Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat

Prediksi Ribuan Kasus Baru, GTPP Minta Masyarakat Sukarela Jalani Karantina Mandiri

- Apahabar.com Minggu, 17 Mei 2020 - 11:53 WIB

Prediksi Ribuan Kasus Baru, GTPP Minta Masyarakat Sukarela Jalani Karantina Mandiri

Ketua Harian GTPP Covid-19 Kalsel, Abdul Haris Makkie memberikan keterangan usai melakukan giat penyemprotan disinfektan di Pasar Lima Banjarmasin, Minggu (17/5) pagi. Foto- istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pasca Rapid test massal kepada 1.361 orang di 6 pasar tradisional di Banjarmasin, 129 di antaranya dinyatakan reaktif Covid-19. Angka ini diprediksi dapat meningkat hingga mencapai 2 ribu kasus baru.

“Dengan semakin banyaknya yang reaktif, maka ini tentu menjadi keprihatinan kita semua. Ini bukan soal 129 saja, tetapi akan menjadi sekitar 2.000 sekian,” ucap Ketua Harian GTPP Covid-19 Kalsel, Abdul Haris Makkie usai melakukan giat penyemprotan disinfektan di Pasar Lima Banjarmasin, Minggu (17/5) pagi.

Meningkatnya kasus penularan Covid-19 di Kalsel, Banjarmasin khususnya sebagai wilayah pengidap tertinggi, dia meminta masyarakat untuk kooperatif dalam mendukung upaya pemerintah memutus rantai penularan. Salah satunya dengan sukarela apabila diminta melakukan isolasi mandiri atau karantina secara khusus.

“Kalau nanti ada keluarganya untuk mengkarantina diri yang dilakukan oleh pemerintah atau gugus tugas, tolonglah dengan sukarela. Jangan takut,” pesannya

Pemerintah kata Haris, akan menanggung dan menjamin kehidupan pasien yang melakukan karantina secara khusus maupun keluarga yang ditinggalkan. Bahkan, pemerintah menyediakan fasilitas terbaik bagi pasien saat menjalani masa karantina.

“Kami akan jamin selama keluarganya itu dikarantina. Kemudian (bagi pasien), kita berikan tempat yang nyaman setara hotel bintang 1,” beber dia.

Dibeberkannya, masyarakat tidak perlu kuatir saat masa karantina. Dia memastikan tim medis akan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pasien dari berbagai tingkat keterpaan penularan.

“Tidak ada suasana mencekam atau tidak mengenakkan. Kami berusaha sebaik-baiknya menangani para orang-orang yang kami isolasi atau karantina,” tutup dia.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Agrowisata Baru ‘Setetes Air’ di Gedambaan Kotabaru Resmi Dibuka
apahabar.com

Kalsel

Satu Lagi, Perawat di Banjarmasin Gugur karena Covid-19

Kalsel

Heboh Penangkapan di Hotel Sienna Inn, Puluhan Karung Narkoba Diamankan!
apahabar.com

Kalsel

BMKG Prakirakan Tanbu dan Tala Diguyur Hujan Disertai Petir Siang Ini
Hari Relawan Nasional

Kalsel

Hari Relawan Nasional 26 Desember di Banjarmasin, Ribuan Masker Dibagikan
apahabar.com

Kalsel

Pembaca 100 Ribu Per Hari, Haris Makkie Akui Apahabar.com Miliki Magnet Tersendiri
apahabar.com

Borneo

Polres Sintang Amankan 10 Pengedar Narkoba
apahabar.com

Kalsel

Polres Batola Polda Kalsel Gelar Latihan Pra Operasi Mantap Praja Intan 2020
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com