Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

New Normal, Hanya Bioskop dan Tempat Bermain yang Belum Disiapkan Buka

- Apahabar.com Rabu, 27 Mei 2020 - 16:46 WIB

New Normal, Hanya Bioskop dan Tempat Bermain yang Belum Disiapkan Buka

Warga melintas di pertokoan yang tutup di Duta Mall Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (7/4) karena pandemi Covid-19. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (Hippindo) menegaskan seluruh anggotanya siap beroperasi begitu pemerintah membolehkan mal dibuka kembali dengan kondisi kenormalan baru (New Normal). Pihaknya siap menjalankan protokol kesehatan Covid-19

Sekretaris Jenderal Hippindo Haryanto Pratantara menyebutkan seluruh tenant, mulai dari fesyen hingga makanan dan minuman (food and beverage/FnB) siap beroperasi.

Bahkan masyarakat nantinya bisa makan di tempat (dine in) dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku.

“Para ritel sendiri, seperti FnB, fesyen, hingga salon sudah mempersiapkan protokol sesuai dengan kategori masing-masing,” kata Haryanto, Rabu (27/5).

Haryanto bilang hanya bioskop dan tempat bermain anak-anak yang belum akan dibuka. Karena sektor tersebut baru akan dibuka pada skenario tatanan normal baru tahap selanjutnya.

Ia menilai bahwa seluruh tenant tentunya tidak ingin berlama-lama melakukan penutupan bisnis mereka.

Hal itu karena kondisi pandemi Covid-19 ini akan berlangsung lama hingga vaksin benar-benar ditemukan dan dipasarkan secara luas.

“Kalau tidak siap dari sekarang, ya kita tidak akan bisa bisnis. Suka tidak suka harus berani memberlakukan SOP protokol kesehatan tersebut karena ini akan dilakukan sampai setidaknya setahun berikutnya,” kata Haryanto.

Menurut dia, seluruh mal di Indonesia khususnya Jakarta sudah mempersiapkan seluruh protokol kesehatan dan keselamatan pengunjung.

Selain pengukuran suhu terhadap pengunjung yang akan masuk mal, pengelola mal dan ritel modern juga akan memberlakukan pembatasan pengunjung agar tidak terjadi kepadatan.

“Kalau sampai padat, pihak mal akan menutup dulu arus keluar masuk, sedangkan di dalam toko juga sama, kita memberikan informasi bahwa ada pembatasan di dalam. Kami semua sudah siap, termasuk di dalamnya akan ada pembatas jarak kasir, hand sanitizer dan masker,” kata dia.

Ia menilai bahwa keputusan pemerintah untuk mempertimbangkan kembali membuka mal sebagai upaya menggerakkan roda perekonomian, adalah cara yang paling aman. Dibandingkan pasar komersial lainnya, seperti pasar tradisional.

Pusat perbelanjaan modern dengan ruang yang lebih luas, tentunya memudahkan diterapkannya jaga jarak atau physical distancing antarpengunjung.

Selain itu, para tenant dan karyawannya juga lebih profesional dan teredukasi dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Polsek Kandangan Jaga Ruangan Pelayanan Publik Tetap Steril
apahabar.com

Kalsel

Bendung Isu Hoaks, Polsek Bati-Bati Turun ke Masyarakat
apahabar.com

Kalsel

Ibnu Sina Patahkan Mitos Pilwali Banjarmasin, Target Partai Demokrat di Momentum HUT ke-19
apahabar.com

Kalsel

Tak Cuma Bagi Tips Sukses, MHM Canangkan Beasiswa di ULM
apahabar.com

Kalsel

Tapin Songsong Pilgub, KPU Siapkan Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Cegah Sebaran Covid-19 di Ruang Pelayanan, Polsek Kintap Rutin Semprot Disinfektan
apahabar.com

Kalsel

Usai Kunjungi Perbatasan, Dewan Kalsel Soroti Administrasi Tapal Batas Kalsel-Kaltim
apahabar.com

Kalsel

Gegara Pohon Tumbang, Listrik di Paringin Selatan Padam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com