Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

Pemkot Palangka Raya Gandeng Kejaksaan Kawal Anggaran Covid-19

- Apahabar.com Senin, 4 Mei 2020 - 20:42 WIB

Pemkot Palangka Raya Gandeng Kejaksaan Kawal Anggaran Covid-19

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Pemerintah Kota Palangka Raya bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Palangka Raya berkomitmen mengawal anggaran penanganan corona virus disease atau Covid-19.

Kerjasama dilakukan, untuk memastikan penggunaan anggaran corona berjalan sesuai dengan mekanisme dan peruntukannya.

“Kita ingin transparan dalam setiap penggunaan anggaran dan agar tidak ada penyimpangan yang dapat berdampak negatif, kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Senin (4/5).

Upaya pencegahan dan penanggulangan ancaman wabah virus corona di Kota Palangka Raya, saat ini terus berproses sesuai regulasi dan peraturan yang akan dilaksanakan.

Dalam hal ini, Pemkot Palangka Raya telah melakukan realokasi penganggaran dana Rp 92 miliar.

Tahap pertama sebesar Rp 25 miliar, untuk penanganan kesehatan Rp 19 miliyar, dampak sosial Rp 5 miliar dan jaminan pengaman sosial Rp 1 miliyar.

“Jumlah belanja tak terduga (BTT) sebesar Rp 25 miliyar itu dari APBD murni 2020 sebesar Rp 10 miliar dan dari Perwali perubahan Rp 15 miliar,”ujarnya.

Menurut Fairid, hal itu sudah dilaporkan ke Kementerian Keuangan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, tak ketinggalan DPRD Kota Palangka Raya.

Sedangkan untuk realokasi tahap dua, yang mengacu surat keputusan bersama (SKB) dua menteri yakni Menteri Keuangan dan Mendagri, masih dalam proses dengan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Fairid memberi apresiasi kepada jajarannya karena menyampaikan laporan realokasi anggaran ke pusat tetap waktu ke pusat, sehingga tidak ada pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU).

“Alhamdulillah karena melaporkan tepat waktu dan realokasi anggaran sesuai petunjuk, makanya DAU kota tidak dipotong. Jadi walau dilanda Covid-19, tapi administrasi tetap berjalan,” imbuhnya.

Reporter: Ahc23
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Disdukcapil Kapuas Launching Program Menyapa Masyarakat
apahabar.com

Kalteng

Picu Kebakaran 5 Hektar Lahan, Pembuat Arang Ditangkap
Palangka Raya

Kalteng

22 Tahanan Rutan Palangka Raya Positif Covid 19
apahabar.com

Kalteng

Sukamara Kokoh di Zona Hijau, Lamandau Nihil Tambahan Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Disdik Kapuas Sosialisasikan Aplikasi Dapodik 2021
apahabar.com

Kalteng

DPP PDIP: Jangan Ada Faksi-Faksi di Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Momentum HPN, PWI Barut Bagikan Sembako ke Panti Asuhan dan Janda Wartawan
apahabar.com

Kalteng

Meski Agak Mahal, Gas Melon Masih Aman
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com