Ratusan Anggota Polisi di Tabalong Jalani Vaksinasi Covid-19 Update Covid-19 Kotabaru: Positif 9, Sembuh 3 Geger! Nenek Suparmi Ditemukan Tewas Mengapung di DAS Kayahan Palangka Raya SBY Mengaku Bersalah Pernah Beri Jabatan pada Moeldoko Akhir Pekan, Harga Emas Antam Naik Rp 5.000 per Gram

Pemkot Banjarmasin Bisa Tiru Duta Mall Lakukan Protokol Covid-19 di Pasar

- Apahabar.com Selasa, 12 Mei 2020 - 13:42 WIB

Pemkot Banjarmasin Bisa Tiru Duta Mall Lakukan Protokol Covid-19 di Pasar

Protokol Covid-19 pencegahan dan penularan yang dilakukan pihak Duta Mall kepada pengunjung. Foto- Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Masih banyaknya warga beraktivitas di saat masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Banjarmasin setidaknya membuat kebijakan PSBB kurang maksimal. Meski adanya imbauan agar menutup tempat usaha seperti pertokoan non-pangan. Nyatanya itu dikecam sebagian besar para pedagang.

Pedagang banyak menolak untuk menutup toko mereka dengan alasan mematikan mata pencaharian.

“Mau makan apa kami. Harusnya pemerintah mendata kami. Lihat di sini kondisi kami seperti apa. Jangan asal main tutup,” kata Sari, salah satu pegawai di toko pakaian Sudimampir Baru.

Sementara beberapa pekan terakhir, pusat perbelanjaan terbesar di Kalimantan Selatan seperti Duta Mall sudah membuka aktivitas meski sebelumnya sempat menutup Mall beberapa pekan.

Manajer Operasional Duta Mall, Yenny Purnawati saat dihubungi, Selasa (12/5) menyebutkan, meski di tengah wabah covid-19 pihaknya tetap menjaga dan mewaspadai penyebaran dengan mengikuti instruksi protokol kesehatan pencegahan dan penularan covid-19.

“Setiap kali ada pengunjung yang masuk ke Duta Mall terus yang masuk dilakukan protokoler kesehatan pencegahan penularan covid 19.
Protokol kesehatan terkait pencegahan covid 19 sesuai standar WHO dan arahan dinas kesehatan,” terang Yenny.

Yenny pun menerangkan kalau pihaknya terus melakukan penyemprotan disinfektan setiap hari dan berkala untuk memastikan pencegahan wabah.

“Kami di sini juga menyiapkan atau melakukan penyediaan wastafel cuci tangan disetiap pintu masuk mall yang difungsikan. Pintunya pun kami batasi untuk difungsikan,” jelasnya.

“Pengukuran suhu tubuh pengunjung dan semua karyawan mall dan tenant sebelum masuk ke area mall serta mewajibkan menggunakan masker untuk semua karyawan tenant, karyawan mall dan pengunjung selama berada di area duta mall juga menjadi keharusan dilakukan pihak DM,” imbuh Yenny.

Duta Mall, menurut Yenny, sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk bisa membuka Mall dan menghidupkan kembali roda perekonomian para tenant dan karyawan tenant. Pihaknya pun tak lupa menyiapkan handsanitizer di semua tenant dan beberapa titik di area mall.

“Pengukuruan suhu kembali oleh beberapa tenant nasional di dalam area mall dan penyediaan tempat cuci tangan di depan tenantnya. Jadi benar-benar double screaning pengunjung yang masuk,” kata Yenny.

Bahkan pihaknya juga melakukan pengaturan antrian jaga jarak. Sitting area yang berjarak dalam lift juga dipastikan penjagaan security untuk sortir yang masuk tetap jaga jarak.

Selain itu, Yenny menjelaskan, meski setelah PSBB selesai. Duta Mall akan terus melakukan protokoler kesehatan ini sampai pandemi benar-benar selesai, hingga ditemukan vaksin dan dianggap Covid-19 ini sudah bisa diatasi.

“Di sini juga penyesuaian jam operasional dan tenant pun menyediakan jasa online buat yang ingin belanja tanpa harus ke mall. Pengontrolan dilakukan terus menerus oleh tim patroli kami dan penindakan tegas kepada pelanggaran yang ditemukan baik ke pengunjung atau tenant,” jelasnya.

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Borneo

Stan Lee Wafat, Duka Juga Dirasakan Pelukis Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Merasa Tidak Diperhatikan Pemerintah, FORMI Curhat ke Komisi IV DPRD Kalsel

Kalsel

Pemkab Tanbu dan Bank BRI Salurkan Banpres untuk Usaha Mikro
apahabar.com

Kalsel

Per Hari Ini, RSUD Sultan Suriansyah Bisa Layani Pasien BPJS
apahabar.com

Kalsel

Polsek Mekarsari Ajak Warga Budayakan Memakai Masker
apahabar.com

Kalsel

Ini Alasan Penjualan Daging Beku Sulit Berkembang di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Selepas Isya, Api Mengamuk di Pekapuran Laut Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Habar Haji 2019; Ketua IDI Kalsel Laporkan ‘Kondisi’ Terkini di Tanah Haram
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com