Hitungan Hari, Kasus Covid-19 di Banjarmasin Diprediksi Tembus 300 Kasus PSBB Berakhir Esok, Banjarbaru Siap Menuju ‘New Normal’ via PKM Banjarmasin ‘New Normal’: Wali Kota Tunggu Pusat , Pakar Tak Sepakat Puncak Covid-19 di Kalsel, Jutaan Warga Diprediksi Terjangkit Tambah Satu Lagi, Balita di Kotabaru Positif Covid-19




Home Kalteng

Jumat, 22 Mei 2020 - 12:56 WIB

Jelang Lebaran, Perbatasan Kalteng-Kalsel Diperketat

Rizky p - Apahabar.com

Suasana jalan protokol di kota Tamiang Layang, ibu kota Kabupaten Barito Timur. Foto: Kompasiana

Suasana jalan protokol di kota Tamiang Layang, ibu kota Kabupaten Barito Timur. Foto: Kompasiana

apahabar.com, TAMIANGLAYANG – Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas menginstruksikan pengetatan pengawasan terhadap orang yang ke luar dan masuk ke wilayah Kalimantan Tengah.

Khususnya, di Kelurahan Pasar Panas Kecamatan Benua Lima dan Desa Bentot Kecamatan Patangkep Tutui yang berbatasan dengan provinsi tetangga Kalimantan Selatan.

“Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran maupun penularan Covid-19 di wilayah Kalteng, terutamanya di Kabupaten Barito Timur. Sangat memungkinkan sekali terjadi ke luar masuk orang akan meningkat di saat libur panjang Idul Fitri 1441 Hijriah atau Lebaran tahun ini,” kata Ampera, Jumat (22/5).

Menurut orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Barito Timur itu, saat Lebaran ada istilah di masyarakat, yakni mudik. Hal ini perlu dilakukan antisipasi sesegera mungkin agar pencegahan bisa dimaksimalkan.

Selain posko pengawasan di Pasar Panas, Ampera juga meminta dilakukan pengetatan pengawasan di Posko Pengawasan Bentot di Kecamatan Patangkep Tutui. Dua posko ini mengawasi wilayah perbatasan dengan Kalsel.

Baca juga :  Jasad Tamu dari Jakarta di Kapuas Langsung Dimakamkan

Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalsel per 21 Mei 2020, diketahui ada 557 kasus dan terbanyak di Banjarmasin. Dari data tersebut, perlu dilakukan antisipasi pencegahan penyebarannya.

“Saat libur panjang seperti ini, banyak yang melakukan mudik atau pulang kampung. Ini perlu antisipasi pencegahan yang maksimal agar tidak ada lagi pertambahan warga Bartim terpapar Covid-19,” katanya.

Selain itu, dari hasil pelacakan diketahui bahwa satu pasien positif Covid-19 asal Kabupaten Barito Timur yang meninggal memiliki riwayat perjalanan dari Banjarmasin.

“Mudik tidak identik pada orang yang merayakan Lebaran saja, tetapi bisa juga warga lain yang memanfaatkan waktu libur panjang untuk kembali ke Bartim atau ke luar Bartim dan kembali lagi ke Bartim,” kata Ampera lagi.

Baca juga :  Apes, Pencuri Motor dan Poster Guru Sekumpul Kepergok CCTV

Ampera juga meminta warga disiplin menaati anjuran pemerintah yakni memakai masker saat ke luar rumah, rutin mencuci tangan, tidak berkumpul, melaksanakan pembatasan sosial dan fisik serta melaksanakan protokol kesehatan saat ke luar rumah.

“Disiplin melaksanakan anjuran pemerintah adalah kunci dari terhindar Covid-19,” kata Ampera.

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Barito Timur hingga 21 Mei 2020 menunjukkan sembilan kasus positif Covid-19. Ada tujuh orang sembuh, satu orang dalam perawatan dan satu orang meninggal dunia. Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) sudah nihil.

Diketahui juga ada tiga kecamatan terpapar Covid-19, yakni Kecamatan Dusun Tengah, Kecamatan Pematang Karau dan Kecamatan Benua Lima. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Kunjungi Kobar, Ini yang Dilakukan 24 Diplomat Kemenlu
Ketua DPRD Palangka Raya Terpilih Sebagai Ketum Adeksi

Kalteng

Ketua DPRD Palangka Raya Terpilih Sebagai Ketum Adeksi
apahabar.com

Kalteng

Hasil Survei Bagus, Nadalsyah Menanti Restu Golkar di Pilgub Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Polisi Selidiki Kasus Pekerja Tewas Kesetrum di Kabel Menara Sutet
apahabar.com

Kalteng

Sungai Bengaris Meluap, Puluhan Rumah Terendam
apahabar.com

Kalteng

Dinkes Kalteng Buka Layanan Call Center Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Temukan Satwa Langka, Warga Kalteng Bisa Lapor via Sidin Wali
DPRD Barut Pastikan PT SEP Tak Miliki Izin Gunakan Jalan Nasional

Kalteng

DPRD Barut Pastikan PT SEP Tak Miliki Izin Gunakan Jalan Nasional