BREAKING! Banjiri Kamboja Banjarmasin, Massa #SAVEKPK Long March ke DPRD Kalsel Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Gugatan Jilid II H2D ke MK Siang Ini, Denny Gandeng Lawyer “Level Dewa” Somasi Tim BirinMu ke Uhaib, Komnas HAM hingga H2D Pasang Badan Hujan Lebat, Desa Hawang HST Banjir Lagi

Program Kartu Pra Kerja di Balangan Dinilai Belum Optimal

- Apahabar.com Sabtu, 16 Mei 2020 - 10:30 WIB

Program Kartu Pra Kerja di Balangan Dinilai Belum Optimal

Ilustrasi kartu prakerja. Foto-republika

apahabar.com, PARINGIN – Program Kartu Prakerja yang digulirkan pemerintah pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI, belum berjalan optimal di Kabupaten Balangan.

Penyebabnya karena calon peserta masih menemukan banyak kendala.

Sebelumnya dalam pelaksanaan program kartu prakerja, Kabupaten Balangan menggandeng empat Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) dan satu Balai Latihan Kerja (BLK).

Ketua Yayasan Sapta Bangun Persada, Slametno, yang menaungi tiga lembaga pelatihan di Kabupaten Balangan yang berlabel prakerja dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Menurutnya pelaksanaan program Kartu Prakerja di Balangan sudah memasuki gelombang ketiga. Namun masih menemukan banyak kendala-kendala sehingga pelaksanaan kartu prakerja kurang optimal.

“Sampai saat ini lembaganya belum mendapatkan kode pelatihan dari Project Management Office (PMO) Prakerja sehingga pelatihan prakerja yang dibuka belum dapat diakses oleh peserta kartu prakerja,” tuturnya Slametno.

Selain itu, dari 39 lembaga latihan, baik Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) maupun BLK yang ada di Kalimantan Selatan, yang berlabel prakerja dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, sampai sekarang masih banyak yang dinyatakan belum lolos Kurasi PMO atau mendapatkan Kode Pelatihan.

“Hal tersebut secara tidak langsung memaksa peserta prakerja yang lolos seleksi prakerja untuk mengikuti pelatihan di platform digital diluar Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Berdasarkan data ada sekitar 368 warga Balangan yang mendaftarkan diri sebagai calon penerima program kartu Prekerja dibawah Binaan Yayasan Sapta Bangun Persada. Namun hingga kini pihaknya masih tidak bisa memastikan angka yang lolos maupun tidak.

“Mengingat setelah proses pendaftaran, notifikasi lulus tidaknya masuk ke personal masing-masing peserta serta mengingat pelatihan yang dibuka oleh lembaganya belum bisa diakses oleh peserta prakerja,” jelasnya.

Berdasarkan laporan yang ia dapat dari beberapa peserta prakerja, pada pelaksanaan di lapangan masih banyak kebingungan masyarakat dalam proses prakerja tersebut.

“Dari yang awalnya dinyatakan lulus lalu berubah menjadi tidak lulus, ada juga kebingungan terkait sistem pelatihan pada platform digital sampai dengan keharusan membuka rekening bank,” ungkapnya.

Sebagaimana tujuan awal dari program prakerja sebelum adanya Covid-19 adalah untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Maka dari itu tujuan utama program prakerja di Kabupaten Balangan, lebih menitik beratkan pada kompetensi pelatihan.

Namun setelah adanya wabah Pandemi Global COVID -19, program tersebut menjadi semi bansos sehingga tujuan awal sedikit berubah karena banyak keluhan peserta yang merasa pengetahuan yang didapatkan tidak seberapa dengan mengikuti pelatihan di platform digital yang seakan akan hanya melihat tutorial pada youtube saja.

“Harapan kami kedepan, program kartu prakerja bisa dilaksanakan sesuai tujuan awal, dan dapat dilaksanakan secara Offline yaitu pelatihan langsung di lembaga pelatihan kerja swasta (LPKS) maupun Balai Latihan Kerja (BLK),” ujarnya.

Mengingat program Kartu Prakerja ini merupakan program lima tahun kedepan dalam mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja di Balangan, pungkasnya.

Editor: Puja Mandela

Editor: Uploader - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

SAKIP Award 2019, Kabupaten Balangan Raih Predikat Baik

Pemkab Balangan

SAKIP Award 2019, Kabupaten Balangan Raih Predikat Baik
apahabar.com

Pemkab Balangan

Demi Generasi Berakhlak Mulia, Bupati Balangan Letakkan Batu Pertama Pembangunan RA Faizatul Yamin
Pemkab Balangan

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Segera Ajukan Draf Perubahan APBD TA 2021
apahabar.com

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Terima Penghargaan Kapabilitas APIP Level 3

Pemkab Balangan

Marger BPR HST dan BPR Sanggam Cipta Sejahtera Balangan Kembali Dibicarakan
apahabar.com

Pemkab Balangan

Fraksi DPRD Balangan Sampaikan Pandangan Umum LPP APBD 2019
apahabar.com

Pemkab Balangan

ASN Balangan Diminta Utamakan Kepentingan Masyarakat
apahabar.com

Pemkab Balangan

Jelang Pilkada, Ansharuddin Serahkan APD untuk KPU dan Bawaslu Balangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com