Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat

Jelang Lebaran, Disdagri Tanbu Pastikan Kebutuhan Bahan Pokok Aman

- Apahabar.com Selasa, 12 Mei 2020 - 13:31 WIB

Jelang Lebaran, Disdagri Tanbu Pastikan Kebutuhan Bahan Pokok Aman

Kepala Disdagri Tanah Bumbu, H Deny Haryanto. Foto-apahabar.com/Syahriadi

apahabar.com, BATULICIN – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Kabupaten Tanah Bumbu memastikan kebutuhan bahan pokok menjelang lebaran aman.

“Untuk kebutuhan bahan pokok menjelang lebaran, insya Allah aman,” ungkap Kepala Disdagri Tanah Bumbu, H Deny Haryanto, kepada apahabar.com, Selasa (12/5).

Meski demikian, namun ada kenaikan sebagian dari kebutuhan pokok tersebut. Diantaranya seperti gula pasir yang harganya masih 16 ribu di pasaran.

Kemudian bawang merah yang biasanya 35 ribu perkilo kini menjadi 46 ribu perkilonya. Kenaikan ini diakibatkan keterbatasan pasokan dan panen tidak merata.

“Bawang merah kenaikannya lumayan tinggi, biasanya normal 30-35 ribu, sekarang menjadi 46 ribu dan ini sudah terjadi dalam sepekan terakhir akibat pasokan kurang lancar,” terang H Deny.

Sementara untuk bawang putih masih di 28 ribu perkilo, ayam biasa 18 ribu sekarang menjadi 21 ribu perkilo, kemudian daging sapi tetap 120 ribu perkilo.

Selanjutnya untuk kebutuhan beras dan minyak goreng masih stabil.

“Alhamdulillah, beras masih stabil karena kondisi beras kita berlimpah ruah, baik pemasok dari Banjarmasin maupun lokal Tanah Bumbu,” tuturnya.

Untuk mengatasi beberapa kenaikan bahan pokok, dalam waktu dekat Disdagri dan juga Satgas Pangan akan turun ke lapangan untuk melakukan sidak.

“Kita akan mengadakan sidak dan pembinaan sekaligus mencek ketersediaan kebutuhan serta mensosialisasikan kepada pedagang agar tidak mempermainkan harga,” ujarnya.

Sebelumnya Disdagri Tanah Bumbu juga melakukan operasi pasar di 10 kecamatan. Pada operasi pasar tersebut Disdagri menyediakan paket berisi minyak, gula, teh dan kopi senilai 75 ribu yang dijual 50 ribu kepada masyarakat.

“Paket normalnya 75 ribu lalu kita jual menjadi 50 ribu. Sasarannya warga terdampak Covid-19 yang sudah terdata oleh desa,” pungkasnya.

Reporter: Syahriadi
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

HUT Tanbu ke-17, DWP Bagikan Beras pada Tukang Becak di Kusan Hilir

Pemkab Tanah Bumbu

HUT Tanbu ke-17, DWP Bagikan Beras pada Tukang Becak di Kusan Hilir
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Bupati Tanbu Sampaikan Pendapat Akhir Raperda Inisiatif DPRD
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

BLT Dana Desa Tahap Pertama di Tanbu Rampung
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

KPU Tanbu Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Ribuan Umat Islam Ikuti Khataman Al-Qur’an Massal di Tanah Bumbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tanah Bumbu Diklaim Masih Aman Virus Corona
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Bupati Tanbu Keluarkan Surat Edaran Terkait Pelaksanaan Salat Idul Adha dan Kurban
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

MTQ XXXII Kotabaru, Tanbu Targetkan 5 Besar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com