2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian WHO Tetapkan Madinah Sebagai Kota Tersehat di Dunia, Simak Alasannya Hasil Liga Italia, Taklukkan Crotone 2-1, Fiorentina Kembali ke Jalur Kemenangan

Pengguna Tokopedia, Begini Cara Amankan Akun Anda

- Apahabar.com Senin, 4 Mei 2020 - 06:00 WIB

Pengguna Tokopedia, Begini Cara Amankan Akun Anda

Ilustrasi Tokopedia. Foto: Tribunnews

apahabar.com, JAKARTA – Setelah kabar kebocoran data pada Tokopedia, ada baiknya pengguna untuk melakukan langkah-langkah pengamanan akun.

Dalam keterangan tertulisnya, Sabtu malam (02/05), Tokopedia menganjurkan pengguna untuk tetap mengganti password akun secara berkala demi keamanan dan kenyamanan.

Tokopedia juga menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun. Selain itu, pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, juga melihat proteksi otomatis, two factor authentication (TFA).

“Hal utama yang harus dilakukan adalah memastikan TFA Two Factor Authentication diaktifkan. Kalau bisa pakai Google Authenticator,” ujar Alfons di Jakarta, Minggu (03/05).

Dalam memanfaatkan metode TFA atau verifikasi dua langkah, Tokopedia memanfaatkan Google Authenticator. Untuk mengaktifkannya Google Authenticator dapat dilakukan dengan cara mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store terlebih dahulu.

Kemudian, scan QR code di website Tokopedia, yang dapat ditemukan di pengaturan profil akun Anda. Selanjutnya, Anda akan diberikan opsi untuk memilih metode verifikasi kode OTP lewat WhatsApp atau SMS. Lalu, Anda mendapatkan enam digit untuk masuk ke akun Tokopedia Anda.

“Ingat jangan pernah berikan kode verifikasi yang Anda terima melalui WhatsApp atau SMS kepada siapa pun, sekalipun dia mengaku dari Tokopedia,” kata Alfons.

Selain itu, Alfons juga menyarankan untuk tidak menyimpan kartu kredit di layanan online.

“Meskipun memberikan kemudahan tidak usah repot-repot memasukkan data, tetapi kalau akun berhasil diretas data tersebut rentan disalahgunakan,” ujar Alfons.

Data 15 juta pengguna Tokopedia dikabarkan bocor, Sabtu (02/05) malam. Dari pantauan Vaksin.com, menurut Alfons, data pengguna yang bocor bahkan melebihi dari angka tersebut, mencapai data 91 juta pengguna yang disebarkan dan dijual di dark web.

Sementara itu, dalam keterangan tertulisnya, Minggu siang, Tokopedia memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran. Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit terjaga keamanannya.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Pandangan Islam Ketika Muslimah Bekerja
apahabar.com

Gaya

9 Bahaya Minuman Beralkohol bagi Kesehatan
apahabar.com

Gaya

Imbas Corona, BMW Akan Pangkas 10.000 Pekerja Kontrak
apahabar.com

Gaya

Oli Mesin Kendaraan Sering Tekor, Mungkin Ini Penyebabnya
apahabar.com

Gaya

Konser Tulus Diguyur Hujan, Begini Antusias Penonton
apahabar.com

Gaya

Waspada, Sakit Telinga Saat Naik Pesawat Bisa Mengancam Jiwa
apahabar.com

Gaya

Wajib Coba Nih 7 Kuliner Khas Sulawesi Selatan
apahabar.com

Gaya

Harga dan Spesifikasi Realme C17, Tipe Tertinggi Seri C Pesaing Xiaomi Redmi Note 9
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com