Kena Tipu Oknum ASN, Belasan Tukang Sapu Geruduk Pemkot Banjarmasin Temui Pacar, Begal Sadis di Gunung Kayangan Pelaihari Ditembak Petugas Begal Sadis di Gunung Kayangan Ditembak Sebelum Beraksi di Bali Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD

Ketimbang Putar Balik, Kapolda Kalsel Ingatkan Tak Mudik

- Apahabar.com Selasa, 26 Mei 2020 - 12:21 WIB

Ketimbang Putar Balik, Kapolda Kalsel Ingatkan Tak Mudik

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta. Foto: Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Masyarakat diminta tak mudik dan mematuhi aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) saat libur Lebaran 2020 karena pandemi Covid-19.

“Biasanya dalam beberapa hari setelah Lebaran masih banyak masyarakat yang mudik lokal dengan berkunjung ke rumah sanak saudara, namun saat pandemi Covid-19 ini sebaiknya ditunda dulu, apalagi ada PSBB,” kata Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Nico Afinta, Selasa (26/5).

Menurut dia untuk sementara silaturahmi bisa melalui sambungan telepon. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, masyarakat tetap bisa berinteraksi secara virtual seperti video call dan sebagainya.

“Mohon dimengerti kondisi saat ini benar-benar tak memungkinkan untuk kita saling bertemu. Kita tidak tahu siapa yang terpapar dan tidak. Jadi mencegah penyebaran adalah upaya terbaik demi memurus mata rantai virus mematikan ini,” katanya.

Diakuinya bahwa selama momen musim libur Lebaran cukup banyak masyarakat yang tetap nekat ingin mengunjungi keluarganya di luar kota untuk bersilaturahmi.

Namun, ketika melintasi pos PSBB, dengan terpaksa petugas meminta kendaraan mereka untuk putar balik.

“Harap maklum, kami petugas hanya melaksanakan apa yang sudah ditetapkan dan disepakati bersama melalui penerapan PSBB. Jadi mohon pengertian masyarakat, tolong dipatuhi demi kebaikan bersama,” katanya.

Upaya mencegah masyarakat mudik, termasuk mudik lokal di momen Lebaran menjadi bagian dari Operasi Ketupat Intan 2020 yang akan berlangsung hingga 31 Mei mendatang.

Pihaknya melakukan penyekatan di beberapa titik agar masyarakat mematuhi anjuran pemerintah demi mencegah penyebaran Covid-19 semakin tidak terkendali.

Sedangkan untuk PSBB sendiri, ada empat daerah di Kalimantan Selatan yang memberlakukannya. Yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Barito Kuala. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Setelah Tutup 6 Bulan, Taman Rekreasi dan Edukasi Amanah Borneo Park Buka
apahabar.com

Borneo

Baayun Maulid di Banua Halat Diikuti Hampir 5 Ribu Peserta
apahabar.com

Kalsel

Hatam 2019, Walhi Kalsel Desak Bentuk Komisi Khusus Kejahatan Tambang
apahabar.com

Kalsel

Jokowi Datang, Jadwal SKD CPNS Berubah
apahabar.com

Kalsel

35 Anggota DPRD Tala Dilantik, Berikut Daftar Namanya
apahabar.com

Kalsel

Gandeng Gojek, Polda Kalsel Gelar Kegiatan Safety Riding
apahabar.com

Kalsel

Pemkab HST Terima Penghargaan WTP
Kepala BPN Tanah Bumbu Alergi dengan Wartawan dan LSM

Kalsel

Kepala BPN Tanah Bumbu Alergi dengan Wartawan dan LSM
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com