Cerita Sukses Trader Forex Banjarmasin, Modal Rp 15 Juta Berangkatkan Umrah Keluarga 3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa?

Peneliti Lapan Perkirakan 1 Syawal pada 24 Mei

- Apahabar.com Jumat, 22 Mei 2020 - 17:18 WIB

Peneliti Lapan Perkirakan 1 Syawal pada 24 Mei

Ilustrasi rukyatul Hilal. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto memperkirakan 1 Syawal pada 24 Mei 2020. Sebab menurutnya, hilal hanya dapat dilihat dengan mata telanjang pada Sabtu 23 Mei 2020 menjelang maghrib.
Pada 22 Mei 2020 maghrib, menurut Rhorom, bulan belum konjungsi dengan matahari dan masih berada di bawah ufuk saat maghrib.

Konjungsi bulan dan matahari terjadi pada 23 Mei 2020 pukul 00.39 WIB. Dengan demikian, ada kemungkinan hilal tidak dapat dilihat pada 22 Mei petang.

“Secara default, akan dilakukan istikmal atau menggenapkan Ramadhan menjadi 30 hari. Satu Syawal akan jatuh pada tanggal 24 Mei 2020,” kata Rhorom, Jumat (22/5).

Jika hilal tidak tampak atau tidak teramati pada 29 Ramadhan, barulah ditetapkan untuk menambahkan 30 Ramadhan. Karena itu, umur bulan Ramadhan pada tahun ini kemungkinan digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari. Dengan demikian, 1 Syawal diprediksi jatuh pada 24 Mei 2020. Maka, sholat Idul Fitri bisa ditunaikan pada 24 Mei 2020 pagi.

“Syawal kali ini bukan masa kritis yang penuh potensi perbedaan, alhamdulillah,” tutur Rhorom.
Sidang itsbat untuk menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriyah atau perayaan Idul Fitri tahun 2020 Masehi akan digelar Kementerian Agama pada Jumat petang (22/5).

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi dijadwalkan memimpin langsung sidang itsbat. Terdapat tiga sesi. Sidang itsbat diawali pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 H oleh anggota tim falakiah Kemenag Cecep Nurwendaya sebelum maghrib.

Setelah maghrib, sidang itsbat dibuka Menag Fachrul. Sidang dilanjutkan dengan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

Sumber: Republika
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Polda Kalsel Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Terkait Pengamanan Haul Guru Sekumpul
apahabar.com

Habar

Sempat Ingkari Kerasulan Nabi Muhammad SAW, Filsuf Ini Mendadak Masuk Islam
apahabar.com

Religi

Haul Guru Sekumpul, Kantor Camat Martapura pun Buka
apahabar.com

Ceramah

Benarkah Semua Agama Sama? Simak Penjelasan Gus Baha
apahabar.com

Habar

Muslim Etnis Hui di China Rayakan Maulid Nabi
apahabar.com

Habar

Sudah 500 Relawan Kebersihan Haul Abah Guru Sekumpul Terdaftar
apahabar.com

Habar

Kiai Ma’ruf Temui 3 Ulama dengan Puluhan Ribu Pengikut di Kalsel
apahabar.com

Hikmah

Imam Ibnu Hajar Diprotes Non Muslim Karena Kekayaannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com