Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Cerita Sukses Trader Forex Banjarmasin, Modal Rp 15 Juta Berangkatkan Umrah Keluarga 3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa?

Kecemasan Terhadap Pandemi Mereda, Rupiah Ditutup Menguat

- Apahabar.com Rabu, 27 Mei 2020 - 19:36 WIB

Kecemasan Terhadap Pandemi Mereda, Rupiah Ditutup Menguat

Ilustrasi dolar AS dan rupiah. Foto-Katadata/Maulana Ibrahim

apahabar.com, JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (27/05) sore, menguat seiring meredanya kecemasan terhadap pandemi Covid-19.

Rupiah ditutup menguat 45 poin atau 0,31 persen menjadi Rp14.710 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.755 per dolar AS.

Analis Central Capital Futures Wahyu Laksono, mengatakan meredanya kecemasan terkait pandemi Covid-19 yang ditandai dengan berkurangnya angka penyebaran, kematian, dan meningkatnya kesembuhan, serta utamanya dipicu oleh harapan atas dibukanya ekonomi dari lockdown di banyak negara, membuat dolar AS terkoreksi terhadap banyak mata uang global.

“Wajar jika rupiah rebound, sehingga rupiah kembali konsolidasi di Rp14.700 beberapa hari ini,” ujar Wahyu di Jakarta, Rabu.

Terkait dengan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Wahyu menilai kebijakan tersebut terbilang moderat dan lebih bersifat luck policy.

“Maksudnya, mengharapkan keberuntungan agar tingkat severity Covid-19 tidak terjadi seperti di Italia, AS, Spanyol, dan China. Dan alhamdulillah itu memang tidak terjadi walau perilaku masyarakat sangat potensial terancam. PSBB masih longgar pada kenyataannya,” kata Wahyu.

Sementara itu, isu normal baru (new normal) hanya mempertegas luck policy tersebut dan kebijakan moderat itu dinilai lumayan tepat.

“PSBB seperti ujicoba, dan tidak mau ambil extreme policy (lockdown). Dan ketika berhasil, so far, maka isu new normal dimunculkan bahwa secara ekonomi kita bisa berdampingan dengan isu Covid-19,” ujar Wahyu.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp14.750 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.710 per dolar AS hingga Rp14.780 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.761 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.774 per dolar AS.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Warga Keluhkan Gas Elpiji 3 Kg Langka di Banjarmasin, Dewan Siap Turun Tangan

Ekbis

Coca-Cola Setop Produksi 200 Merek Minuman
apahabar.com

Ekbis

Arus Balik Libur Natal, Konsumsi Pertamax dan Pertamina Dex Meningkat
apahabar.com

Ekbis

Pertamina Selesaikan Pengeboran Fase 4 di Blok Algeria
apahabar.com

Ekbis

Tahun Ini, Kelompok Usaha di Kaltara Kecipratan Rp 2,3 M
apahabar.com

Ekbis

Baca! Daftar Bank yang Pangkas Bunga Kartu Kredit
apahabar.com

Ekbis

Ingat! Terhitung Hari Ini Bagasi Lion Tak Lagi Gratis
apahabar.com

Ekbis

Dear Warga Banjarmasin, LinkAja Syariah Hadirkan Ragam Solusi Bertransaksi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com