BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Kalsel Tambah 34 Kasus, Positif Covid-19 di Tala Melonjak Drastis

- Apahabar.com Senin, 18 Mei 2020 - 18:57 WIB

Kalsel Tambah 34 Kasus, Positif Covid-19 di Tala Melonjak Drastis

Update Covid-19 di Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kasus positif Covid-19 di Kalimantan Selatan kembali bergerak naik. Sore ini, Senin (18/5) ada 34 penderita baru. Jadi total positif virus ini di Kalsel jadi 438 kasus.

Jika dilihat dari data yang diinformasikan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kalsel hari ini, Tanah Laut menyusul Banjarmasin menjadi wilayah pengidap terbanyak dengan menambah 17 kasus baru.

Di bawahnya, ada 13 kasus dari Banjarmasin, 3 kasus dari Kotabaru dan 1 kasus dari barito Kuala. Dari 438 kasus, 320 pasien menjalani perawatan di rumah sakit dan karantina secara khusus, baik karantina yang disediakan pemprov maupun kabupaten/kota.

Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) dilaporkan berkurang 6 orang, ini terdiri dari 2 ODP baru dan 6 orang lainnya yang selesai masa pemantauan. Kemudian, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) disebutkan berkurang 1 orang, namun ini terdinamika oleh 6 PDP baru dan berkurang 7 PDP lainnya.

Tidak terdata kasus sembuh pada hari ini, namun GTPP melaporkan 4 kasus kematian yang berasal dari Banjarmasin.

Menurut Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H M Ansari Saleh, dr Izaak Zoelkarnaen Akbar, dilihat dari data kasus kematian, rata-rata pasien meninggal adalah berkisar 2-5 persen saja. Sehingga apabila diakumulasikan dengan data pasien terkonfirmasi positif ataupun yang tidak ada gejala, maka bisa mencapai 800 sampai 2 ribu kasus lagi.

“Kalau sekarang ditemukan (sekitar) 400, berarti ada sekitar 1.500 lagi yang harus kita cari. Dan itu ada di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima apahabar.com.

Untuk itu, GTPP Covid-19 Kalsel menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi aturan pemerintah dengan tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Serta menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, lebih sering mencuci tangan, serta menghindari kerumunan.

“Sebisa-bisanya semuanya dikerjakan secara mandiri di rumah,” pungkasnya

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Geger Mayat di Landasan Ulin, Diduga Pensiunan TNI
apahabar.com

Kalsel

Kreatif, Pengrajin di Kotabaru Sulap Limbah Ulin Jadi Barang Berharga
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran Hebat di Lok Besar, Pabrik Penggiling Padi Ludes Dilalap Api
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 12 September: 9.249 Positif, 7.340 Sembuh
Nelayan Tanbu

Kalsel

Nelayan Tanbu Kekurangan Solar, PP Batulicin Ungkap Fakta
apahabar.com

Kalsel

Idul Fitri 1441 H, Ribuan Napi di Banjarmasin Diusulkan Terima Remisi
apahabar.com

Kalsel

Ringankan Beban Masyarakat, Yayasan Haji Maming Gelar Sunatan Massal Gratis
apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Tinggal Satu Zona Merah, H. Hermansyah: Berkat Usaha Kita Bersama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com