Enam Tewas, Pencarian Korban di Tambang Emas Kotabaru Disetop Pasca-Penyerangan, Polsek Daha Selatan Siaga Satu  Kecanduan Parah, Oknum Petugas SAR Banjarmasin Lama Ditarget Dear Pekerja Informal Banjarmasin, Silakan Klaim Santunan Update Penyerangan Polsek Daha Selatan, Korban Selamat Diganjar Penghargaan




Home Nasional

Sabtu, 23 Mei 2020 - 19:49 WIB

PSBB Berlaku, Jokowi-Ma’ruf dan Para Menteri Tak Gelar Open House Idulfitri

rifad - Apahabar.com

Presiden Joko Widodo (kiri) menerima Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi (tengah) saat silaturahmi dan halalbihalal Hari Raya Idulfitri 1438 Hijriah di Istana Negara, Jakarta, Minggu (25/06). Foto-Antara/Puspa Perwitasari.

Presiden Joko Widodo (kiri) menerima Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi (tengah) saat silaturahmi dan halalbihalal Hari Raya Idulfitri 1438 Hijriah di Istana Negara, Jakarta, Minggu (25/06). Foto-Antara/Puspa Perwitasari.

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan para menteri Kabinet Indonesia Maju tak ada menggelar open house pada hari raya Idulfitri tahun ini.

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan tidak ada penyelenggaraan open house di istana Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Jokowi maupun para menteri Kabinet Indonesia Maju pada momen Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah karena penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Bahwa untuk mematuhi pendisiplinan sesuai peraturan pembatasan sosial berskala besar, maka tidak ada penyelenggaraan open house hari raya Idulfitri 1441 Hijriah di Istana Presiden dan di Istana Wakil Presiden,” kata Fadjroel dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (23/05).

Baca juga :  Hari Kedua, Deretan Calon Menteri yang Dipanggil Jokowi

Biasanya, Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana kadang didampingi wakil presiden mengadakan gelar griya, baik di Istana Negara Jakarta atau di Istana Kepresidenan Bogor.

“Demikian pula tidak ada penyelenggaraan open house hari raya Idulfitri 1441 H di kantor kementerian dan lembaga, termasuk juga di rumah para menteri dan kepala lembaga di mana pun selama berlakunya PSBB,” ujar Fadjroel.

Keputusan itu, menurut Fadjroel, berdasarkan arahan Presiden Jokowi yang disampaikan melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Jumat (22/05).

Namun Presiden Jokowi tetap mendorong agar tradisi silaturahim saat Lebaran terus dilakukan meskipun tidak berjumpa secara tatap muka.

Silaturahim tersebut bisa dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan berbagai media dan teknologi.

Baca juga :  Sandi: Saatnya Kita Punya Bank Syariah Terbesar di Asean

Hari Raya Idul Fitri tahun 1441 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020, sesuai dengan hasil sidang isbat yang telah ditetapkan Menteri Agama Fachrul Razi.

PSBB diatur dalam Pasal 59 UU No. 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan merupakan bagian dari respons dari status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan bertujuan mencegah meluasnya penyebaran penyakit Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang sedang terjadi antarorang di suatu wilayah tertentu

Saat pelaksanaan PSBB terjadi peliburan sekolah dan tempat kerja; pembatasan kegiatan keagamaan; dan/atau pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum. Salah satu provinsi yang menerapkan PSBB adalah DKI Jakarta sejak 10 April 2020 dan sudah diperpanjang 4 kali hingga 4 Juni 2020.(Ant)

Editor: Aprianoor

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kondisi Pejabat Kemenkumham Kalsel Korban Penyiraman Air Keras Membaik
apahabar.com

Nasional

KPK Tunjuk Brigjen Pol Setyo Budi Plt Direktur Penyidikan
apahabar.com

Nasional

Ilmuwan Universitas Utrecht Temukan Antibodi Penghambat Virus Corona
apahabar.com

Nasional

Pertama di Eropa, Slovenia: Good Bye Corona!
apahabar.com

Nasional

H2 Muktamar Pemuda Muhammadiyah: Kandidat Calon Ketua Dipilih Hari ini
apahabar.com

Nasional

Desak Kemenag Gunakan Rupiah Untuk Haji 2019
apahabar.com

Nasional

Ditinggal Mudik, Remaja 16 Tahun Tewas Terpanggang
apahabar.com

Nasional

Viral, Honda Jazz Jadi Mahar Nikah, BPKB Langsung Atas Nama Calon Istri!