Catat! 3 Lokasi Pos Jaga PPKM Level IV di Banjarmasin PPKM Level IV, Banjarmasin Dirundung Sederet Masalah Resmi Direvisi! PPKM Level 4 Banjarmasin Hanya Berlaku Hingga 2 Agustus Dear Warga Banjarmasin! Siapkan Kartu Vaksinasi Sebelum Ditanya Petugas PPKM Level 4 Perjuangan Penyintas di Banjarmasin, Jadi Pendonor untuk Selamatkan Pasien Covid-19

Peneliti Lapan Perkirakan 1 Syawal pada 24 Mei

- Apahabar.com     Jumat, 22 Mei 2020 - 17:18 WITA

Peneliti Lapan Perkirakan 1 Syawal pada 24 Mei

Ilustrasi rukyatul Hilal. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto memperkirakan 1 Syawal pada 24 Mei 2020. Sebab menurutnya, hilal hanya dapat dilihat dengan mata telanjang pada Sabtu 23 Mei 2020 menjelang maghrib.
Pada 22 Mei 2020 maghrib, menurut Rhorom, bulan belum konjungsi dengan matahari dan masih berada di bawah ufuk saat maghrib.

Konjungsi bulan dan matahari terjadi pada 23 Mei 2020 pukul 00.39 WIB. Dengan demikian, ada kemungkinan hilal tidak dapat dilihat pada 22 Mei petang.

“Secara default, akan dilakukan istikmal atau menggenapkan Ramadhan menjadi 30 hari. Satu Syawal akan jatuh pada tanggal 24 Mei 2020,” kata Rhorom, Jumat (22/5).

Jika hilal tidak tampak atau tidak teramati pada 29 Ramadhan, barulah ditetapkan untuk menambahkan 30 Ramadhan. Karena itu, umur bulan Ramadhan pada tahun ini kemungkinan digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari. Dengan demikian, 1 Syawal diprediksi jatuh pada 24 Mei 2020. Maka, sholat Idul Fitri bisa ditunaikan pada 24 Mei 2020 pagi.

“Syawal kali ini bukan masa kritis yang penuh potensi perbedaan, alhamdulillah,” tutur Rhorom.
Sidang itsbat untuk menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriyah atau perayaan Idul Fitri tahun 2020 Masehi akan digelar Kementerian Agama pada Jumat petang (22/5).

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi dijadwalkan memimpin langsung sidang itsbat. Terdapat tiga sesi. Sidang itsbat diawali pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 H oleh anggota tim falakiah Kemenag Cecep Nurwendaya sebelum maghrib.

Setelah maghrib, sidang itsbat dibuka Menag Fachrul. Sidang dilanjutkan dengan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

Sumber: Republika
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Habar

Ulama Arab Saudi Fatwakan Organisasi Ikhwanul Muslimin Sesat
KH Muhammad Sani

Religi

KH Muhammad Sani, Pendiri Al Falah Banjarbaru yang Dikagumi Guru Zuhdi
apahabar.com

Habar

Saudi Terbitkan Panduan Jemaah Haji di Tengah Pandemi
MUI

Habar

MUI Komitmen Kawal Vaksin Sinovac
apahabar.com

Habar

MUI Padang Serahkan ‘Provokator’ pada Penegak Hukum
apahabar.com

Religi

Penjelasan Hubungan Sebab Akibat dalam Islam
apahabar.com

Religi

Ini Doa Niat Zakat Fitrah
3 Hari Jelang Puncak Haul, Peziarah Makin Ramai

Habar

3 Hari Jelang Puncak Haul, Peziarah Makin Ramai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com