Enam Tewas, Pencarian Korban di Tambang Emas Kotabaru Disetop Pasca-Penyerangan, Polsek Daha Selatan Siaga Satu  Kecanduan Parah, Oknum Petugas SAR Banjarmasin Lama Ditarget Dear Pekerja Informal Banjarmasin, Silakan Klaim Santunan Update Penyerangan Polsek Daha Selatan, Korban Selamat Diganjar Penghargaan




Home Habar

Minggu, 3 Mei 2020 - 06:15 WIB

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Belum Dibuka untuk Umum

rifad - Apahabar.com

Suasana kosong dari para jemaah di area sekitar Kakbah di dalam Masjidil Haram, Arab Saudi, Kamis (05/03). Foto-AFP/Abdel Ghani Bashir

Suasana kosong dari para jemaah di area sekitar Kakbah di dalam Masjidil Haram, Arab Saudi, Kamis (05/03). Foto-AFP/Abdel Ghani Bashir

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi telah membuka dua masjid suci yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Namun pembukaan ke dua masjid tersebut masih dilakukan secara terbatas atau belum terbuka untuk masyarakat umum.

“Sudah terlaksana tapi baru untuk para petugas di kedua Mesjid tersebut. Untuk orang lokal belum boleh,” kata Ketua Umum Syarikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi), Syam Resfiadi di Jakarta seperti dikutip dari Republika.co.id, Sabtu (02/05).

Meski demikian, Syam belum memberikan keterangan lebih jauh terkait konfirmasi pembukaan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Direktur Utama PT Patuna Mekar Jaya ini hanya menerangkan bahwa kedua masjid itu masih belum dibuka secara umum.

Baca juga :  Disidang karena Perluas Masjid Nabawi, Sayidina Umar Tunjukkan Bagaimana Jadi Pemimpin

Sebelumnya, Kepala Presidensi Umum Dua Masjid Suci Syekh Abdul Rahman Al-Sudais memberikan kabar gembira kepada umat. Dia mengungkapkan bahwa akan ada saatnya umat Islam akan bisa kembali ke Masjidil Haram untuk tawaf dan sa’i.

“Segala sesuatu akan kembali, Insya Allah, sebagaimana adanya, karena negara ingin menciptakan lingkungan yang sehat,” kata Syekh Al-Sudais.

Baca juga :  Kiai Ma’ruf Dijadwalkan Hadiri Majelis Guru Bakhiet Malam Ini

Kendati, dia tetap meminta umat untuk bersabar akan hal tersebut. Dia menyerukan masyarakat Muslim untuk beriman dan tidak terburu-buru membebaskan diri dari pembatasan yang diberlakukan untuk membendung penyebaran virus corona.

Sementara, sebagai langkah antisipatif Syekh Al-Sudais memantau pemasangan kamera termal di Masjidil Haram yang mendeteksi virus corona. Kamera, yang dapat secara akurat memindai suhu hingga 25 orang pada saat yang sama itu ditempatkan di pintu masuk halaman masjid.(Rep)

Editor: Aprianoor

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

PLN UP3 Barabai Bantu Kembangkan MSQ di Kalangan Pelajar
apahabar.com

Habar

Habib Ali bin Syekh Abu Bakar Motivasi Warga Tanah Laut untuk Gemar ‘Ibadah’
apahabar.com

Habar

Cerita Ustaz Hamdani Asal HST Sebelum Jadi Penceramah Kondang
apahabar.com

Habar

Raja Salman: Makah, Madinah dan Riyadh Lockdown!
apahabar.com

Habar

Muhammadiyah: Salat Id di Lapangan dan Masjid Ditiadakan
apahabar.com

Habar

Begini Riwayat Gelar “Wujud” di Belakang Nama Syekh Abdullah Al Banjari
apahabar.com

Habar

Jelang Haul Sekumpul, Warga Jl Pendidikan Perbaiki Jalan dan Jembatan
apahabar.com

Habar

Beri Kuliah di IAID Martapura, Rektor Al Ahgaff: Islam Harus Unggul