Agya Vs Scoopy di Stagen Kotabaru, Gadis 17 Tahun Patah Kaki Hari Ini, 22 Warga Kotabaru Positif Covid-19 Polisi Ungkap Kronologis Kecelakaan Maut di Cempaka yang Tewaskan 1 Pengendara Ratusan Gram Sabu Gagal Edar di Kukar, Polda Kaltim Ringkus 1 Pelaku Mulai Besok, Wisata Dadakan di Liang Anggang Ditutup!

Nilai Masyarakat Lelah Hadapi Corona, HMR: Lakukan Pendekatan Emosional

- Apahabar.com Selasa, 12 Mei 2020 - 14:39 WIB

Nilai Masyarakat Lelah Hadapi Corona, HMR: Lakukan Pendekatan Emosional

Ilustrasi. sumber: net

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Kalimantan Selatan, H Muhammad Nur Abidin atau akrab disapa HMR menilai masyarakat telah jenuh menghadapi wabah virus Corona. Untuk itu, dia berharap ada pendekatan emosional yang lebih diutamakan kepada masyarakat ketimbang memberikan peraturan-peraturan yang pada akhirnya memberatkan masyarakat.

“Saya pikir pendekatan tersebut dapat jauh lebih mengena ke masyarakat, karena masyarakat sudah sangat lelah dengan pandemi ini, sehingga jangan terkesan penerapan PSBB bukan menjadi solusi, tapi malah menjadi beban bagi masyarakat,” ujarnya, Selasa (12/5).

HMR mengatakan, kejelian pemerintah daerah dalam melihat dan merasakan penderitaan warga akan menjadi kunci kesuksesan penerapan PSBB ini.

“Pembatasan mobilitas warga saya pikir sudah lumayan bagus, meskipun demikian, saya prihatin mendengar dan membaca berita bahwa pemerintah mengeluarkan peraturan untuk menutup sentra niaga warga,” kata HMR.

Keputusan tersebut dinilainya meskipun mungkin menurut beberapa pihak terpaksa harus dilakukan, akan tetapi dirasa itu menyulitkan bagi warga yang menggantungkan hidupnya dari kegiatan tersebut.

“Sebaiknya sebelum keputusan tersebut dibuat dan dilaksanakan, akan lebih baik jika dilakukan pendataan terlebih dahulu seberapa banyak toko di Kota Banjarmasin, seberapa besar kerugian yang akan dirasakan oleh para pedagang. Hal ini penting agar kebijakan yang akan diambil tidak terkesan asal bikin. Karena hakikatnya sebuah peraturan harus menjadi pengayom bagi semua aspek,” tegas HMR menanggapi edaran penutupan toko non-pangan.

Wakil Ketua Gerindra Kalsel ini, mempertanyakan, apakah mengeluarkan peraturan untuk menutup niaga di sentra niaga menjadi satu-satunya solusi?

“Bagaimana jika menerapkan pyshical distancing yang lebih ketat saja, misalnya toko-toko bergiliran bukanya dan toko harus dilengkapi dengan hand sanitizer. Harus pakai masker atau membatasi penerimaan pelanggan tiap harinya dan lain lain,” sebutnya.

Pada saat bersamaan pemerintah juga mendata siapa saja yang terdampak langsung dan berapa besar kerugian di sentra niaga tersebut dan terus mencari solusinya.

“Saya rasa sudah saatnya kepekaan dan hati nurani yang lebih kita utamakan dalam menyikapi penyebaran pandemi Covid-19 ini. Adanya kesenjangan dan kecemburuan sosial di tengah warga tidak boleh kita pungkiri dan tutupi, tetapi harus kita sikapi dengan cara membuat peraturan yang tepat, sebisa mungkin aturan yang kita buat tidak menjadi beban bagi warga tetapi menjadi solusi bagi warga,” jelas dia.

“Jangan sampai kemudian hari aturan yang saya yakin niatnya baik malah menjadi pemantik kemarahan warga kita,” imbuhnya.

Akhir-akhir ini, putra dari tokoh masyarakat Kalsel H. Abidin ini merasa bahwa sensitifitas warga meningkat, mungkin karena himpitan ekonomi yang kian mereka rasakan.

“Saran saya, hadirlah kepala daerah di tengah masyarakat, beri pengertian, beri mereka rasa aman dan nyaman. Karena saya yakin mereka juga paham bahwa semua kepala daerah berusaha berjuang mencari solusi terbaik bagi warganya di tengah musibah ini,” pungkas HMR.

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Lagi, Pelindung Jembatan Rumpiang Disenggol Tongkang Batu Bara
apahabar.com

Kalsel

Aplikasi SIDDAK, Upaya Mengoptimalkan PAD HST
apahabar.com

Kalsel

Kabag Ops dan Sejumlah Perwira di Polresta Banjarmasin Berganti
apahabar.com

Kalsel

Temuan Jasad Bayi Gegerkan Warga Satui Tanah Bumbu!
apahabar.com

Kalsel

MUI HST Evaluasi Imbauan Beribadah di Tengah Mewabahnya Corona
apahabar.com

Kalsel

Pria yang Lenyap di Sungai Daha Utara Akhirnya Ditemukan!!
Bnajir

Kab. Tanah Laut

Alamak! Air Sungai Meluap, Banjir Tala Makin Parah
apahabar.com

Kalsel

Geger Mayat di Landasan Ulin, Diduga Pensiunan TNI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com