Tambah 103 Kasus, Semua Kelurahan di Banjarmasin Kini Zona Merah! Kalsel Jadi Atensi Presiden, Cuncung Minta GTPP Proaktif Eks Pacar Bidan Pembunuh Anak di Barito Utara Diperiksa Banjarmasin Buka Rumah Ibadah, Kemenag: Wajib Kantongi Suket Kalsel Diatensi Presiden, Warga Banjarbaru Sabar Dulu




Home Sirah

Minggu, 17 Mei 2020 - 05:30 WIB

Kenali 11 Hal yang Membatalkan Puasa

rifad - Apahabar.com

Ilustrasi puasa. Foto-Shutterstock

Ilustrasi puasa. Foto-Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Sejumlah hal yang membatalkan puasa telah tercatat dalam tulisan atau keterangan ulama. Hal ini berdasarkan Alquran, sunnah, dan kitab-kitab fikih ulama.

Prof Nasaruddin Umar dalam keterangannya seperti dilansir dari khazanah.republika.co.id, memaparkan tentang hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Di antaranya yaitu, makan, minum, berhubungan suami-istri (alwatha’) saat waktu puasa. Kemudian, menyuntikkan nutrisi ke dalam tubuh untuk menghilangkan rasa lapar dan/atau dahaga, keluarnya darah haid/menstruasi bagi perempuan.

Baca juga :  Pendulang Emas Terkejut Mendengar Penjelasan Guru Ramli Terkait Lokasi Galian

Berikutnya adalah melakukan masturbasi yang menyebabkan keluarnya mani, memasukkan air ke dalam kerongkongan untuk menyegarkan diri dari rasa haus (bukan berkumur-kumur saat wudhu atau bersikat gigi).

Selanjutnya adalah, tetap makan, minum, atau berhubungan suami-istri dengan asumsi subjektif bahwa fajar belum terbit, padahal ada yang meyakinkannya kalau fajar sudah terbit; pun dia sendiri mampu membuktikannya dengan berusaha menyaksikan fajar sudah terbit.

Baca juga :  Berikut 7 Golongan yang Akan Mendapat Payung di Padang Mahsyar

Kemudian, muntah yang disengaja, menyengajakan tidur setelah bangun sekali dan belum mandi junub sehingga dia (orang yang junub itu) bangun lagi setelah fajar terbit. Selanjutnya, memasukkan ke dalam mulut sesuatu yang bisa memberikan kepuasan tersendiri, seperti bubuk tepung yang tebal, dan/atau asap rokok.

“Jika salah satu dari ke-11 hal itu dilakukan, puasa yang dilakukan seseorang bisa dinyatakan batal,” kata Prof Nazaruddin Umar.(Rep)

Editor: Aprianoor

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sirah

Karomah Datu Amin, Tak Terlihat Saat Hendak Dibunuh
apahabar.com

Religi

Mengintip Rambut Rasulullah SAW dari Berbagai Hadis
apahabar.com

Sirah

Tuan Guru Husin Ali dan Kebiasaannya Membasuh Uang
apahabar.com

Sirah

Habib Luar Batang, Sosoknya Masyhur Seantero Nusantara
apahabar.com

Sirah

Sikap Berhemat, Ini Anjurannya dalam Islam
apahabar.com

Sirah

Sebab Abu Thalhah Disegani Rasulullah
apahabar.com

Sirah

Tidak Mudah Menjadi Pendakwah di Zaman Dulu, Tunji Abbas Mengalaminya
apahabar.com

Religi

Awal Mula Persahabatan Datu Kelampayan dan Datu Sanggul yang Melegenda