Somasi Tim BirinMu ke Uhaib, Komnas HAM hingga H2D Pasang Badan Hujan Lebat, Desa Hawang HST Banjir Lagi POPULER SEPEKAN: Kasus Pembunuhan Istri di Kapuas hingga ABK Tenggelam di Tanah Laut Warga Banjarmasin Terpesona Menikmati Pantai Teluk Tamiang Kotabaru Duh! Anggaran Pembinaan Atlet Banjarmasin Tertunggak 6 Bulan

Kontak Erat Pasien Covid-19, GTPP Tapin Swab 41 Orang

- Apahabar.com Rabu, 27 Mei 2020 - 18:43 WIB

Kontak Erat Pasien Covid-19, GTPP Tapin Swab 41 Orang

Pengambilan sampel swab di SKB Dinas Pendidikan, Rabu (27/05). Foto-apahabar.com/Muhammad Fauzi Fadilah

apahabar.com, RANTAU – Sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tapin, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 setempat mengambil 41 sampel swab dari 5 kelompok pasien pada Rabu (27/05).

Kepala Dinas Kesehatan Tapin, Alfian Yusuf menjelaskan bahwa 5 kelompok itu, yang pertama dari kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif dari RTU-40 warga Kelurahan Bitahan, Kecamatan Lokpaikat.

Kedua, kontak erat dengan kasus baru hari ini dari kontak erat dengan RTU-41 warga Desa Sungai Rutas, Kecamatan Candi Laras Selatan.

Berikutnya yang ketiga adalah mereka yang bertugas sebagai pegawai tidak tetap (PTT) menjelang akhir Ramadan lalu di pulangkan setelah melaksanakan tugas di RS Ulin Banjarmasin.

“Keempat adalah anggota GTPP Covid-19 Tapin di antaranya tenaga kesehatan, TNI, Polri dan mereka yang bekerja di lapangan. Kelima adalah VIP karena permintaan, sekarang kan kalau mau ke Jakarta harus ada pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) negatif,” jelas Alfian, Rabu (27/05) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dinas Pendidikan.

“Hari ini total berjumlah 41 orang diambil sampel swab,” tambah Alfian kepada awak media.

Lebih lanjut dikatakannya, hasil sampel swab itu akan keluar sekitar 10 hari ke depan, hal itu dikarenakan banyaknya antre dari berbagai wilayah untuk pemeriksaan sampel di Balai Besar Teknik Kesehatan dan Lingkungan (BBTKL) Banjarbaru.

“Kemaren saya tanyakan ke BBTKL Banjarbaru sampel swab kita berada di posisi antrean 2.700, sehingga sekarang itu mungkin 7 hari lebih, bisa 10 hari baru hasilnya bisa keluar,” ujar Alfian.

Tindakan selanjutnya dari GTPP Covid-19 Tapin khusus kontak erat dengan RTU-40 dan RTU-41 tadi, akan di isolasi berkelompok di SKB Dinas Pendidikan di Jalan Jenderal Sudirman Bypass Rantau.

“Untuk yang kontak erat dari Sungai Rutas rencananya hari ini akan masuk ke SKB, sekitar 7 orang. Bitahan juga begitu, insyaallah sekitar 2 atau 3 orang lah,” kata Alfian.

Dijelaskan Alfian, untuk yang lainnya baik petugas GTPP Covid-19 Tapin dan PTT yang sebelumnya bertugas di Ulin Banjarmasin itu sebagai apresiasi dan antisipasi kepada mereka yang bekerja di lapangan, namun tetap melakukan isolasi mandiri selama menunggu hasil swab keluar.

“Kita juga akan isolasi mereka, jika mereka meminta untuk diisolasi berkelompok,” tandas Alfian.

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Imbas Naik 35 Persen, Peredaran Cukai Rokok Ilegal di Kalsel  Diprediksi Meningkat
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Tanbu: Sembuh 5, Positif 5
apahabar.com

Kalsel

Penjagal Bocah SD di Limpasu HST Pernah Bunuh Kakak Kandung!
apahabar.com

Kalsel

BMKG-Basarnas Tandatangani Kerjasama

Kalsel

Satu Lagi, ASN Sekretariat Daerah Kotabaru Positif Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Puluhan Personel dan ASN Polresta Banjarmasin Naik Pangkat
Covid-19

Kalsel

Bisa Bertambah, 54 Ribu Vaksin Covid-19 Akan Tiba di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Imbas Edaran Mendagri, Sasirangan Terancam Hilang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com