Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Belum Dibuka untuk Umum

- Apahabar.com Minggu, 3 Mei 2020 - 06:15 WIB

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Belum Dibuka untuk Umum

Suasana kosong dari para jemaah di area sekitar Kakbah di dalam Masjidil Haram, Arab Saudi, Kamis (05/03). Foto-AFP/Abdel Ghani Bashir

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi telah membuka dua masjid suci yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Namun pembukaan ke dua masjid tersebut masih dilakukan secara terbatas atau belum terbuka untuk masyarakat umum.

“Sudah terlaksana tapi baru untuk para petugas di kedua Mesjid tersebut. Untuk orang lokal belum boleh,” kata Ketua Umum Syarikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi), Syam Resfiadi di Jakarta seperti dikutip dari Republika.co.id, Sabtu (02/05).

Meski demikian, Syam belum memberikan keterangan lebih jauh terkait konfirmasi pembukaan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Direktur Utama PT Patuna Mekar Jaya ini hanya menerangkan bahwa kedua masjid itu masih belum dibuka secara umum.

Sebelumnya, Kepala Presidensi Umum Dua Masjid Suci Syekh Abdul Rahman Al-Sudais memberikan kabar gembira kepada umat. Dia mengungkapkan bahwa akan ada saatnya umat Islam akan bisa kembali ke Masjidil Haram untuk tawaf dan sa’i.

“Segala sesuatu akan kembali, Insya Allah, sebagaimana adanya, karena negara ingin menciptakan lingkungan yang sehat,” kata Syekh Al-Sudais.

Kendati, dia tetap meminta umat untuk bersabar akan hal tersebut. Dia menyerukan masyarakat Muslim untuk beriman dan tidak terburu-buru membebaskan diri dari pembatasan yang diberlakukan untuk membendung penyebaran virus corona.

Sementara, sebagai langkah antisipatif Syekh Al-Sudais memantau pemasangan kamera termal di Masjidil Haram yang mendeteksi virus corona. Kamera, yang dapat secara akurat memindai suhu hingga 25 orang pada saat yang sama itu ditempatkan di pintu masuk halaman masjid.(Rep)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

MUI Kalsel Angkat Bicara Soal Kisruh Pernikahan Sedarah
apahabar.com

Habar

Menyimak Rapat Haul Guru Sekumpul, Perlu Sinergitas Seluruh Pihak dan Bebas Kepentingan Politik
apahabar.com

Habar

Kemenangan Joe Biden Diprediksi Akan Bawa Harapan Bagi Dunia Islam
apahabar.com

Habar

Pemkab Kotabaru Berangkatkan Ratusan Jemaah Haul ke Sekumpul
apahabar.com

Habar

Cerita Ustaz Hamdani Asal HST Sebelum Jadi Penceramah Kondang
apahabar.com

Habar

Wanita Cantik Ini Syukuri Banua Bersholawat Digelar di Banjarmasin
apahabar.com

Habar

Kuota Haji 2021 Dipangkas
Apahabar.com

Habar

Umrah Saat Pandemi, Presidensi Masjid Puji Kapatuhan Jemaah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com