Agya Vs Scoopy di Stagen Kotabaru, Gadis 17 Tahun Patah Kaki Hari Ini, 22 Warga Kotabaru Positif Covid-19 Polisi Ungkap Kronologis Kecelakaan Maut di Cempaka yang Tewaskan 1 Pengendara Ratusan Gram Sabu Gagal Edar di Kukar, Polda Kaltim Ringkus 1 Pelaku Mulai Besok, Wisata Dadakan di Liang Anggang Ditutup!

Manfaat JKN-KIS, Dokter Aminah: Paling Terasa untuk Pasien Kronis

- Apahabar.com Minggu, 10 Mei 2020 - 10:07 WIB

Manfaat JKN-KIS, Dokter Aminah: Paling Terasa untuk Pasien Kronis

Narasumber dr Aminah. Foto Reza for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Dokter Aminah mendapatkan banyak masukan positif tentang Program Strategis Nasional untuk pasien-pasiennya.

Bekerjasama dengan PT. Askes (Persero) sejak era Jamsostek pada 2012 silam, Aminah telah melayani Pasien Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) hingga saat ini.

Dokter Praktek Perorangan (DPP) mitra BPJS Kesehatan ini telah banyak memberi manfaat. Mulai dari pelayanan kesehatan yang diberikan, kemudahan akses yang didapatkan.

Yang paling dominan dirasakan adalah penanganan untuk para penderita penyakit kronis.

Menurut Aminah, pelayanan Pasien Rujuk Balik (PRB) merupakan manfaat yang paling terasa dalam hadirnya program JKN-KIS.

PRB, terang Aminah, merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penderita penyakit kronis. Baik kondisi stabil atau masih memerlukan pengobatan dan asuhan keperawatan jangka panjang yang dilaksanakan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atas rekomendasi/rujukan dari Dokter Spesialis/Sub Spesialis yang merawat.

“Program ini sangat membantu pasien dengan penyakit kronis, karena si pasien tidak perlu antre lagi ke rumah sakit untuk mengambil obat bulanan, jadi cukup mengambil di apotek yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, hal ini bermanfaat sekali,” jelas Aminah.

Manfaat lain yang banyak dirasakan adalah Program Prolanis. Pasien Orolanis bisa rutin cek darah setiap bulannya, khusus untuk penderita Diabetes Melitus dan untuk cek kimia darah secara gratis setiap 6 bulan sekali.

Selain Prolanis, kata Aminah, ada lagi Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini mempermudah pasien untuk mengakses segala hal tentang kepesertaannya.

Di dalamnya terdapat pula fitur antrean online untuk pendaftaran peserta sebelum datang ke puskesmas maupun klinik.

“Saat ini juga sudah ada fitur chatting ke dokter, jadi memudahkan pasien konsultasi tanpa harus berkunjung ke FKTP,” jelas Aminah.

Melihat perkembangan program JKN-KIS yang luar biasa, Aminah berharap ke depannya pemeriksaan kimia darah dapat diperpendek menjadi 3 bulan sekali. Tujuannya supaya pemantauan pasien lebih mendalam atau indepth.

Khususnya di wilayah Hulu Sungai Tengah, Aminah berharap agar diperbanyak jumlah Apotek PRB sehingga akses untuk mendapatkan obat lebih mudah lagi.

“Masyarakat sudah banyak yang mengetahui namun belum memahami sepenuhnya. Untuk itu perlu diperbanyak sosialiasi ke masyarakat secara luas tentang manfaat JKN-KIS,” tutup Aminah.

Reporter HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pemkab HSS Kembali Laksanakan Safari Gerakan Salat Subuh Berjamaah
apahabar.com

Kalsel

Akreditasi PAUD Kabupaten Banjar Lebihi Target
apahabar.com

Kalsel

Wali Kota Banjarbaru Positif Covid-19, PMI Uji Terapi Plasma
apahabar.com

Kalsel

Berbeda dengan TKD Kalsel, BKD Pastikan Tak Nobar Cawapres 2019
apahabar.com

Kalsel

Sambut Musim Penghujan, BPBD Banjar Gelar Apel Gabungan

Kalsel

VIDEO: Tak Perpanjang Izin Usaha, Pedagang Minol Banjarmasin Kebanyakan Ilegal
apahabar.com

Kalsel

Mobil Mewah Ini Antar Kiai Ma’ruf ke “Banua Bertabligh” Malam Nanti
apahabar.com

Kalsel

BMKG: Waspada! Batulicin dan Kotabaru Diprakirakan Hujan Disertai Petir pada Pagi Hari
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com