Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Pengusaha Butuh Kepastian, Hipmi Siap Terapkan New Normal

- Apahabar.com Rabu, 27 Mei 2020 - 13:35 WIB

Pengusaha Butuh Kepastian, Hipmi Siap Terapkan New Normal

Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) menyatakan para pengusaha muda siap menerapkan New Normal, atau adaptasi perubahan pola hidup pada situasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) menyatakan para pengusaha muda siap menerapkan New Normal, atau adaptasi perubahan pola hidup pada situasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Forum para ketua umum Hipmi se-Indonesia itu diselenggarakan secara online melalui virtual Zoom.

Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H Maming (MHM) memberikan arahan dan kebijakannya kepada 34 Ketum BPD se-Indonesia untuk menerapkan New Normal.

Dalam forum internal itu MHM menyambut baik keputusan pemerintah untuk segera menggerakkan masyarakat menuju ke fase New Normal.

“Pemerintah akan menerapkan New Normal sebagai percobaan apakah program tersebut akan terus menerus diterapkan karena pandemi Covid-19 belum ada kepastian kapan selesainya,” ujar MHM dalam keterangan tertulisnya, Rab (27/5).

Dalam penerapan New Normal, menurut mantan Bupati Tanah Bumbu itu, kegiatan ekonomi memerlukan kepastian. Tak boleh berhenti terlalu lama akibat pandemi Covid-19.

Jika tidak, maka akan berisiko menambah pemutusan hubungan kerja (PHK) dan mengarahkan ke kondisi resesi.

“Karena pemerintah mau keluarkan keputusan ini. Jadi, boleh tetap bekerja tetapi tetap mengikuti anjuran standar protokol kesehatan penanganan Covid-19,” ucapnya.

Dalam memberikan arahan dan kebijakannya, MHM membahas salah satunya mengenai penyamaan persepsi terkait pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) secara virtual.

Forum ini, kata MHM, pembahasan yang tidak luput dari pandemi Covid-19. Dia mengimbau kepada Ketum BPD di 34 provinsi untuk tak terlalu memikirkan pandemi yang berujung membawa dampak.

“Kalau ikuti pandemi Covid-19 terus yang dipikirkan tidak ada habisnya. Anggota Hipmi harus diberikan siraman rohani, jasmani, dan mental biar tidak terbuai dengan pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Kemudian, arahan lainnya dalam forum tersebut akan dibuat program mingguan yang akan disampaikan oleh senior-senior dari mantan ketum (mantum) Hipmi. Melalui koordinasi dengan Pembina HIPMI dan juga berkoordinasi dengan protokol istana.

“Pelaksanaan Rakernas BPP Hipmi secara virtual adalah Rakernas pertama Hipmi yang melakukan virtual, bukan dari organisasi lain. Kita ingin membuktikan bahwa organisasi Hipmi ini memiliki kreativitas anak muda untuk menghadapi pandemi Covid-19,” tuturnya.

Selain itu, MHM juga memberikan arahan dan kebijakannya dengan membuat rapat Badan Pengurus Harian (BPH) di setiap Selasa secara virtual. Tak hanya pengurus pusat saja, rapat tersebut juga akan menerima pengurus daerah Hipmi.

“Hipmi akan mengadakan acara secara virtual dengan melibatkan tokoh-tokoh nasional di hari Selasa malam bernama ‘Hipmi dan Tokoh’, seperti mantum-mantum kita kasih waktu setiap minggu satu orang untuk memberikan arahannya,” jelas MHM.

“Kemudian, tokoh nasional lainnya yaitu ketua Partai juga memberikan arahan dan kebijakan partainya untuk menjelaskannya kepada anak muda. Selain itu, para mantan presiden dan wakil presiden juga ikut andil dalam acara ini yang akan dipandu oleh pengurus pusat Hipmi,” pungkasnya.

MHM juga memberikan kesempatan kepada para pengusaha di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan menghadirkan tempat belanja online. Artinya, banyak pengusaha khususnya BPD di sektor UMKM tidak tahu bagaimana cara memasarkan produknya secara online seperti Bukalapak.

“Kita memberikan pelatihan secara virtual untuk masuk ke aplikasi seperti Bukalapak dan langkah-langkah apa saja yang kita harus lakukan dengan mengadakan acara rapat secara virtual,” imbuhnya.

Agenda lainnya yaitu pada hari lahirnya Hipmi yang jatuh setiap 10 Juni, pihaknya akan memeriahkan sebagai Hari Entrepreneur.

Dalam forum tersebut, dihadiri oleh Pelawak Cak Lontong yang memberikan motivasi sekaligus menghibur para Ketum BPD Hipmi. Di satu sisi, Cak Lontong mengakui bahwa di masa pandemi Covid-19 ini, sejak Maret lalu agenda atau job untuk mengisi di sebuah acara menjadi tertunda karena pandemi.

“Sejak Maret lalu, semua job ditunda hingga sekarang. Terima kasih sudah diundang oleh Hipmi untuk mengisi acara di forum virtual ini. Saya berharap para pengusaha muda Hipmi ini bisa mengikutsertakan saya untuk bergabung atau mengisi acara di kegiatan Hipmi secara virtual lainnya,” katanya sambil tertawa.

MHM pun langsung merespons ucapan Cak Lontong dengan merencanakan untuk mengadakan acara mingguan dengan menghadirkan para stand up comedy termasukuntuk menghibur para anggota Hipmi.

Setiap minggunya, bintang tamu stand up comedy secara bergantian mengisi acara yang diusung oleh MHM.

“Kami akan menghadirkan Cak Lontong dan banyak stand up comedy untuk menghibur anggota Hipmi. Di masa sulit seperti ini, kami membuka rezeki kepada kawan-kawan stand up comedy dengan mengundang acara Hipmi secara virtual,” tutup MHM. (*)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

PNS Kementerian PU Ditemukan Tewas Dicor
apahabar.com

Nasional

MUI: Belum Ada Fatwa Ucapan Selamat Natal
apahabar.com

Nasional

Tunggu Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 6, Segini Kuotanya
apahabar.com

Nasional

KPK Tangkap 6 Orang, Termasuk Bupati Cianjur dan Kepala Dinas
apahabar.com

Nasional

Wujudkan Lumbung Ikan Nasional, KKP Siapkan SDM Andal dari Pesisir

Nasional

Ustaz Arifin Ilham Dikabarkan Meninggal Dunia, Ustaz Yusuf Mansyur: Hoak

Nasional

Polisi Ciduk Artis ST dan MA di Hotel, Diduga Terlibat Prostitusi Online
apahabar.com

Nasional

Pasca Kerusuhan, Situasi Pontianak Kembali Normal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com