rama.

Sementara itu pihaknya akan gencar mensosialisasikan kebijakan ini agar dapat diketahui masyarakat Banjarmasin untuk datang mendonorkan darah.

“Kita sangat perlu kerja sama dari semua pihak. Karena kita juga memerlukan ketersediaan darah untuk rumah sakit,” pungkasnya.

apahabar.com

Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin, dr. Aulia Ramadhan Supit menunjukkan kartu donor bagi pendonor yang sudah pernah mendonorkan darah. Foto-apahabar.com/ Ahya  Firmansyah

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Masyarakat Tambak Muara Kintap Geruduk Kantor Gubernur Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Ramadan, ASN di Pemkot Banjarmasin Dapat Kelonggaran
apahabar.com

Kalsel

Bantah Tergelincir, Humas Syamsudin Noor: Garuda Alami Masalah Teknis

Kalsel

Rapid Test Pasar Antasari, 3 Orang Reaktif Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Solo Chicken, Ayam Goreng dengan Saus Premium Kini Hadir di Banjamasin
apahabar.com

Kalsel

Pentingnya Cek Kesehatan Sebelum Berhaji
apahabar.com

Kalsel

Debit Air Sungai Hantakan Meningkat, Peserta JMTs Terpaksa Diungsikan
apahabar.com

Kalsel

4 Fakta Kebakaran di Pusat Kebugaran Yoga Club Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com