Dana BOS Gencar Disosialisasikan, Berikut Pesan Kadisdik Kapuas Pernah Cekcok, Warga LAS HST Nekat Bacok Rekan Sekampungnya Kakek di Banjarmasin Meninggal Misterius di Hotel, Polisi Lakukan Pemeriksaan Polisi Tewas di Sungai Martapura, Sudah 2×24 Jam Faisal Diperiksa Intens Akhirnya, Tunggakan Honor Relawan Covid-19 di Banjarmasin Dibayar!

Mau Jadi Pengusaha Tangguh di Masa Pandemi? Intip Kiat Jitu Ketum Hipmi

- Apahabar.com Kamis, 7 Mei 2020 - 20:40 WIB

Mau Jadi Pengusaha Tangguh di Masa Pandemi? Intip Kiat Jitu Ketum Hipmi

Ketua Umum BPP Hipmi, Mardani H Maming. Foto-Instagram/mardani_maming

apahabar.com, BANJARMASIN – Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi), Mardani H Maming (MHM) berbagi kiat menjadi pengusaha tangguh di masa sulit seperti ketika wabah Virus Corona baru atau Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia.

“Hal pertama yang harus ditanamkan dalam diri adalah jangan putus asa, apalagi mudah menyerah dengan keadaan. Yakinlah selalu ada peluang dalam setiap kesulitan,” kata MHM dikutip dari Antara, Kamis (07/05).

MHM mengatakan kunci utama bagi seorang pengusaha tangguh adalah selalu bisa melihat setiap peluang dan mengerjakan peluang itu segera untuk menghasilkan keuntungan.

Dia mencontohkan dalam kondisi pandemi Virus Corona, ada beberapa usaha yang justru sangat terbuka peluang untuk bisa digeluti.

Salah satunya, kata mantan bupati Tanah Bumbu dua periode ini, pembuatan atau penjualan Alat Pelindung Diri (APD) baik berupa baju hazmat yang menjadi standar penanganan pasien Covid-19 hingga masker dan pelindung wajah atau faceshield.

“Sarana perlengkapan dalam upaya penanggulangan pasien Covid-19 hingga upaya pencegahan agar diri tak terpapar Corona kini paling banyak dibutuhkan masyarakat. Itulah salah satu peluang bagi seorang pengusaha. Masih banyak usaha lainnya yang bisa dicermati untuk digeluti,” tutur MHM.

Terlepas dari situasi dilanda wabah Covid-19, Mardani memberikan sejumlah kiat sebagai prinsip menjadi seorang pengusaha yang sukses, khususnya bagi pemula atau anak muda yang baru memulai usaha.

Pertama, menggeluti usaha yang disenangi. Karena ketika melakukan sesuatu dengan hati senang, kata dia, maka akan lebih unggul di bidang itu.

Kemudian, lanjut dia, buatlah keunggulan dalam bidang yang diminati. Ketika sudah unggul, maka akan diperhitungkan untuk menjadi sebuah pilihan yang terbaik.

Selanjutnya, ujar MHM, mempertahankan keunggulan dengan inovasi-inovasi baru berdasarkan pengalaman sendiri.

“Setelah kita unggul di bidang itu dan mampu mempertahankannya dengan inovasi, menjadi unik bukanlah hal yang mustahil. Kalau sudah unik, biasanya sudah jadi brand dan akhirnya bernilai tinggi. Jika sudah sukses, jangan lupa berbagi,” papar CEO PT Batulicin Enam Sembilan Group dan PT Maming Enam Sembilan itu.

MHM menambahkan sebagai organisasi orang-orang muda yang selalu dituntut untuk kreatif dan inovatif, anggota HIPMI saat ini juga didorong terus menyesuaikan dan mengasah diri dengan teknologi.

Salah satunya teknologi konferensi, seperti gelaran Musyawarah Daerah (Musda) XV BPD HIPMI Bali yang kini sedang dilaksanakan secara virtual di tengah pandemi Covid-19.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Triwulan Ketiga 2019, Waskita Karya Raih Kontrak Baru Rp15,12 Triliun
apahabar.com

Ekbis

Wow, Indonesia Punya Potensi Energi Terbarukan 442,4 GW
Optimisme Trump Picu Penguatan Rupiah

Ekbis

Optimisme Trump Picu Penguatan Rupiah
apahabar.com

Ekbis

Rupiah Makin Anjlok Terpapar Virus, Dekati Level Rp 16.000 per Dolar
apahabar.com

Ekbis

Selangkah Lagi RI Masuk Resisi, CORE: Pemerintah Harus Akui
apahabar.com

Ekbis

Dua Bulan Pasca Gempa, Pasokan LPG di Palu Berangsur Normal
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Antam Turun Rp 7.000/gram, Ini Penyebabnya
apahabar.com

Ekbis

Stabilkan Harga Cabai dan Bawang Putih, Begini Trik Kementan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com