ga('send', 'pageview');
Salip Pekapuran, Teluk Dalam Tertinggi Kasus Covid-19 di Banjarmasin SE Terbit, Sejumlah Sekolah di Banjarmasin Belum PLS Daring Ongkos Politik Mahal, Paman Birin-Muhidin Terancam Melawan Kotak Kosong Terindikasi HTI, Dua Pemuda Kotabaru Diciduk Polisi Push Up Bak Lelucon, Banjarbaru Terapkan Denda Tak Pakai Masker




Home Pemkab Tanah Bumbu

Jumat, 29 Mei 2020 - 16:31 WIB

Pemkab Tanbu Kembali Perpanjang Masa Belajar Siswa di Rumah

Redaksi - Apahabar.com

Ilustrasi. Foto-Istimewa

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu kembali memperpanjang masa belajar di rumah bagi siswa se-Kabupaten Tanah Bumbu.

Keputusan ini berdasarkan surat edaran nomor : B/421/6071/Disdikbud-Sek.Setda/V/2020 tertanggal 29 Mei 2020 tentang perpanjangan III masa belajar dari rumah.

Siswa PAUD, TK, SD dan SMP sederat tetap diharuskan belajar di rumah masing-masing dimulai 2 Juni hingga 19 Juni 2020 dengan tetap memperhatikan protokol penanganan Covid-19.

Perpanjangan masa belajar dalam jaringan (daring) atau online ini lantaran situasi pandemi virus Corona atau Covid-19 yang belum mereda.

Kemudian sesuai dengan kalender pendidikan pada 22 Juni sampai dengan 10 Juli merupakan libur semester 2. Untuk itu siswa akan kembali diliburkan.

Selanjutnya, sekolah akan dibuka kembali pada awal tahun pelajaran 2020/2021 pada tanggal 13 Juli 2020 setelah mendapat rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Covid-19 dan atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Keputusan yang diambil ini mempedomani Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19).

Kemudian Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tetang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19).

Surat Keputusan Bupati Tanah Bumbu Nomor: 188.46/203/BPBD/2020, tentang Perpanjangan Status Tanggap Darurat Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Tanah Bumbu.

Berikut poin-poin dalam surat edaran terbaru tentang perpanjangan III masa belajar dari rumah :

1. Memperpanjang kembali kegiatan Belajar dari Rumah (BDR) dimulai tanggal 2 Juni s.d 19 Juni 2020 dengan tetap memperhatikan protokol penanganan Covid-19.

Baca juga :  Layanan Perpustakaan Dibuka, Masyarakat Tanbu Bisa Akses Puluhan Ribu Buku

2. Perpanjangan dimaksud pada point 1, termasuk juga masa Work From Home (bekerja dari rumah) bagi guru, kepala sekolah, pengawas, dan tenaga kependidikan yang lainnya.

3. BDR dilaksanakan melalui jarak jauh daring dan/atau luring dengan mengacu pada Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah sebagaimana tercantum pada lampiran Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020.

4. Pemberian tugas pembelajaran tidak harus menuntaskan seluruh materi yang ada dalam kurikulum, tetapi lebih fokus pada pendidikan kecakapan hidup, khususnya pada:
a. Literasi dan numerasi
b. Pemahamanan terhadap pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19.
c. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).
d. Kegiatan pembelajaran/penugasan yang bersifat rekreasional dan aktivitas fisik.
e. Spiritual keagamaan, dan/atau
f. Penguatan karakter dan budaya.

5. Tugas belajar yang diberikan harus sesuai dengan tingkat dan usia anak, dilarang memberikan tugas yang terlalu banyak dan memberatkan kepada anak dan orang tua untuk mengerjakannya.

6. Kepala satuan pendidikan agar terus melakukan pembinaan dan pemantauan kepada guru dalam melaksanakan BDR dengan mengumpulkan laporan mingguan pelaksanaan BDR, Jika ada guru terkendala dalam pelaksanaan BDR agar dicarikan solusinya, misalnya dengan membentuk kelompok pembelajaran antar guru.

7. Untuk menjamin terlaksananya BDR dengan baik, satuan pendidikan wajib memfasilitasi dengan penyediaan fasilitas yang diperlukan dengan menggunakan dana BOS, sesuai Juknis BOS edisi terakhir yang diterbitkan oleh Kemendikbud.

8. Selama BDR, penilaian akhir semester/penilaian kenaikan kelas (PAS/PKK) tidak wajib dilaksanakan. Sekolah dapat melaksanakan PAS/PKK jarak jauh secara daring maupun luring dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Bagi sekolah yang tidak mampu melaksanakan PAS/PKK jarak jauh baik daring maupun luring maka nilai rapot siswa direkapitulasi berdasarkan nilai harian siswa yang sudah dikumpulkan sebelum pelaksanaan BDR ditambahkan dengan nilai hasil aktivitas belajar/penugasan selama BDR.

Baca juga :  Layanan Perpustakaan Dibuka, Masyarakat Tanbu Bisa Akses Puluhan Ribu Buku

9. Kepala Sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan mulai tanggal 2 Juni
s.d. 19 Juni 2020 tetap bertugas (piket) secara bergiliran di satuan pendidikan masing-masing.

10. Buku laporan hasil belajar (Rapor) tetap diisi dengan penanggalan sesuai kalender pendidikan yaitu tanggal 19 Juni 2020, namun penyerahan buku rapor secara fisik kepada siswa atau orang tua siswa ditunda pelaksanaannya. Satuan pendidikan dapat menyampaikan file rapor kepada siswa/orang tua siswa menggunakan fasilitas WhatsApp atau Email. Tidak diperkenankan adanya siswa yang tinggal kelas selama masa pandemi Covid-19 ini.

11. Satuan pendidikan agar menyampaikan laporan evaluasi hasil belajar dari rumah yang sudah dilakukan serta mendata guru dan siswanya yang masih terkendala dalam pelaksanaan BDR.

12. Sesuai dengan kalender pendidikan 22 Juni s.d 10 Juli merupakan libur semester 2.

13. Sekolah akan dibuka kembali pada awal tahun pelajaran 2020/2021 pada tanggal 13 Juli 2020 setelah mendapat rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Covid-19 dan/atau Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

14. Apabila ditemukan gejala-gejala yang mengarah diduga terpapar Covid-19 (antara lain demam tinggi, sakit tenggorokan, sesak napas agar segera melaporkan ke call center Covid-19 Tanah Bumbu (08134968-0690) atau mendatangi Puskesmas terdekat.

apahabar.com

Surat edaran terbaru tentang perpanjangan III masa belajar dari rumah. Foto-Istimewa.

Reporter: Syahriadi
Editor: Muhammad Bulkini

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Rumah Kontrakan 4 Pintu Ludes Terbakar, Hj. Amnah Rugi Ratusan Juta Rupiah
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Batas Kabupaten Belum Beres, Warga Desa Emil Baru Bingung
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Bupati Sampaikan Kekosongan Blangko e-KTP kepada Dewan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Booth Soreride Jadi Favorit di Batulicin Festival 2019
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tak Mau Berulah Lagi, Napi Asimilasi di Tanbu Ditawari Kerja
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

MTQ XXXII Kotabaru, Tanbu Utus 89 Kafilah
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Ramai-Ramai Gotong Royong di Pasar Lama Batulicin
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Bagikan Hand Sanitizer dan Masker
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com