Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi Pekan Ini, Rupiah Berpeluang Tembus Rp 14.000 Dini Hari, Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 1,8 Km Kanada Bakal Cabut Larangan Terbang Boeing 737 Max

PPDB Kalsel digelar Serentak Juni-Juli 2020, Simak Regulasinya

- Apahabar.com Kamis, 7 Mei 2020 - 13:44 WIB

PPDB Kalsel digelar Serentak Juni-Juli 2020, Simak Regulasinya

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan, HM Yusuf Effendi. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Selama masa pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem online pada Juni hingga Juli 2020.

Regulasi PPDB sendiri dibagi menjadi beberapa kategori. Yakni, untuk siswa yang tempat tinggalnya disekitar sekolah sebanyak 50 persen, jalur berprestasi 30 persen, jalur afirmasi atau kurang mampu 15 persen dan peserta didik pindahan atau akibat perpindahan tugas (pekerjaan) orang tuanya sebanyak 5 persen. Jika ditotalkan seluruhnya menjadi 100 persen.

“Untuk jalur prestasi itu disediakan untuk anak yang berprestasi akademik maupun olahraga, itu dibuktikan dengan sertifikat atau piagamnya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan, HM Yusuf Effendi, kepada apahabar.com, Kamis (7/5) siang.

Untuk itu, perlu dilakukan verifikasi secara manual. Guna memastikan berkas yang diserahkan adalah benar atau asli.

“Terkait verifikasi jalur anak berprestasi, guna membuktikan itu mereka perlu membawa berkas berupa sertifikat atau piagam. Jadi hal itu memerlukan verifikasi secara manual,” ungkapnya.

Meskipun secara manual, namun ditegaskannya akan ada protokol kesehatan dalam pelaksanaan hal tersebut.

“Seperti tetap dilakukan sosial distancing, wajib menggunakan masker, dan disediakan tempat cuci tangan maupun hand sanitizer,” bebernya.

Sedangkan porsi 15 persen untuk jalur afirmasi dapat dibuktikan dengan kartu Indonesia pintar (KIP) atau kartu program keluarga harapan atau PKH.

“Bagi yang kurang mampu bisa menggunakan KIP dan PKH karena dari dua bantuan ini sudah dipastikan bahwa mereka perlu dibantu,” jelas Yusuf.

Kemudian, lanjut Yusuf, pihaknya sedang proses merampungkan turunan dari Permendikbud 44 dengan menerbitkan Pergub yang mengatur PPDB.

“Saat ini sudah dibidang hukum Pergubnya, mudah-mudahan dalam beberapa hari bisa selesai dan itu akan menjadi referensi atau acuan dalam penerimaan peserta didik baru karena itu lebih operasional. Targetnya Pergub selesai dalam minggu ini,” katanya.

“Didalam pergub tadi direncanakan penerimaan peserta didik baru kita berkisar di penghujung Juni diperkirakan antara tanggal 28 Juni sampai 1 Juli 2020. Semua serentak,” pungkasnya.

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Imigrasi Banjarmasin Tetap Buka Meski Libur
apahabar.com

Kalsel

Siswi Asal Tapin dan Kandangan Dipercaya Bawa Baki Paskibra HUT RI di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

UTD RS H Damanhuri Barabai Kekurangan Stok, Puluhan Atlet Sumbang Darah di HUT KONI
apahabar.com

Kalsel

Pansus DPRD Banjarmasin Godok Raperda Kemetrologian
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Tanbu: Positif 124 Kasus, 8 Sembuh, 2 Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalsel

Ngamuk, Preman di Tabalong Mendadak Ciut Lihat Polisi Datang
Infografis Cuaca. Foto-Istimewa

Kalsel

Siang ini, BMKG Prakirakan 4 Wilayah Kalsel Bakal Diguyur Hujan Disertai Petir
PHPU

Kalsel

Usai Pilkada Muncul PHPU ke MK, Bawaslu Kalsel Siapkan Tim Khusus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com