Keren, RSD Idaman Banjarbaru Ditetapkan Sebagai RS Unggulan Pelayanan KB Simakalama Pembelajaran Tatap Muka OTT Amuntai, Giliran Orang Dekat Bupati HSU Diperiksa KPK KPK Tangkap Tangan Maliki, Bupati HSU Tunjuk Plt Kadis PUPRP Baru PLN Suplai Listrik untuk Kawasan Food Estate Kalteng

New Normal, Pemerintah Pusat Evaluasi Rencana Pembukaan Mal

- Apahabar.com     Rabu, 27 Mei 2020 - 16:23 WITA

New Normal, Pemerintah Pusat Evaluasi Rencana Pembukaan Mal

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di kompleks Istana Kepresidenan. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah pusat masih mengevalusi rencana pembukaan atau operasional pusat perbelanjaan (mal) di DKI Jakarta, 5 Juni 2020.

Seusai rapat terbatas melalui telekonferensi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Airlangga mengatakan pemerintah masih mengevaluasi efektivitas penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di ibu kota yang akan berjalan hingga 4 Juni 2020.

“DKI Jakarta masih PSBB sampai 4 juni 2020, sehingga belum ada rencana lain, menunggu PSBB dua pekan ini,” kata Airlangga, Rabu (27/5).

Menko Perekonomian mengatakan saat ini pemerintah masih fokus untuk mengantisipasi dampak penularan Covid-19 dari arus mudik dan arus balik selama rangkaian Idulfitri 1441 Hijriah.

“DKI Jakarta masih menunggu harapan terkait dengan monitoring arus mudik, dan diharapkan dalam dua pekan ini bisa terjadi penurunan,” ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengeluarkan keterangan mengenai daftar 60 mal yang akan kembali buka pada Jumat (5/6) dan empat mal yang buka pada Senin (8/6).

“Data mal anggota APPBI DKI Jakarta yang akan buka kembali (new normal) berdasarkan Pergub Nomor 489 Tahun 2020,” katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (27/5).

Pada kesempatan sebelumnya APPBI menyebutkan ada serangkaian protokol kesehatan jika pusat perbelanjaan kembali dioperasikan.

Pertama, disiapkan check-point pengukuran suhu tubuh di seluruh pintu masuk. Karyawan mal serta pengunjung wajib pakai masker.

Selain itu akan ada pengaturan jarak tanda agar konsumen mengikuti tata cara social distancing jika ada antrean baik di lift/travelator maupun di eskalator dan di area lain. Tempat duduk di area tempat makan juga akan diatur.

Selain itu, penyemprotan disinfektan secara rutin terhadap area-area mal tetap akan dilakukan. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Dukungan Kaltim Jadi Ibu Kota Bertambah
apahabar.com

Nasional

Tsunami Menyapu Keceriaan Malam Minggu di Sekitar Selat Sunda
apahabar.com

Nasional

Sambangi Nelayan, Jokowi: Tidak Ada Tawar-menawar di Natuna!
apahabar.com

Nasional

Jangan ‘Jajan’ Sembarang, Waspada Sifilis
Muhammad Kece

Nasional

Youtuber Muhammad Kece yang Diduga Hina Islam Ditangkap di Bali
apahabar.com

Nasional

Pegawai Kemenpora Jadi Korban Tsunami Selat Sunda
PPKM

Nasional

Jokowi: PPKM Darurat Mau Tak Mau Harus Dilakukan
Tukang Kayu

Nasional

Alamak! Bermodal Seragam Polisi, Tukang Kayu Hamili 5 Janda dan Bidan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com