BREAKING! KPK Geledah Rumah Bupati HSU, Spanduk Panjang Membentang Digeledah KPK, Rumah Bupati HSU Abdul Wahid Jadi Tontonan Warga Terungkap, Keberadaan Bupati HSU Abdul Wahid Saat Penggeledahan KPK Kronologi Lengkap Penggeledahan KPK di Rumah Bupati HSU Abdul Wahid Rumahnya Digeledah KPK, Bupati HSU Abdul Wahid Menghilang

New Normal, Protokol Kesehatan Tetap Diutamakan di Banjarmasin

- Apahabar.com     Kamis, 28 Mei 2020 - 20:44 WITA

New Normal, Protokol Kesehatan Tetap Diutamakan di Banjarmasin

Tiga Pilar Kota Banjarmasin saat rapat bersama para pelaku usaha di Aula Rupatama Polresta Banjarmasin, Kamis (28/5) siang tadi. Foto Istimewa.

apahabar.com, BANJARMASIN – Konsep New Normal atau tatanan kehidupan normal baru akan segera diterapkan di sejumlah kota/kabupaten di Indonesia, termasuk Banjarmasin.

Meski demikian, dalam pelaksanaannya nantinya tetap akan mengutamakan protokol kesehatan, namun tidak seketat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), untuk menekan penyebaran Covid-19.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menjelaskan bahwa konsep New Normal telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Republik Indonesia (RI) nomor 328 Tahun 2020 yang diterbitkan beberapa waktu lalu.

“Di situ sudah dijelaskan bagaimana panduan pelaksanaan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19,” katanya didampingi Kapolresta Banjarmasin, Kombes Rachmat Hendrawan, Dandim 1007/Banjarmasin dan Kolonel Inf Anggara Sitompul usai rapat pembahasan New Normal di Aula Rupatama Polresta Banjarmasin, Kamis (28/5) siang tadi.

Kapolresta Banjarmasin menambahkan, jika pada penerapannya nanti, para pelaku usaha yang diberikan izin untuk beroperasi harus menaati peraturan yang sudah ada serta selalu diawasi oleh TNI-Polri.

“Tadi kita sudah lakukan inspeksi ke 4 pasar tradisional. Di sejumlah pasar itu, kita juga telah membangun posko yang berfungsi melakukan pengawasan dan pendisiplinan warga terhadap aturan New Normal,” ujarnya.

Diharapkannya, dengan diterapkannya konsep New Normal ini dapat membuat aktivitas pedagang yang sempat kehilangan rezekinya dapat normal kembali dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Sementara itu, Dandim 1007/Banjarmasin menekankan bahwa kesadaran dari masyarakat sangat penting saat New Normal diterapkan.

“Nanti akan dibentuk satuan gabungan penegakkan disiplin wilayah Kota Banjarmasin. Semuanya harus mengikuti protokol. Apabila tidak, lebih baik tidak usah beroperasi,” tegasnya.

Ditegaskannya, bagi para pelaku usaha yang tidak mau mengikuti protokol kesehatan, siap siap saja apabila ditutup.

“Para pengunjung dan para pengusaha harus bisa mengikuti protokol kesehatan, apabila tidak mengikuti, ditakutkan nantinya akan ada penyebaran virus baru. Daripada terjadi hal seperti itu, baiknya ditutup saja,” tandasnya.

Sekadar diketahui, dalam rapat pembahasan New Normal siang tadi, hadir pula para pelaku usaha.

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Fasilitas Komplit Masjid Al Abrar Kandangan, Tersedia Ruang Pemandian Jenazah
ULM Siap Terapkan Program Magang Tiga Semester Ala Menteri Nadiem Makarim

Kalsel

ULM Siap Terapkan Program Magang Tiga Semester Ala Menteri Nadiem Makarim

Kalsel

Marbot Cabul Banjarmasin Dituntut 20 Tahun Penjara, Denda Rp3 Miliar dan Kebiri Dua Tahun
Penyisiran dan sterilisasi gereja yang dilakukan Unit Satwa Ditsamapta Polda Kalsel jelang Natal. Foto-apahabar.com/Syahbani

Kalsel

Ledakan Bom di Gereja Katedral Makassar, Polda Kalsel Tingkatkan Pengamanan
apahabar.com

Kalsel

Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com
apahabar.com

Kalsel

Polsek Tanjung Kota Imbau Goweser Lengkapi Lampu Ketika Beraktivitas Malam
apahabar.com

Kalsel

Mau SIM Gratis, Download Aplikasi Si Tala

Kalsel

Bekas Luka Getah Cuka Picu Pembunuhan di Sutoyo S Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com