Cerita Sukses Trader Forex Banjarmasin, Modal Rp 15 Juta Berangkatkan Umrah Keluarga 3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa?

Jelang Lebaran, Ketahui Cara Silaturahmi Lewat Dunia Digital

- Apahabar.com Senin, 18 Mei 2020 - 07:00 WIB

Jelang Lebaran, Ketahui Cara Silaturahmi Lewat Dunia Digital

Pilihan GiF bertema Lebaran di Instagram. Foto-Antara/Arindra Meodia

apahabar.com, JAKARTA – Lebaran tahun ini akan terasa berbeda karena masyarakat diharuskan untuk tetap berada di rumah mematuhi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Jika biasanya Lebaran menjadi momen untuk berkumpul dengan keluarga besar dan mengunjungi kerabat dan sahabat, tahun ini kebiasaan itu tidak bisa kita lakukan.

Meski begitu, Anda tidak akan kehilangan momen Lebaran dengan memanfaatkan teknologi. Sepekan menjelang Hari Raya Idulfitri 1441 H, ada baiknya untuk menyiapkan diri dan mengetahui cara bersilaturahmi lewat dunia digital.

Berikut sejumlah aplikasi dan layanan digital yang dirangkum dari Antara untuk dapat dimanfaatkan menjelang dan pada saat Hari Kemenangan tiba.

1. Aplikasi kartu ucapan Lebaran

Kartu Lebaran umumnya dikirimkan kepada relasi, teman dan sanak-saudara menjelang Lebaran. Pengiriman kartu lebaran melalui kantor pos biasanya mulai ramai dua pekan sebelum Lebaran. Pada saat PSBB seperti sekarang ini, Anda dapat memanfaatkan kartu lebaran digital.

Anda mendesain sendiri kartu ucapan Lebaran dengan beberapa aplikasi. Anda dapat menggunakan kata kunci “Lebaran” untuk mencari aplikasi-aplikasi tersebut di Play Store. Dari pantauan, setidaknya ada empat aplikasi Kartu Ucapan Lebaran.

Aplikasi-aplikasi tersebut umumnya menghadirkan template ucapan Lebaran, dengan frame berhiaskan gambar masjid, beduk dan ketupat. Anda dapat menyisipkan foto dalam kartu tersebut, dan menghiasnya dengan teks serta ikon yang telah tersedia.

Aplikasi kartu ucapan Lebaran ini bisa jadi alternatif kartu ucapan Lebaran yang biasa dikirim secara konvensional. Kartu ucapan Lebaran ini cocok dikirimkan lewat Facebook, Twitter, WhatsApp atau Twitter.

2. Stiker/GIF

Jika kartu ucapan Lebaran dirasa kaku, Anda bisa menggunakan cara lainnya untuk bersilaturahmi adalah saling berkirim stiker maupun GIF di aplikasi pesan instan atau di media sosial.

Salah satunya, lewat Instagram, Anda dapat memanfaatkan GIF yang tersedia. Tinggal ambil atau pilih foto atau video yang diinginkan, kemudian klik ikon GIF. Setelah itu, ketik “lebaran” atau “Idul Fitri” pada kolom pencarian, untuk mendapatkan GIF dengan tema tersebut.

Selanjutnya, Anda dapat mengunggahnya di Instagram untuk konten Stories dengan menyertakan akun teman-teman Anda. Atau, Anda menyimpannya untuk kemudian dibagikan pada obrolan grup dalam platform instan atau dikirim secara personal.

Selan itu, Anda dapat memanfaatkan stiker di WhatsApp untuk bersilaturahmi. Jika stiker di WhatsApp dirasa kurang bertema Lebaran, Anda dapat mengunduh aplikasi stiker khusus bertema Lebaran di Play Store.

Ada aplikasi “Stiker Lebaran Idul Fitri 2020” yang dikembangkan oleh Molehoy. Ada pula aplikasi “Stiker Puasa, Lebaran dan Muslimah” yang dikembangkan oleh Jaya Perkasa Abadi.

3. Panggilan video

Tidak ada yang menggantikan pengalaman bersilaturahmi secara tatap muka. Meski saat ini tidak dapat dilakukan secara langsung, Anda dapat melakukannya secara virtual dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi dan layanan dari perusahaan teknologi.

Sejumlah perusahaan raksasa mengembangkan layanan konferensi videonya selama pandemi melihat peningkatan penggunaan yang signifikan karena orang-orang harus berada di rumah guna memutus rantai penyebaran virus corona, yang tentunya dapat dimanfaatkan saat Lebaran.

Aplikasi pertama yang menjadi rekomendasi adalah WhatsApp, karena mudah digunakan dan relatif semua orang memiliki aplikasi tersebut. Facebook telah memperbarui jumlah peserta WhatsApp yakni 8 orang, sehingga dapat digunakan untuk bersilaturahmi dengan keluarga.

Jika Anda ingin bersilaturahmi dengan keluarga besar, maka Google Duo bisa menjadi alternatif. Google bulan lalu bahkan telah meningkatkan jumlah orang yang dapat terlibat dalam panggilan videonya dari delapan menjadi 12 orang.

Hal lain yang menjadi nilai tambah untuk Duo, tidak perlu mendaftar untuk menggunakannya, karena sebagian besar pengguna ponsel Android memiliki akun Google, dan aplikasi Duo biasanya juga terinstal pada perangkat Android, sehingga tidak perlu repot untuk mengunduh.

Namun, jika Anda ingin bersilaturahmi dengan lebih banyak orang sekaligus,misalnya teman sekelas atau rekan kerja satu divisi, Anda dapat menggunakan Messenger Rooms milik Facebook, memungkinkan Anda membuat ruang untuk menyelenggarakan panggilan video gratis yang dapat menampung hingga 50 orang tanpa batas waktu.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi konferensi video Zoom, namun perlu diingat bahwa batas untuk panggilan grup hanya 40 menit. Untuk membuat ruang percakapan di Zoom cukup mudah, Anda dapat mengunduh aplikasi Zoom, daftar masuk, kemudian pada fitur Meetings Anda dapat dengan mudah mengirimkan undangan dan memulai pertemuan.

Baru-baru ini, platform pesan instan LINE menambah kapasitas peserta panggilan video hingga 200 orang.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Berlibur ke Penang, Jangan Lewatkan 4 Destinasi Ini
apahabar.com

Gaya

IG Hilang, Kekeyi Bingung Kerja Apa
apahabar.com

Gaya

Masak Mudah dengan Rice Cooker, Berikut 5 Resepnya
apahabar.com

Gaya

TikTok Perbarui Kebijakan untuk Perangi Hoaks
apahabar.com

Gaya

Peringati Hari Jantung Sedunia, Halodoc Gratiskan Konsultasi Kesehatan
apahabar.com

Gaya

85 Warga Asing Positif HIV/AIDS
apahabar.com

Gaya

Begini Akibatnya Jika Presiden Brasil Posting Video Cabul di Twitter
apahabar.com

Gaya

Made Wardana Bawa Budaya Bali ke Eropa Selama 22 Tahun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com