Waspada, Potensi Hujan Disertai Angin Kencang Ancam 9 Wilayah Kalsel Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans

Kabar Gembira! Bantuan Tunai di Banjarmasin Cair Hari Ini

- Apahabar.com     Senin, 11 Mei 2020 - 12:49 WITA

Kabar Gembira! Bantuan Tunai di Banjarmasin Cair Hari Ini

Warga Banjarmasin yang termasuk dalam program Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 15.789 KK mulai menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp600.000 dari Kemensos RI, Senin (11/5). Foto-apahabar.com/Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp600.000 dari Kementerian Sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau keluarga prasejahtera Kota Banjarmasin mulai dicairkan hari ini, Senin (11/5).

Dikatakan Kepala Dinas Sosial Banjarmasin, Iwan Ristianto, bantuan ini diperuntukkan kepada warga yang sudah terdata pada Basis Data Terpadu (BDT) Kemensos RI berjumlah 15.789 Kepala Keluarga (KK) .

Mereka adalah KK yang sudah terdata dan diperbaharui datanya terakhir di Januari 2020, dan belum sama sekali mendapatkan bantuan karena tidak termasuk pada program bantuan apapun.

“Mereka ini tidak termasuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH), tidak ada dalam program bantuan manapun, hanya mendapatkan pembayaran jaminan kesehatan BPJS yang dibayarkan oleh APBN,” terang Iwan kepada awak media di sela penyaluran bantuan oleh pihak Kantor Pos.

Maka itu, diterangkan Iwan, pemerintah pusat menggelontorkan bantuan kepada mereka karena dampak Covid-19. Bantuan tersebut akan terus cair selama tiga bulan, yakni berakhir pada Juni 2020.

“Mereka tidak mendapatkan sembako dan program lainnya, makanya pemerintah pusat mencairkan dana untuk membantu mereka,” ujar Iwan.

Dinas Sosial menurut Iwan kemudian mencoba mencocokan data bagi penerima BST ini agar tepat sasaran.

“Kami di sini mencocokkan data bersama Kantor Pos. Karena kami menerima data dari Kemensos, sedangkan Kantor Pos diberikan data secara bertahap. Jadi, tahap pertama ini datanya ada 7000, tugas kami menyinkronkan data, sama apa tidak dengan data yang diterima Kantor pos,” tandasnya.

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

DPRD Banjarbaru Tuntaskan Pekerjaan, Tak Ada PR Untuk Dewan Baru

Kalsel

2 Pedagang Miras Digulung Polsek Martapura Barat
apahabar.com

Kalsel

Raih Adipura, Banjarmasin Masih Dikepung Sampah
PDAM

Banjarmasin

Siap-Siap! PDAM Bandarmasih Setop 6 Jam Distribusi Air, Ketahui Wilayah Terdampaknya
Kera

Kalsel

Kera Masuk Pemukiman, Bocah 6 Tahun di Kabupaten Banjar Jadi Korban
apahabar.com

Kalsel

Manfaat JKN-KIS, Dokter Aminah: Paling Terasa untuk Pasien Kronis
apahabar.com

Kalsel

Setop Aktivitas Peti di Cagar Budaya Benteng Madang HSS, Masyarakat Harus Ikut Terlibat
apahabar.com

Kalsel

Panitia Kurban Masjid Sultan Suriansyah Bergerak Salurkan Daging
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com