Temui Pacar, Begal Sadis di Gunung Kayangan Pelaihari Ditembak Petugas Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya

Momen Idul Fitri, 198 Warga Binaan Rutan Pelaihari Dapat Remisi Khusus

- Apahabar.com Minggu, 24 Mei 2020 - 11:41 WIB

Momen Idul Fitri, 198 Warga Binaan Rutan Pelaihari Dapat Remisi Khusus

Warga binaan Rutan Pelaihari yang mendapat remisi Idul Fitri. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Sebanyak 198 Warga Binaan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pelaihari mendapatkan Remisi Khusus (RK) Idul Fitri pada 1 Syawal 1441 Hijriah, Minggu (24/05).

Selain menjadi momen kemenangan untuk seluruh umat muslim, hari besar ini juga menjadi hadiah yang sangat dinanti bagi sebagian besar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang beragama Islam.

Remisi diberikan kepada narapidana sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, Peraturan Pemerintah R.I Nomor 28 tahun 2006 tentang Perubahan atas peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2012.

Remisi Khusus ( RK ) Idul Fitri diberikan kepada narapidana beragama Islam yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif. Diantaranya telah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), serta aktif mengikuti program pembinaan di Rutan.

Kepala Rutan kelas II B Pelaihari, Budi Suharto, mengatakan pemberian remisi tersebut merupakan hak bagi seorang warga binaan, yang diberikan pada momen tertentu. Syarat penerima remisi, mereka yang berkelakuan baik dan minimal sudah menjalani masa pidana selama enam bulan di lapas atau Rutan tempat napi ditahan.

Tidak seperti tahun – tahun sebelumnya remisi diserahkan di Masjid Rutan sehabis remisi.

Budi Suharto didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, M Fahrurrozi menyerahkan langsung SK Pemberian Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah tahun 2020 dengan memasuki blok masing-masing penghuni.

Hal ini untuk menerapkan physical distancing atau jaga jarak fisik. Ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan Covid-19.
Agus Rizali salah satu warga binaan yang mendapatkan remisi khusus mengaku senang dan berterimakasih kepada pemerintah. Ia berjanji akan selalu berbuat baik dan menjaga keamanan dan ketertiban.

Reporter: Ahc14
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Minus PDIP, Ibnu Incar Sejumlah Partai Pengusung di Pilwali Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Ansharuddin Siap Lanjutkan Jabatan Bupati Balangan
apahabar.com

Kalsel

Pembunuhan Istri Muda Pembakal HST, Polisi Dalami Pelaku Lain
apahabar.com

Kalsel

Biaya Rapid Test di Banjarmasin Mahal, Dinkes : Laporkan!

Kalsel

Ada Desa ‘Hantu’ di Balangan, Walhi Minta KPK Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

Sepi dan Minim Penerangan, 2 Tahun 3 Mayat Ditemukan di Sungai Tabuk
apahabar.com

Kalsel

Semalam, Polres Banjar Sikat Tiga Pengedar Sabu Sekaligus
apahabar.com

Kalsel

Abai Protokol Kesehatan, Warga Batola Siap-siap di Push-up
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com