Cerita Sukses Trader Forex Banjarmasin, Modal Rp 15 Juta Berangkatkan Umrah Keluarga 3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa?

Kenali 11 Hal yang Membatalkan Puasa

- Apahabar.com Minggu, 17 Mei 2020 - 05:30 WIB

Kenali 11 Hal yang Membatalkan Puasa

Ilustrasi puasa. Foto-Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Sejumlah hal yang membatalkan puasa telah tercatat dalam tulisan atau keterangan ulama. Hal ini berdasarkan Alquran, sunnah, dan kitab-kitab fikih ulama.

Prof Nasaruddin Umar dalam keterangannya seperti dilansir dari khazanah.republika.co.id, memaparkan tentang hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Di antaranya yaitu, makan, minum, berhubungan suami-istri (alwatha’) saat waktu puasa. Kemudian, menyuntikkan nutrisi ke dalam tubuh untuk menghilangkan rasa lapar dan/atau dahaga, keluarnya darah haid/menstruasi bagi perempuan.

Berikutnya adalah melakukan masturbasi yang menyebabkan keluarnya mani, memasukkan air ke dalam kerongkongan untuk menyegarkan diri dari rasa haus (bukan berkumur-kumur saat wudhu atau bersikat gigi).

Selanjutnya adalah, tetap makan, minum, atau berhubungan suami-istri dengan asumsi subjektif bahwa fajar belum terbit, padahal ada yang meyakinkannya kalau fajar sudah terbit; pun dia sendiri mampu membuktikannya dengan berusaha menyaksikan fajar sudah terbit.

Kemudian, muntah yang disengaja, menyengajakan tidur setelah bangun sekali dan belum mandi junub sehingga dia (orang yang junub itu) bangun lagi setelah fajar terbit. Selanjutnya, memasukkan ke dalam mulut sesuatu yang bisa memberikan kepuasan tersendiri, seperti bubuk tepung yang tebal, dan/atau asap rokok.

“Jika salah satu dari ke-11 hal itu dilakukan, puasa yang dilakukan seseorang bisa dinyatakan batal,” kata Prof Nazaruddin Umar.(Rep)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Sirah Nabawi (1): Nasab dan Keluarga Rasulullah SAW
apahabar.com

Sirah

Habib Luar Batang, Sosoknya Masyhur Seantero Nusantara
apahabar.com

Religi

Kesultanan Samudra Pasai Sebarkan Islam Lebih Dulu dari Turki Utsmani
apahabar.com

Religi

Rasulullah SAW Tak Hanya Mencintai Umatnya yang Taat, Simak Penjelasan Syekh Muhammad Yusuf Al-Kandahlawy
apahabar.com

Religi

Kisah Cucu Rasulullah yang Marah karena Dipuji
apahabar.com

Religi

Ikatan Sayidina Umar bin Khattab dengan Keluarga Rasulullah SAW
apahabar.com

Sirah

Kisah Singkat Datu Dulung; Ketika ‘Si Macan Terbang’ Melawan Belanda
apahabar.com

Sirah

Kisah Juraij dan Terkabulnya Doa Jelek Orangtuanya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com