Kalsel Tidak Izinkan Tenaga Kerja Asing Masuk Berhasil ke Antariksa, Miliarder Dunia Jeff Bezos Disebut Titisan Alien Demang Lehman Sosok Panglima Perang Banjar, Penelusuran Misteri Kematian dan Makamnya Hari Ini, Belasan Pasien Covid-19 Tanah Bumbu Sembuh! Khawatir Ada Korban, Warga Kotabaru Ramai-Ramai Tangkap Buaya Liar

Kluster Pasar Banjarmasin Sumbang 80 Persen Kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar

- Apahabar.com     Rabu, 20 Mei 2020 - 21:40 WITA

Kluster Pasar Banjarmasin Sumbang 80 Persen Kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar

Petugas medis tengah memegang alat swab test. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Jumlah kasus positif corona atau Covid-19 di Kabupaten Banjar didominasi dari kluster Pasar di Banjarmasin.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Banjar, dr Diauddin, Rabu (20/5). Dokter Dia, sapaan akrabnya memperkirakan, dari total jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar, ada 80 persen dari kluster Pasar Banjarmasin.

Ia mengungkapkan, daerah kecamatan yang paling banyak menyumbang adalah Kecamatan Kertak Hanyar, yang berbatasan langsung dengan Kota Banjarmasin.

apahabar.com

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Banjar, dr Diauddin. Foto-Istimewa

“Sekitar 80 persen dari kluster pasar di Banjarmasin. Karena memang warga yang terpapar di Kertak Hanyar rata-rata terpapar dari Banjarmasin, dan banyak yang punya usaha di pasar,” ujar Dokter Dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, di luar dari kluster pasar Banjarmasin hanya ada beberapa, termasuk dari kluster Gowa yang jumlahnya hanya tiga orang. “Kluster Gowa cuma tiga orang, sisanya berasal (perjalanan) dari Jakarta, Jogja, Bali, dan dari Banjarbaru juga satu. Namun ada satu orang yang belum diketahui (dari mana terjangkitnya), karena dia banyak berinteraksi dengan banyak orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes Banjar) ini.

Dokter Dia menegaskan, ini lah pentingnya physical distancing dan berpola hidup bersih. “Tinggal lagi kesadaran masyarakat akan kesehatan dirinya sendiri agar tidak terpapar Covid-19,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar per 20 Mei 2020 bertambah 3 kasus dari hari sebelumnya, dari 41 menjadi 44  kasus. Kabar baiknya hari ini satu orang dinyatakan sembuh.

Dari 44 kasus tersebut, 31 orang masih dalam perawatan, 8 orang dinyatakan sembuh, dan 5 orang meninggal dunia. Selain itu, ada 14 pasien dalam pengawasan (PDP), dan 90 orang dalam pemantauan (ODP).

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dapat Sembako dari Dit Intelkam Polda Kalsel, Nenek Nuriyah Terima dengan Haru

Kalsel

Plafon Bandara Syamsudin Noor Ambyar Lagi! Simak Penjelasan Angkasa Pura
apahabar.com

Kalsel

Kabar Gembira, PDAM Batola Menggratiskan Tagihan Rekening Air
Puting Beliung

Kalsel

Puting Beliung Berlalu, Desa Raya Belanti Tapin Kini Kebanjiran
Nenek Tenggelam

Kalsel

Viral, Nenek Tenggelam di Mekar Sari Banjar Diduga Hendak Tolong Cucu
Tak Pakai Masker

Kalsel

Duh, Masih Ada yang Tak Pakai Masker di Pasar Tabalong
apahabar.com

Kalsel

Jejak Pelarian Pembunuh Kakak Ipar di Pemurus Banjarmasin: Sempat Bimbang Melarikan Diri
Gantung Diri

Kalsel

Geger! Pria di Binuang Tapin Ditemukan Tewas Gantung Diri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com