Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0

Penjagaan PSBB 24 Jam, yang Melintas Wajib Kantongi Surat

- Apahabar.com Rabu, 13 Mei 2020 - 21:41 WIB

Penjagaan PSBB 24 Jam, yang Melintas Wajib Kantongi Surat

Rapat koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan untuk persiapan PSBB di Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Batola. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Banjar bersama dengan Kota Banjarbaru dan Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan diberlakukan Sabtu (16/5) mulai pukul 00.01 Wita hingg 14 hari ke depan.

Penetapan ini berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan yang dipimpin Sekdaprov Kalsel,  Haris Makkie, Rabu (13/5) di kantor Setda Provinsi Kalsel.

Dandim 1006 Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto menjelaskan, pihaknya melakukan konsep satuan tugas pengamanan PSBB secara terpadu antara Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru.

Ia menjelaskan, ada tiga konsep pengamanan perbatasan, yaitu konsep kelancaran pemberian jaminan sosial dan konsep pengamanan kelancaran pelaksanaan PSBB di dalam kota.

Pengamanan jaring sosial, kata Dandim, sudah dilaksanakan penyampaian ke masyarakat dengan melibatkan kecamatan, desa, kelurahan dengan besinergi dengan Koramil dan Polsek.

“Konsepnya para petugas pengamanan tidak ada yang tumpang tindih.  Jadi punya tugas masing-masing,” jelasnya.

Selanjutnya untuk pengaman ketentraman dan ketertiban masyarakat, kewenangannya adalah Satpol PP, sedangkan unsur lain sifatnya hanya memback up.

“Pengamanan pos perbatasan ada 12 titik,  dan tiga di antaranya merupakan pos gabungan antara pengamanan dari Polres Banjar dan Polres Banjarbaru,” jelasnya.

Sementara untuk “jalan tikus”, menurut Dandim sudah diantisipasi dengan pengamanan dari gugus tugas kecamatan hingga RT dan RW. Kalaupun tidak memungkinkan maka akan dilakukan penutupan.

“Kita tidak ada yang namanya jam malam, penjagaan dilakukan  24 jam selama 14 hari pelaksanaan PSBB. Ada ratusan personil dari TNI, Polri, Dishub secara terpadu,” katanya.

Seluruh kendaraan yang akan melintas diberhentikan. Untuk kendaraan bermotor dibolehkan berboncengan asalkan dengan keluarga inti,  sedangkan mobil penumpangnya maksimal 50 persen dari tempat duduk.

“Bagi para pekerja swasta,  ASN dan lainnya yang masuk atau keluar dari Kabupaten Banjar harus dibekali dengan surat penugasan atau id card khusus,” jelas Dandim.

“Masyarakat yang memang harus melintas posko penjagaan maka harus ada surat keterangan dari RT RW  atau kelurahan atau kepala desa,” lanjut Dandim.

SOP pengamanan sendiri, tambah Dandim, telah disusun dan sudah disampaikan kepada petugas di lapangan. “Sehingga saat pelaksanan bisa menerapkan dengan benar,” pungkas Dandim Martapura.

Untuk diketahui, PSBB di Kabupaten Banjar dilaksanakan secara parsial kepada 6 kecamatan, yakni Kecamatan Kertak Hanyar, Tatah Makmur, Gambut, Sungai Tabuk, Martapura Timur, dan Martapura Kota.

apahabar.com

Dandim 1006 Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto, saat rapat koordinasi dengan GTPP Covid-19 Provinsi Kalsel, Rabu (13/5). Foto-Istimewa

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pemkot Banjarmasin Undur Lagi Penerapan Sanksi, Kenapa?

Kalsel

Mengintip Proses Pemakaman Damang Dayak Meratus Ayal Kusal
apahabar.com

Kalsel

Waspada!!! Hujan Lokal dan Berpetir
apahabar.com

Kalsel

Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan di Banjarmasin Tergenang 
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Kasus Covid-19 di Kotabaru Terus Naik
apahabar.com

Kalsel

Sekretariat DPRD Banjarmasin Kuatkan Sinergi Bersama Media

Kalsel

Lebaran, Jukir di Banjarmasin Nekat Gorok Leher Sendiri
apahabar.com

Kalsel

Enam Wilayah di Kalsel Berpotensi Hujan Lebat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com