Tidak Mau Diisolasi di Palembang, 2 Peserta PTQ asal Kalteng Kabur Tak Buat Bingung, Dewan Kalsel Minta Informasi Satu Pintu Soal Aktivitas Mudik Jelang Idulfitri, Disdag Banjarbaru Jamin Harga Bapokting Aman Sempat Viral, Waria Berjoget di Jembatan Paliwara Amuntai Akhirnya Minta Maaf Hari Kedua Pengetatan Larangan Mudik, Begini Kondisi Lalu Lintas di Bundaran Banjarbaru 

Pertama di Kalsel, Kabupaten Banjar Punya Layanan 112 untuk Masyarakat

- Apahabar.com Minggu, 10 Mei 2020 - 19:24 WIB

Pertama di Kalsel, Kabupaten Banjar Punya Layanan 112 untuk Masyarakat

Launching call center panggilan darurat 112 Kabupaten Banjar. Foto-Istimewa

Pemkab Banjar

 

Papahabar.com, MARTAPURA – Kini Kabupaten Banjar punya Call Center untuk panggilan darurat 112. Jika ada kondisi darurat, warga Bumi Barakat bisa langsung menghubunginya.

Panggilan darurat 112 ini, oleh Pemkab Banjar, merupakan yang pertama di Kalimantan Selatan (Kalsel), dan sudah dilaunching Selasa pekan tadi.

Layanan Call Center 112 ini tidak dikenakan biaya atau gratis. Ada 6 operator yang sudah bergabung seperti BSTN, Telkomsel, Indosat Oredo, XL Axiata, IM3, dan SmartFren.

Saat peluncurannya, disaksisakn oleh Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI, H. Ahmad Ramli melalui video Conference, yang dihadiri tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengatakan, adanya Call center 112 Kabupaten Banjar untuk memudahakan masyarakat dalam menghadapi kondisi gawat darurat.

“Nomor 112 ditetapkan sebagai nomor tunggal panggilan darurat agar dapat mempermudah masyarakat dalam mengingat dan menghubungi layanan darurat. Apalagi dalam situasi sekarang menghadapi wabah Covid-19 di Kabupaten Banjar,” jelas Bupati Banjar.

Bupati yang akrab disapa Guru Khalil menyebut, Call Center 112 Kabupaten Banjar adalah wujud nyata dari Pemkab Banjar memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, sehingga segala sesuatu kejadian gawat darurat di wilayah Kabupaten Banjar dapat ditangani secara cepat dan akurat.

“Diharapakan dengan adanya Call Center ini pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik lagi, mengingat wilayah Kabupaten Banjar yang cukup luas” harap dia.

Sementara Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI, H Ahmad Ramli mengatakan, Call Center 112 ini merupakan layanan untuk memudahkan masyarakat melakukan panggilan dalam menangani semua kejadian gawat darurat di daerah kabupaten/kota.

“Seperti kebakaran, medis/ambulance, masalah ketertiban dan keamanan, kejadian gawat darurat lainnya, seperti saat ini masalah pandemi Covid-19. Masyarakat Kabupaten Banjar cukup menghapal 1 nomor 112 untuk melaporkan semua kejadian gawat darurat,” paparnya.

Ramli menjelaskan, pemerintah daerah yang mengoperasionalkan Call Center 112 itu mempunyai konsekuensi siap melayani masyarakat selama 24 jam kali tujuh hari dan ini tentunya akan terkoordinasi dengan OPD, Polres, PMI dan lain-lain.

“Dengan demikian layanan ini akan dirasakan oleh masyarakat karena mendapatkan kemudahan dan sangat praktis dari pemerintah,” jelas Ramli.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Aidil Basith menambahkan, peresmian Call Center 112 Kabupaten Banjar ini merupakan yang pertama kali di Kalsel.

“Dari sekian ratus kabupaten/kota di Indonesia, Kabupaten Banjar nomor 60. Kita berterima kasih kepada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementrian Kominfo yang membantu kita,” ujarnya.

Untuk yang pertama ini, lanjut Aidil Basith, Call Center 112 Kabupaten Banjar akan menangani masalah Covid-19.

“Nantinya akan melebar setelah ini, kita akan kerjasama dengan kepolisian, pemadam kebakaran, dan instansi lainnya. Tahap awal ini seperti itu dulu sambil menata. Diharapkan masyarakan dapat menggunakan dengan semaksimal mungkin jangan sampai main-main dengan layanan ini,” harapnya.

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tatap

Kabupaten Banjar

Siapkan Pembelajaran Tatap Muka, Dua Sekolah di Kabupaten Banjar Jadi Percontohan

Kabupaten Banjar

Wabup Banjar Serahkan Bantuan kepada Korban Kebakaran Desa Malintan
Kabupaten Banjar

Kabupaten Banjar

Siap-Siap, Akan Ada Pendataan Keluarga di Kabupaten Banjar
Sekumpul

Kabupaten Banjar

Ternyata Inilah Penyebab Jalan Sekumpul Martapura Langganan Banjir
apahabar.com

Kabupaten Banjar

PKB Isyaratkan Dukung Petahana Maju di Pilkada Banjar
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pendapatan Turun 6,52 Persen, Raperda Perubahan APBD Banjar Disetujui
Apahabar.com

Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Serahkan Bantuan kepada Korban Kebakaran

Kabupaten Banjar

Rakor Bersama KPK, Bupati Banjar Komitmen Tingkatkan Penilaian MCP
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com