Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

Pasien Umum Dikenakan Tarif Saat Tes Swab di RS Sylvanus Doris

- Apahabar.com Jumat, 29 Mei 2020 - 09:16 WIB

Pasien Umum Dikenakan Tarif Saat Tes Swab di RS Sylvanus Doris

Direktur RSDS Palangka Raya drg Yayu Indriaty (tengah) didampingi humas dr Riza Syahputra (kanan) dan kasi humas Cipta Yanatama (kiri) saat menggelar konferensi pers terkait tarif tes swab dan rapid tes. Foto - apahabar.com/Tiva.

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Jajaran RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memberikan penjelasan mengenai penetapan tarif pemeriksaan swab dan rapid test di rumah sakit rujukan Corona virus disease atau Covid-19 ini.

“Yang dikenakan tarif adalah pasien umum, pasien yang datang atas permintaan sendiri untuk melakukan perjalanan dengan moda transportasi baik darat dan udara,” kata Direktur RSDS Palangka Raya, dr Yayu Indriaty, Kamis (28/5).

Menurut Yayu, pemberlakuan tarif terhadap pasien yang bukan masuk kategori penerima program pemerintah, berpatokan dari aturan Menteri Kesehatan tentang pengendalian transportasi selama mudik lebaran.

Kemudian diikuti dengan surat edaran nomor SR.04.03/II/6689/2020 dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes tentang pelaksanaan angkutan udara dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Poin ketiga dalam surat edaran tersebut meminta seluruh penumpang harus memenuhi persyaratan kesehatan dan memiliki surat keterangan sehat bebas corona, yang diterbitkan oleh fasilitas kesehatan, rumah sakit pemerintah maupun Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Untuk itu akhirnya pihaknya menyikapi hal itu agar dapat memfasilitasi bagi penumpang moda udara, melakukan rapid tes ini, sehingga diterbitkan SK Direktur RSDS Palangka Raya tentang tarif tindakan pemeriksaan swab dan rapid tes di RS.

Ditambah kewenangan sebagai Pusat Pelayanan Kesehatan (PPK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), dibenarkan untuk membuat tarif  pelayanan baru.

Dengan adanya alat swab yang dimiliki, untuk memfasilitasi pasien umum di luar program pemerintah, tidak boleh memungut tanpa ada aturan, sehingga diterbitkan SK direktur yang akan dimasukkan ke dalam Pergub tentang tarif RS.

Sesuai Permenkes  nomor 59 tahun 2016, yang ditanggung oleh pemerintah adalah yang masuk dalam program pemerintah, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 pada pasien atau orang yang diduga sudah terpapar.

“Itu makanya terbit peraturan surat keputusan direktur tentang pelayanan tarif swab dan rapid test di RS Doris,” ujarnya.

Ia tak memungkiri memang tarifnya cukup besar, karena alat yang dipakai untuk swab dan rapid test, impor karena belum bisa diproduksi secara lokal.

Ditambah pengadaannya juga cukup sulit bagi pasien umum.

“Tetapi untuk pasien program nasional menggunakan dana berbeda, sehingga pasien program pemerintah jangan khawatir, tetap bisa datang ke Doris, memiliki rujukan dari fasilitas kesehatan lainnya atau merupakan program surveilens dari hasil tracing,” imbuhnya.

Reporter: Ahc23
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Sesak Nafas, 1 Jemaah Haji Asal Barut Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalteng

Bawaslu Palangka Raya Siap Pantau ASN Terkait Pilkada
apahabar.com

Kalteng

Intip Pelayanan Disdukcapil Kapuas Pasca-PSBB
apahabar.com

Kalteng

Ketua DPRD Kalteng Ngaku Belum Paham Keseluruhan UU Cipta Kerja
apahabar.com

Kalteng

Sugianto-Edy dan Ben-Ujang Usai Jalani Pemeriksaan Kesehatan, Ini Harapan Petahana untuk Pilgub Kalteng 2020
apahabar.com

Kalteng

Akal-akalan Warga Cari Celah untuk Mudik, Begini Upaya Pemerintah Palangka Raya
apahabar.com

Kalteng

Sejak Awal Ramadan, Lapas Kelas II B Muara Teweh Gelar Pesantren Kilat
apahabar.com

Kalteng

Akibat Petir, Harta Ketua RT Dusun Duku Mola Ludes Terbakar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com