Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Pasien Sembuh Covid-19 Boleh Berpuasa dengan Syarat Khusus

- Apahabar.com Jumat, 8 Mei 2020 - 21:01 WIB

Pasien Sembuh Covid-19 Boleh Berpuasa dengan Syarat Khusus

Juru Bicara Covid-19 Kalsel, HM Muslim. Sumber:

apahabar.com, BANJARMASIN – Perkembangan pasien sembuh dari penularan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Kalimantan Selatan terus menunjukkan peningkatan signifikan. Sepekan terakhir terdata bertambah hingga 15 pasien sembuh, sehingga apabila ditotalkan seluruhnya ada 39 orang terbebas dari virus mematikan asal Wuhan tersebut.

“Kami infokan kasus sembuh Covid-19 di Kalsel semakin meningkat dan semakin bagus,” ucap Juru Bicara Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam keterangan resminya kepada apahabar.com, Jumat (8/5)

Kendati demikian, pasien sembuh dari Covid-19 sudah bisa beraktivitas normal layaknya masyarakat umum. Muslim menyebut, dari sisi kesehatan mereka sudah diperbolehkan untuk menjalankan ibadah seperti berpuasa dengan catatan tidak memaksakan diri.

“Ibadah puasa tentu saja dapat dijalankan oleh orang-orang dengan kondisi yang baik dan sehat. Tentu saja dalam kondisi sembuh dan tidak ada halangan yang lain, maka tidak mengganggu puasanya.,” tuturnya.

Sekedar diketahui, meski jumlah kesembuhan terus merangkak naik namun hal ini juga diiringi dengan perkembangan kasus positif yang ikut meningkat. Bahkan diketahui, sebagian besar merupakan sumbangan dari kelompok tertentu atau kluster-kluster baru.

“Saat ini beban di pelayanan kesehatan kita semakin hari semakin banyak, karena itu perlu pemantapan bagi yang terkonfirmasi positif dengan gejala ringan maupun tanpa gejala,” terang Muslim.

Pemerintah menilai situasi belum kondusif untuk masyarakat beraktivitas di luar ruangan, karenanya ditetapkan aturan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Banjarmasin sebagai wilayah pertama yang melaksanakan kebijakan ini secara resmi memperpanjang masa berlaku pembatasan hingga 14 hari ke depan. Ini juga akan disusul 3 daerah lainnya yang mengajukan aturan yang sama, yaitu Banjarbaru, Banjar dan Barito Kuala, sehingga masyarakat diminta untuk mengganti kegiatan yang menimbulkan kerumunan seperti sekolah, bekerja hingga beribadah dilakukan dari rumah.

Reporter : Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Siang Hari, Kalsel Diparkirakan Diguyur Hujan Lokal
apahabar.com

Kalsel

Hj Ananda Unggul di ‘Kandang’
apahabar.com

Kalsel

Di Kalsel, Angkutan Umum Boleh Beroperasi Saat PSBB
apahabar.com

Kalsel

Puncak Acara MRSF Kalsel 2019 Sisakan 10 Ton Sampah di Halaman Kantor Gubernur
Begini Cara Kemenkumham Kalsel Tingkatkan Sinergitas MPWN dan MPDN

Kalsel

Begini Cara Kemenkumham Kalsel Tingkatkan Sinergitas MPWN dan MPDN  
apahabar.com

Kalsel

Perayaan Malam Tahun Baru di Balangan, 134 Personel Diterjunkan
apahabar.com

Kalsel

Epidemiologi Kalsel Butuh 2,5 Bulan Lagi untuk Konfirmasi Kasus Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Blak-blakan, Duta Mall Banjarmasin Bicara Soal Rekomendasi Operasional Bioskop XXI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com