Tagihan Listrik di Kalsel-Teng Membengkak? PLN Ungkap Penyebabnya Jumatan Perdana di Banjar, 4 Masjid Dijaga Ketat TNI-Polri PSBB Berakhir, Duta Mall Segera Buka Bioskop dan Amazon? Jadi Contoh, Jemaah Masjid Miftahul Ihsan Malah Tak Disiplin Keseringan di Lapangan, Dua ASN di Banjarmasin Positif Covid-19




Home Kalsel

Kamis, 21 Mei 2020 - 10:51 WIB

Penderita Covid-19 Nihil, Dewan Kalsel Minta Tabalong dan Balangan Siapkan ‘New Normal’

Triaji Nazulmi - Apahabar.com

Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Povinsi Kalimantan Selatan, Firman Yusi. Foto-Istimewa

Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Povinsi Kalimantan Selatan, Firman Yusi. Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Povinsi Kalimantan Selatan, Firman Yusi, mengusulkan Pemerintah Kabupaten Tabalong dan Balangan mulai menyiapkan penerapan New Normal untuk warganya.

“Tabalong menjadi kabupaten pertama di Kalimantan Selatan yang mencatatkan penderita Covd-19 terkonfirmasi positif nihil. Ini disusul oleh daerah tetangganya, Kabupaten Balangan,” kata Firman Yusi kepada apahabar.com, Kamis (21/5).

Dua daerah tadi sempat menjadi daerah dengan jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) terbanyak se-Kalsel. Meski demikian, jumlah itu berkurang seiring dengan masa inkubasi.

Meski dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 dua kabupaten itu sudah tidak terdapat pasien baru, Firman meminta Pemerintah dua Kabupaten penghasil batu bara itu menyiapkan pola new Normal untuk masyarakat.

Saat penerapan New Normal ada standar perlindungan diri dan komunitas diberlakukan dalam aktivitas masyarakat sehari-hari.

Baca juga :  24 Februari, Jembatan Alalak Banjarmasin Bakal Ditutup

Layanan publik, baik pemerintah, swasta atau organisasi non-pemerintah dapat tetap aktif seperti biasa, akan tetapi ada protokol pencegahan penularan Covid-19.

Protokol itu seperti misalnya, menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun, pembersihan dengan disinfektan secara berkala, pengaturan jarak dalam antrian, penataan pedagang pasar untuk menghindari kerumunan dan penataan-penataan baru lainnya.

Firman juga mengambil contoh daerah-daerah lain yang sudah mulai mengalami penurunan jumalah penularan Covid-19 seperti di Jogjakarta.

Untuk penerapan New Normal Pemerintah Jogjakarta sebuah aplikasi layanan publik, termasuk transportasi umum, jasa perhotelan, pengeloaan pasar dan lain sebagainya.

“Harapannya Tabalong dan Balangan juga menyiapkan itu,” sambungnya.

Dengan aplikasi itu, dia berharap, sosial ekonomi daerah itu bergerak kembali menuju normal. Namun untuk mengaplikasikannya, tentu pemerintah daerah harus siap dengan konsep tata kelola kehidupan New Normal ini, yang menjadi wajib diaplikasi oleh semua komponen di daerah.

Baca juga :  TWKM XXXI: Jokowi Juga Mapala, Wajib Save Meratus!

“Koordinasi semua pihak adalah kunci keberhasilannya,” tuturnya.

Partisipasi Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Gugus Tugas PPP-Covid-19, sambungnya, juga mutlak dilakukan. Salah satu kunci keberhasilan dari penerapan new normal tadi adalah pembatasan dan pengawasan ketat arus manusia ke daerah-daerah tersebut.

Diketahui, Tabalong dan Balangan berbatasan dengan dua provinsi tetangga, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah yang masih merupakan zona merah pandemi.

“Sudah seharusnya pemerintah provinsi mendukung penguatan pengawasan dan pembatasan arus manusia di perbatasan antar provinsi tersebut. Baik dukungan personil, pembiayaan hingga pembuatan protap posko perbatasan yang memperkecil kemungkinan masuknya orang terpapar ke daerah. Sementara perbatasan antar kabupaten menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten,” tuturnya.

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Muhammad Bulkini

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bus Kapal, Senja Kalamu Kini di Tengah Masifnya Transfortasi Darat
apahabar.com

Kalsel

Pasar Ikan di Tanbu Disemprot Desinfektan Antisipasi Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Operasi Lilin 2019, 600 Personil Siap Amankan Natal dan Tahun Baru di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

‘Serasi’ Terancam Gagal, Usul Sisa Alokasi Lahan ke Kalteng
apahabar.com

Kalsel

Bisakah RSUD Ulin Meniru RSUD Bali Mandara?
apahabar.com

Kalsel

Rumah Mendadak Ambruk di Mantuil, Pemilik Tunggang Langgang
apahabar.com

Kalsel

MAN 1 HST Gelar Lomba Sekolah Sehat (LSS) dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Nasional
apahabar.com

Kalsel

Tutup Tahun, DPRD Sahkan Perda Administrasi Kependudukan