2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan

Jokowi Minta Alat PCR Covid-19 Kemenristek Diproduksi Massal

- Apahabar.com Senin, 11 Mei 2020 - 13:38 WIB

Jokowi Minta Alat PCR Covid-19 Kemenristek Diproduksi Massal

Ilustrasi - Laboratorium pengujian Covid-19. Foto-Headline.co.id

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional telah berhasil mengembangkan sejumlah alat penting pemeriksaan virus corona, seperti PCR test kit, non-PCR diagnostic test, ventilator, serta mobile laboratorium biosafety level 2 (mobile BSL2).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menginstruksikan agar hasil riset dan inovasi tersebut bisa segera diproduksi secara massal. Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas percepatan penanganan pandemi covid 19 di Istana Merdeka, Senin (11/05).

“Saya juga menerima laporan dari Kementerian Ristek dan BRIN yang telah berhasil mengembangkan PCR test kit, non PCR diagnostic test, dan juga ventilator, serta mobile BSL 2. Saya minta inovasi-inovasi yang telah dilakukan ini mulai kita bisa produksi secara massal,” ucapnya seperti dilansir dari Republika.co.id.

Dengan produksi massal inovasi dalam negeri itu, ia pun berharap Indonesia tak lagi bergantung pada produk-produk impor dari negara lain. Jokowi menargetkan, alat-alat tersebut dapat diproduksi secara massal pada akhir Mei atau Juni.

“Kita harapkan nanti paling tidak akhir Mei atau awal Juni ini sudah bisa kita produksi,” kata dia.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan terdapat kemajuan yang cukup siginifikan dalam pengujian plasma yang rencananya akan dilakukan uji klinis berskala besar di beberapa rumah sakit.

“Rencananya ini akan dilakukan uji klinis berskala besar di beberapa rumah sakit dan juga stem sel untuk menggantikan jaringan paru yang rusak,” tambah Jokowi.

Lebih lanjut, kemajuan signifikan juga terjadi pada penelitian genome sequencing. Ini merupakan tahapan penting dalam pemeriksaan virus corona untuk menemukan vaksin yang sesuai dengan kondisi Indonesia.

Kepala Negara pun menginstruksikan agar seluruh hasil riset dan inovasi tersebut mendapat dukungan penuh pemerintah dan berbagai pihak.

“Saya minta tadi seluruh hasil riset dan inovasi didukung penuh. Proses-proses perizinannya dilakukan cepat dan dan juga disambungkan dengan industri, baik itu BUMN maupun swasta,” ucap dia.(Rep)

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Buntut Pernikahan Sedarah, Ansar Bakalan Diusir dari Bulukumba
apahabar.com

Nasional

Polisi: Delapan Tersangka Perusak Musala Griya Agape Warga Luar
apahabar.com

Nasional

BMKG Masih Bingung Asal Suara Misterius di Langit Pantura Jateng
apahabar.com

Nasional

Berkah Haul Guru Sekumpul, Pertalite pun Digratiskan
apahabar.com

Nasional

Diduga Bunuh Diri, Anggota Polisi Tewas Luka Tembak di Kepala
apahabar.com

Nasional

52 Warga Ponorogo Hijrah ke Malang, Ini Jawaban Gus Romli
apahabar.com

Nasional

Tak Ada Reshuffle, Kabinet Indonesia Maju Fokus Kerja
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Masyarakat Semakin Khawatir Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com