Selamat! bank bjb Raih Penghargaan Prestisius di Indonesia Financial Top Leader Award 2021 “Ritual Panggil Datu”, Siswa Hilang di Sungai Martapura Disebut Terjebak Detik-Detik Pembunuhan Brutal di Gambah HST, Korban Asyik Cabut Uban Mapolsek BAS HST Gempar! ODGJ Bawa Balok Ngamuk-Kejar Petugas Siap-Siap! Hasnur Mau Lepas Saham Perusahaan Kapalnya ke Publik

Miliki Alat Canggih, PMI Banjarmasin Siap Bantu Periksa Sampel Covid-19

- Apahabar.com     Selasa, 19 Mei 2020 - 16:19 WITA

Miliki Alat Canggih, PMI Banjarmasin Siap Bantu Periksa Sampel Covid-19

dr Aulia Ramadhan Supit menunjukkan alat skrinning dengan metode Eclia yang dapat digunakan pada pemeriksaan Covid-19 kepada Walikota Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Berawal dari tingginya angka penularan virus Corona di Kalimantan Selatan, Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Banjarmasin berinisiatif menjadi alternatif pemeriksaan sampel Covid-19.

“Kalau ditunjuk PMI Banjarmasin sebagai unit pemeriksa sampel Covid-19, kami siap,” ucap Kepala UDD PMI Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit di Kantor PMI Banjarmasin, Selasa (19/5) siang.

Rama menjelaskan, PMI Banjarmasin memiliki dua alat canggih yang biasa digunakan dalam tahapan tes skrining untuk mendeteksi sejumlah penyakit seperti HIV, Sifilis dan lainnya. Alat tersebut menggunakan metode Eclia (Electro-chemiluminescence immunoassay) yang diklaim memiliki tingkat kecepatan tinggi dalam pemeriksaan sampel.

“1 hingga 1,5 jam sudah keluar. Dalam satu kali running bisa sampai 200 sampel,” sebutnya.

Inisiatif ini dia sampaikan langsung di hadapan Walikota Banjarmasin yang saat itu tengah berkunjung di Kantor PMI Banjarmasin, dalam rangka penyaluran 100 paket sembako bagi pendonor. Apabila Pemkot menyetujui, pihaknya meminta tempat terpisah untuk dijadikan laboratorium pemeriksaan Covid-19 di Banjarmasin.

“Kita bisa pinjamkan satu alat untuk digunakan. Mungkin nanti ditempatkan dengan standar yang ditetapkan pihak kami dan disediakan APD lengkap untuk petugas,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Walikota Ibnu Sina menyambut baik tawaran yang diberikan oleh PMI Banjarmasin. Hal ini akan dikoordinasikan kepada Dinas Kesehatan Banjarmasin untuk segera ditindaklanjuti.

“Kita sekarang sedang antri untuk pemeriksaan swab dengan PCR, sampai 800 sampel antrinya menurut informasi provinsi,” sebut Ibnu

Melihat grafik penularan di Banjarmasin yang semakin meningkat setiap harinya, Gugus Tugas percepatan dan penanganan (GTPP) Covid-19 Kalsel mencoba mencari alternatif tempat pemeriksaan tersendiri di kota Banjarmasin. Sehingga, Banjarmasin tidak perlu lagi menunggu pemeriksaan sampel hingga berminggu-minggu lamanya walaupun dengan metode yang berbeda.

“Artinya kalau sudah siap, tinggal regensia dan tenaganya sudah bisa dilakukan pemeriksaaan. Kenapa tidak dipercepat dan dikembangkan,” pungkas Ibnu.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19

Kalsel

Positif Covid-19 Tanbu Bertambah 23 Orang, Total 1.467 Kasus
Alumnus Gowa di Banjarbaru Lakukan Tes Swab Hari Ini

Kalsel

Alumnus Gowa di Banjarbaru Lakukan Tes Swab Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Monitoring dan Evaluasi, Plt Gubernur: Tabalong Terbaik Tangani Covid-19 di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Cegah Masuknya Faham Radikal ke Sekolah, IPNU-IPPNU Kunjungi SMKN 1 Martapura 
apahabar.com

Kalsel

Sambangi Warga di Lapangan Murjani dan Taman Van Der Pijl, Sabhara Polres Banjarbaru Imbau Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Pasca-Penyerangan, Polsek Daha Selatan Siaga Satu 
apahabar.com

Kalsel

Kampanye Hidup Sehat, PKB Ajak Warga Banjarmasin Gowes
Kunjungan Wisatawan di Tanah Laut Capai 345 Ribu Orang

Kalsel

Kunjungan Wisatawan di Tanah Laut Capai 345 Ribu Orang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com