Praktik Jual-Beli Pangkalan Elpiji Kalsel Terendus di Level Agen! Catat! Warga Banjarmasin Sudah Divaksin Corona Tetap Harus Swab Pengadaan Mobdin di Banjarmasin Terancam Berhenti, Simak Alasannya Puluhan Pangkalan Elpiji di Kalsel-Teng Diputus Pertamina! Simak Alasannya Ketika Presiden Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing

Pasien Sembuh Covid-19 Boleh Berpuasa dengan Syarat Khusus

- Apahabar.com Jumat, 8 Mei 2020 - 21:01 WIB

Pasien Sembuh Covid-19 Boleh Berpuasa dengan Syarat Khusus

Juru Bicara Covid-19 Kalsel, HM Muslim. Sumber:

apahabar.com, BANJARMASIN – Perkembangan pasien sembuh dari penularan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Kalimantan Selatan terus menunjukkan peningkatan signifikan. Sepekan terakhir terdata bertambah hingga 15 pasien sembuh, sehingga apabila ditotalkan seluruhnya ada 39 orang terbebas dari virus mematikan asal Wuhan tersebut.

“Kami infokan kasus sembuh Covid-19 di Kalsel semakin meningkat dan semakin bagus,” ucap Juru Bicara Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam keterangan resminya kepada apahabar.com, Jumat (8/5)

Kendati demikian, pasien sembuh dari Covid-19 sudah bisa beraktivitas normal layaknya masyarakat umum. Muslim menyebut, dari sisi kesehatan mereka sudah diperbolehkan untuk menjalankan ibadah seperti berpuasa dengan catatan tidak memaksakan diri.

“Ibadah puasa tentu saja dapat dijalankan oleh orang-orang dengan kondisi yang baik dan sehat. Tentu saja dalam kondisi sembuh dan tidak ada halangan yang lain, maka tidak mengganggu puasanya.,” tuturnya.

Sekedar diketahui, meski jumlah kesembuhan terus merangkak naik namun hal ini juga diiringi dengan perkembangan kasus positif yang ikut meningkat. Bahkan diketahui, sebagian besar merupakan sumbangan dari kelompok tertentu atau kluster-kluster baru.

“Saat ini beban di pelayanan kesehatan kita semakin hari semakin banyak, karena itu perlu pemantapan bagi yang terkonfirmasi positif dengan gejala ringan maupun tanpa gejala,” terang Muslim.

Pemerintah menilai situasi belum kondusif untuk masyarakat beraktivitas di luar ruangan, karenanya ditetapkan aturan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Banjarmasin sebagai wilayah pertama yang melaksanakan kebijakan ini secara resmi memperpanjang masa berlaku pembatasan hingga 14 hari ke depan. Ini juga akan disusul 3 daerah lainnya yang mengajukan aturan yang sama, yaitu Banjarbaru, Banjar dan Barito Kuala, sehingga masyarakat diminta untuk mengganti kegiatan yang menimbulkan kerumunan seperti sekolah, bekerja hingga beribadah dilakukan dari rumah.

Reporter : Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Alasan Tapin Siapkan Kuburan Massal untuk Korban Corona
apahabar.com

Kalsel

PSBB Banjarmasin ‘Amburadul’, Wakil Ketua DPRD Kalsel: Pemda Harus Bertanggung Jawab
apahabar.com

Kalsel

Lenyap di Sungai Margasari Tapin, 2 ABK Dalam Pencarian
Dukung Penghapusan Subsidi Gas Melon, Disperindag Banjarbaru: Yang Tolak Pasti Bukan Orang Miskin

Kalsel

Dukung Penghapusan Subsidi Gas Melon, Disperindag Banjarbaru: Yang Tolak Pasti Bukan Orang Miskin

Kalsel

Toyota Fortuner Terjun Bebas dari Atas Jembatan Asam-Asam
apahabar.com

Kalsel

May Day, Buruh Tetap Bekerja

Kalsel

Tekan Angka Kriminalitas Perairan, Kapolda Kalsel Sambangi Kanwil DJBC Kabagsel Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Disiplinkan Warga, Polda Kalsel Kerahkan Personil Gabungan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com